Bukannya Jadi Superhero, 8 Alternatif Batman Ini Malah Jadi Penjahat Kejam!

3 weeks ago
Sumber: comicbook.com

Mungkin bro sis sudah tahu kalau Batman merupakan salah satu superhero ikonik dan legendaris yang ada di DC Universe. Meskipun gak mempunyai kekuatan super layaknya anggota Justice League yang lain, Batman dikenal sebagai superhero yang brilian, tegas, sangat cerdas dan dipandang sebagai pemimpin dari Justice League.

Tapi pada seri Dark Knight : Metal yang keluar pada Juni 2017, Batman berubah menjadi penjahat kejam yang gak segan untuk membunuh atau menyiksa orang lain. Gak hanya itu, seri ini juga menceritakan bahwa ternyata ada 8 alternatif Batman yang jadi penjahat dengan kekuatan super, lho!

Wah, seperti apa ya jadinya kalau Batman malah jadi villain atau penjahat bengis?

1. Barbatos

Sumber: ultimatecomiccon.com

Sumber: ultimatecomiccon.com

Barbatos adalah seorang alternatif Batman yang berasal dari Dark Multiverse. Di semestanya, dia merupakan seseorang yang memiliki kekuatan super yang dapat melenyapkan sebuah semesta dengan mudah. Kekuatan yang dimilikinya kemudian membuat Barbatos berubah menjadi jahat, dan ingin menguasai semua alam semesta di tangannya.

Pada seri Dark Knight : Metal, Barbatos mencoba menghasut Bruce Wayne di semesta Prime-Earth agar bisa membawa pasukan jahatnya dan menguasai dunia. Untuk melakukannya, Barbatos harus menginjeksi 4 dari 5 jenis metal dari Dark Multiverse yang akan membuka pintu masuk ke Prime-Earth dan mulai menguasai dunia.

2. The Red Death

Sumber: insidepulse.com

Sumber: insidepulse.com

Pada semesta Earth -22, Batman merupakan seorang pahlawan di Gotham City yang bertugas menjaga perdamaian bersama anak buahnya, Robin. Tapi setelah Robin dikalahkan dan dibunuh oleh kelompok penjahat bernama The Rogues, Batman merasa memerlukan cara yang lebih ekstrim untuk bisa melawan mereka.

Batman kemudian melihat dan menginginkan kekuatan yang dimiliki Flash di semestanya. Dia merasa bisa menggunakan kekuatan speed force lebih baik dari Flash. Setelah Flash kalah, Batman mengikat tubuh Flash di depan Batmobile yang disatukan dengan Cosmic Treadmill agar kekuatan Flash bisa terhisap dan menyatukan tubuhnya dengan tubuh Batman.

Setelah Batman berhasil dan keluar dari Speed Force, Batman yang memiliki kekuatan layaknya Flash merubah namanya menjadi “The Red Death” dan mulai membunuh setiap musuhnya yang ada di kota Gotham.

3. The Dawnbreaker

Sumber: darkknightnews.com

Sumber: darkknightnews.com

The Dawnbreaker merupakan Batman alternatif yang berada di semesta Earth -32, dimana pada semesta ini Bruce Wayne terpilih oleh Green Lantern Ring untuk menjadi anggota Green Lantern Corps. Namun dikarenakan Bruce Wayne memiliki dendam yang sangat besar pada pembunuh orang tuanya, cincin yang dikenakannya mengalami malfungsi yang menyebabkannya dapat menggunakan kekuatan cincin untuk membunuh orang sesuka hati.

Batman yang memiliki kekuatan Green Lantern Ring ini kemudian menghabisi seluruh Green Lantern Corps dan Guardian of The Universe yang ada di semestanya. Gak tanggung-tanggung, Batman juga mengambil gelar baru sebagai The Dawnbreaker.

4. The Devastator

Sumber: cbr.com

Sumber: cbr.com

Semesta yang dihuni oleh The Devastator penuh dengan kejahatan dan kematian. Pada semesta Earth -1, Superman menjadi jahat dan mulai membunuh teman dan anggota Justice League lainnya. Untuk menghadapinya, Batman lalu menginjeksikan tubuhnya sendiri dengan menggunakan serum Doomsday Virus. Serum ini akan merubah tubuh Batman layaknya tubuh Doomsday, monster besar jahat dengan kekuatan sangat besar yang menjadi musuh bebuyutan Superman.

Setelah Superman dikalahkannya, Batman yang sudah berubah menjadi The Devastator ini mencoba menyebarkan Doomsday Virus pada Lois Lane, Supergirl, dan semua warga metropolis agar mereka ‘terlindung’ dari kekuatan Superman

5. The Drowned

Sumber: cbr.com

Sumber: cbr.com

Berbeda dengan Batman di Prime Earth, pada semesta Earth -11 tidak ada yang namanya Batman atau Bruce Wayne. Yang ada justru Bryce Wayne dan Batwoman, seorang wanita yang memiliki dendam terhadap makhluk meta-human karena membunuh pacarnya, Sylvester Kyle.

Dengan memiliki kekayaan dan kecerdasan jenius layaknya Bruce Wayne, Bryce Wayne kemudian menghabiskan 18 bulan untuk mencari dan membunuh setiap meta-human yang ada dunia. Ketakukan dengan hal ini, Aquawomen yang merupakan meta-human terakhir memilih untuk bersembunyi di kedalaman laut demi menghindar dari Batwomen.

Hal tersebut malah membuat langkah Bryce Wayne semakin ekstrim, dia merubah DNA di tubuhnya agar bisa bernapas di dalam air, memiliki kemampuan aquakinesis, dan kemampuan menyembuhkan diri layaknya Aquawomen. Dia juga membuat pasukan zombie yang bernama Dead Water, dan bersama pasukan inilah dia menyebut dirinya sebagai The Drowned untuk membunuh meta-human terakhir.

6. The Merciless

Sumber: insidepulse.com

Sumber: insidepulse.com

Semesta Earth -12 berisikan Batman yang menjalin hubungan dengan Wonder Woman. Disini, Batman berjuang bersama Wonder Woman untuk mengalahkan Ares, sang God of War. Setelah Ares dikalahkan, Batman mengambil helm dan kekuatan Ares yang digunakannya untuk menghentikan perang ada di dunia Earth -12.

Sayangnya, kekuatan Ares membuat Batman menjadi jahat dan malah membunuh kekasihnya, Wonder Woman. Dia juga malah membunuh kawan superhero lainnya, menghancurkan rumah Wonder Woman di Themyscria, dan mencoba membangkitkan pasukan zombie dari anggota Amazon yang sudah mati. TGak heran kalau Batman di Earth -12 disebut dengan “The Merciless“, Si Penumpas Tanpa Ampun.

7. The Murder Machine

Sumber: cbr.com

Sumber: cbr.com

The Murder Machine adalah versi alternatif Batman yang berasal dari Earth -44. Pada semesta ini, Batman kehilangan Alfred dan merasakan kesedihan yang mendalam hingga mempengaruhi jiwanya. Batman lalu meminta bantuan Cyborg untuk membuat Alfred Protocol, sebuah A.I yang menyerupai Alfred.

Tapi naas, Alfred Protocol mengalam malfungsi saat diaktifkan dan malah membunuh penjahat-penjahat yang menjadi musuh Batman. Setelahnya, Alfred Protocol menghisap Bruce Wayne kedalam sistem A.I dan kemudian lahirlah The Murder Machine.

8. The Batman Who Laughs

Sumber: pastemagazine.com

Sumber: pastemagazine.com

Pada seri Dark Knight : Metal, The Batman Who Laughs berasal dari Earth -22. Joker yang ada di semesta ini sudah mengetahui identitas asli dari Batman, yaitu Bruce Wayne. Setelah mengetahui informasi tersebut, Joker membuat virus bernama “Joker Venom” yang dapat merubah kejiwaan seseorang untuk menjadi seperti Joker.

Joker kemudian mencoba meracuni kota Gotham dengan Joker Venom ini, merubah sekumpulan anak-anak menjadi Mini Joker yang mencoba membunuh orang tuanya. Saat Batman berusaha menghentikan Joker, dia malah terkena Joker Venom ini dan merubah pribadinya menjadi The Batman Who Laughs.

Nah lho, kebayang ga sih kalau Batman yang punya kecerdasan jenius tapi gila dan maniak seperti Joker? Maka dari itulah, Batman Who Laughs bisa dibilang sebagai alternatif Batman yang paling sadis yang pernah ada.

Dia membunuh semua musuhnya dan para anggota Justice League, membuat anak Superman Buta, merubah Damian menjadi Mini Joker, mengambil 3 anak yatim piatu sebagai “anjing” penjaganya, dan berusaha merebut Gotham di Prime Earth. Widih, serem betul ya?

Banyak pengamat komik menganggap bahwa seri Dark Knight : Metal merupakan seri Batman yang paling gelap, paling seram, dan paling sadis. Alasannya jelas, para alternatif Batman ini bukan hanya membunuh musuh mereka, tapi juga tidak segan untuk membunuh teman sendiri dan siapapun yang menghalangi tujuan mereka.

Nah kalau menurut bro sis, alternatif Batman mana sih yang paling menakutkan?

About Author

Ben

Ben

"Seorang penulis lepas amatiran yang tampan, muda, pemberani, dan mencoba menjadi idaman mertua. Kalau ketemu di jalan tolong teriak 'BENJO' yang kenceng ya!"

Comments

Most
Popular

PILKADEW : Pemilihan Kepala Dewa. Nah Lho?!

Bro sis udah pernah baca komik Pilkadew? Komik karya kolaborasi Danar, Dhana, dan Edwin ini bahas tentang politik nggak .. more

Source: weheartit.com

5 Langkah Murah Meriah Untuk Mengurangi Stress

Bangun pagi, siap-siap berangkat sekolah atau kerja, pulang, terus tidur. Setiap weekday melakukan kegiatan yang sama. S.. more

Kerja Magang Bukannya Disuruh Fotokopi Malah Disuruh Ngomik, Enak Banget!

Karena ada kok tempat kerja yang nerima anak magang dan ngajarin mereka cara kerja profesional. Wah, di mana tuh? Nih ki.. more

(pixabay.com)

Ringo Ame: Camilan Jepang yang Menggoda Selera

Kalian suka buah apel?? Kalian pecinta makanan manis?? Gimana kalau buah apel utuh dicampur, terus dicelupin dengan kara.. more

5 Hal yang Bisa Membuatmu Penasaran dan Menonton Film The Killing of a Sacred Deer

Bro sis ada yang sudah menonton film The Killing of a Sacred Deer? Bagi yang sudah menonton, kira-kira ada gak hal-hal m.. more