Bumilangit Akan Terbitkan Puluhan Komik Superhero di 2019

5 months ago
00-bumilangit

Tahun 2019 diperkirakan akan menjadi tahun yang kuat bagi para superhero Indonesia. Pasalnya, lewat usaha Bumilangit, karakter superhero Indonesia akan masuk ke dalam spotlight mainstream lewat rilisan film dan juga komik.

Pada tanggal 23 Januari lalu di Cozyfield Gramedia Pondok Indah Mall, Bumilangit mengadakan konferensi pers dan juga meet and greet komikus, untuk mengumumkan kerja sama mereka dengan grup Gramedia. Lewat kerja sama ini, rilisan komik superhero Indonesia akan terus digenjot sepanjang tahun 2019.

Is Yuniarto, GM Bumilangit. Sumber: CIAYO Pictures
Is Yuniarto, GM Bumilangit. Sumber: CIAYO Pictures

“Kisah kepahlawanan seringkali menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kuat, dan berkeadilan,” ungkap Is Yuniarto, komikus Garudayana serta general manager Bumilangit Komik. “Bumilangit menyajikan kisah-kisah kepahlawanan para pendekar dan adisatria nusantara dengan berbagai pendekatan genre, visual, dan karakter. Kami bangga mendapat kesempatan untuk melanjutkan dan meneruskan karya-karya legendaris dari para maestro komik Indonesia.”

Bumilangit sendiri adalah rumah bagi lebih dari 1000 karakter dari legenda-legenda komik Indonesia. Lewat Bumilangit, seluruh karakter dengan berbagai latar belakang tersebut disatukan dalam satu universe besar bertajuk Jagat Bumilangit. Kerja sama dengan grup Gramedia ini bertujuan untuk memperkuat basis dari Jagat Bumilangit itu sendiri, dengan mengenalkan berbagai karakter tersebut melalui media komik dan novel.

Kumpulan seri komik Si Buta dari Gua Hantu. Sumber: CIAYO Pictures
Kumpulan seri komik Si Buta dari Gua Hantu. Sumber: CIAYO Pictures

Sebelumnya, grup Gramedia telah menerbitkan beberapa judul komik dari Jagat Bumilangit, seperti Si Buta dari Gua Hantu dan Virgo and the Sparklings. Di tahun 2019 ini, selain melanjutkan serialisasi kedua komik tersebut, judul-judul baru yang akan dirilis oleh grup Gramedia dan Bumilangit adalah Gundala, Aquanus, serta Patriot: Prahara. Selain itu ada juga novelisasi Si Buta dari Gua Hantu, Mandala, Sri Asih, serta buku anak Patriot Cilik.

Komik Gundala nantinya akan dirilis dalam dua versi berbeda, pertama adalah versi serialisasi reguler, dan yang satunya lagi adalah adaptasi dari movie Gundala. Komik Gundala the Movie ini akan digarap komikus veteran Ardian Syaf dengan cerita oleh Oyasujiwo dan Doni Cahyono sebagai colorist. Komik Gundala the Movie juga dikerjakan bersama sutradara film Joko Anwar untuk memastikan komik tersebut sesuai dengan visi Joko terhadap filmnya. Sementara itu, komik Gundala series akan digarap komikus Iwan Nazif dengan cerita oleh komikus populer Sweta Kartika.

Iwan Nazif, Oyasujiwo, dan Ardian Syaf. Sumber: CIAYO Pictures
Iwan Nazif, Oyasujiwo, dan Ardian Syaf. Sumber: CIAYO Pictures

“Menyenangkan terlibat dalam proyek Gundala karena ini superhero paling populer di Indonesia,” tutur komikus Ardian Syaf. “Dan secara pribadi hormat saya pada almarhum pak Hasmi.”

Sementara itu, seri komik Patriot akan segera terbit di bulan Februari 2019, bersama dengan versi komik Patriot Cilik yang nantinya bakal punya 5 judul buku lain yang bakal terbit di sepanjang tahun 2019.

Iwan Nazif dan Ardian Syaf memamerkan karya mereka. Sumber: CIAYO Pictures
Iwan Nazif dan Ardian Syaf memamerkan karya mereka. Sumber: CIAYO Pictures

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Cargo, Menarik Di Atas Kertas Dengan Ide Unik Untuk Sebuah Film Zombie

Mungkin akan banyak orang salah kaprah terhadap film Cargo. Terutama untuk orang-orang yang suka film bertema zombie dan.. more

Game-Game Besar Nintendo Switch Untuk Musim Liburan 2017

Nintendo sebagai salah satu dari tiga nama besar penguasa bisnis video game dunia tentu juga sudah bersiap-siap menyambu.. more

The Room: Film Drama Jelek Namun Penuh Passion

Tahun 2003 lalu, film The Room dirilis dan menjadi film terjelek sepanjang masa. Kini, orang-orang masih ramai menonton .. more

Sumber gambar: maxim.com

Film “Annihilation” Batal Ditayangkan di Bioskop Karena Dianggap Terlalu Sulit untuk Dipahami?

Apakah studio film menyepelekan kemampuan berpikir calon penonton film Annihilation?.. more

Love Sucks, Sumber: CIAYO Comics

Love Sucks, Berawal dari pertemuan yang tidak disengaja di kota New York.

Sesampainya di New York, Elizabeth kepincut dengan laki-laki yang tak sengaja bersenggolan dengannya. Lelaki tampan berm.. more