Ini Dia Cara Submit Komik Ke CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

3 months ago

Setelah penantian sekian lama, CIAYO Comics Challenge Vol. 3 resmi dibuka!

Mulai tanggal 8 April, challenger sudah bisa mensubmit komik mereka. Ini saatnya karya kamu angkat bicara dan buat dunia melihatnya. Siapin karya komik terbaik kamu untuk ambil bagian dalam CIAYO Comics Challenge Vol. 3 dan menangkan hadiah-hadiah menarik dengan total 450+ juta rupiah.

Buat yang udah siap, tunggu apa lagi? Submit komik kamu sekarang. Buat yang belum siap, jangan panik, kamu masih punya waktu sampai dengan 8 November 2018 untuk submit komik kamu.

Nah, bagaimana caranya submit komik ke CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Berikut ini adalah tahap-tahap untuk melakukan submit komik kamu. Ikuti dengan seksama, ya.

1. Buat Akun CIAYO Comics!

Untuk permulaan, kamu harus membuka website submit.ciayo.com. Di website inilah kamu bisa menyiapkan semua komik kamu, mulai dari proses submisi hingga menambah episode baru.

ciayo comics challenge vol. 3

Sumber: CIAYO Comics

Sebelum bisa submit komik kamu ke challenge, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun CIAYO Comics. Dengan akun CIAYO Comics, kamu berhak mengikuti CIAYO Comics Challenge Vol. 3.

Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk mendaftar CIAYO Comics. Kamu bisa registrasi manual via email, serta otomatis dengan akun Facebook atau Google. Apapun metode yang kamu pilih, kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya setelah menyelesaikan registrasi.

2. Baca Aturan Main!

Setelah log in, kamu akan masuk ke dashboard challenge. Di sinilah kamu bisa mengatur semua komik yang kamu submit ke dalam challenge.

02-challenge

Sumber: CIAYO Comics

Ada baiknya sebelum kamu memulai proses submit komik, kamu membaca dulu beberapa aturan CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Ada 6 tombol di bagian atas layar, yang bakal memberikan informasi-informasi berguna soal peraturan challenge.

Kamu juga bisa membaca aturan dan informasi lengkap CIAYO Comics Challenge Vol. 3 di CIAYO Blog loh. Link peraturan bisa kamu buka di sini, sementara penjelasan tema Rediscover bisa kamu baca di sini.

Sudah selesai? Oke, berarti kamu sudah siap untuk submit komik kamu! Silakan klik tombol SUBMIT NEW TITLE untuk mulai.

3. Isi Data Diri!

03-challenge

Sumber: CIAYO Comics

Proses submit komik baru terbagi dalam 3 tahapan. Di tahap pertama ini, kamu diminta untuk mengisi data diri kamu. Berikut adalah penjelasan tiap poin yang harus kamu isi.

  •      Fullname: Isikan dengan nama lengkap kamu.
  •      Phone number: Isikan dengan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  •      Portfolio URL: Isikan dengan alamat akun portfolio kamu (Deviantart, Pixiv, Artstation, dll.). Bagian ini opsional, artinya boleh kamu kosongkan jika belum punya.
  •      Beri tanda centang pada kolom isian terakhir. Dengan ini, kamu telah menyetujui terms of use dan privacy policy CIAYO Comics.

Jika semua kolom isian diisi dengan benar, maka tombol CONTINUE TO STEP 2 akan menyala. Artinya kamu bisa masuk ke tahap selanjutnya.

4. Siapin Komik Kamu!

Di tahap selanjutnya, kamu sudah bisa mengisi data-data tentang komik kamu. Berikut ini adalah penjelasan untuk setiap kolom isiannya.

04-challenge

Sumber: CIAYO Comics

  •      Comic title: Isikan dengan judul komik kamu.
  •      Short synopsis: Isikan dengan sinopsis singkat komik kamu. Tidak boleh lebih dari 80 karakter.
  •      Full synopsis: Isikan dengan sinopsis lengkap komik kamu. Tidak boleh lebih dari 300 karakter.
05-challenge

Sumber: CIAYO Comics

  •      Author nickname: Isikan dengan nama atau nickname author.
  •      Position: Pilih posisi/jabatan kamu dalam komik ini: Script Writer, Comic Artist, atau merangkap keduanya.
  •      Add more author: Kamu bisa menambah author baru jika kamu bekerja bersama teman. Kolom isian mereka sama dengan di atas. Kamu bisa menambah author baru hingga maksimal 4 orang (termasuk kamu).
06-challenge

Sumber: CIAYO Comics

  •      Comic format: Pilih format komik kamu, apakah Mini Series atau One-Shot?
  •      Genre comic: Pilih genre dari komik kamu, apakah Fantasy, Horror, Comedy, Romance, atau Action? Jika komik kamu punya dua genre atau lebih, pilih genre utamanya saja.

5. Upload Thumbnail Komik Kamu!

Yang satu ini gampang-gampang susah karena kamu harus cermat membaca instruksinya. Di sini kamu diminta untuk mengupload gambar thumbnail dan banner untuk komik kamu. Ada beberapa jenis thumbnail dan banner yang harus kamu upload. Berikut ini adalah penjelasannya.

07-challenge

Sumber: CIAYO Comics

  •      Thumbnail komik: Gambar ini akan muncul sebagai thumbnail saat pembaca mem-browse komik di website dan app CIAYO Comics.
  •      Banner komik: Gambar ini akan muncul sebagai banner utama di halaman komik kamu. Ada dua ukuran untuk banner komik, masing-masing untuk versi desktop dan mobile.
  •      Banner share: Gambar ini akan muncul di media sosial seperti Facebook dan Twitter, saat komik kamu di-share.

Ada banyak gambar yang harus kamu upload, dan masing-masing punya propertinya sendiri. Jika tidak dipenuhi, maka proses submit tidak bisa dilanjutkan. Karenanya, tolong disimak ketentuan untuk setiap gambar berikut ini.

08-challenge

Sumber: CIAYO Comics

  •      Thumbnail komik: Lebar 300px, tinggi 300px, format JPEG/JPG, ukuran maks. 200 kB.
  •      Banner komik (desktop): Lebar 1440px, tinggi 400px, format JPEG/JPG, ukuran maks. 500 kB.
  •      Banner komik (mobile): Lebar 640px, tinggi 427px, format JPEG/JPG, ukuran maks. 500 kB.
  •      Banner share: Lebar 600px, tinggi 315px, format JPEG/JPG, ukuran maks. 200 kB.

Berikut ini adalah contoh penempatan gambar-gambar yang kamu upload, untuk memberikan gambaran seperti apa jadinya gambar tersebut saat ditampilkan di website dan aplikasi CIAYO Comics.

08a-challenge

Thumbnail komik. (Sumber: CIAYO Comics)

08b-challenge

Banner komik versi desktop dan thumbnail episodenya. (Sumber: CIAYO Comics)

08c-challenge

Banner komik versi mobile dan thumbnail episodenya. (Sumber: CIAYO Comics)

08d-challenge

Banner share. (Sumber: CIAYO Comics)

Jika sudah benar, maka tombol CONTINUE TO STEP 3 akan menyala. Silakan diklik agar kamu bisa masuk ke tahap selanjutnya.

5. Upload Komik Kamu!

Di tahap terakhir ini, kamu akan diminta untuk mengupload komik pertama kamu. Tetap perhatikan setiap kolom isian berikut ini!

  •      Comic detail: Di kolom ini, kamu harus memilih komik yang ingin kamu submit. Karena ini baru pertama kalinya kamu submit komik, diabaikan saja tidak apa-apa karena kolom ini akan dipakai di submit komik kamu selanjutnya.
  •      Episode title: Isikan dengan judul episode komik kamu.
09-challenge

Sumber: CIAYO Comics

Harap perhatikan juga bahwa di sini ada pula kolom untuk upload gambar. Berikut adalah penjelasan setiap kolomnya.

  •      Thumbnail episode: Gambar ini akan muncul di halaman komik kamu sebagai gambar ilustrasi episode bersangkutan.
  •      Slice episode: Inilah tempat untuk mengupload komik kamu. Komik harus diupload dalam bentuk slice. Kamu bisa mengupload lebih dari satu slice secara bersamaan.
10-challenge

Sumber: CIAYO Comics

Layaknya upload gambar di tahap selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan ketentuan untuk setiap gambar berikut ini. Jika tidak dipenuhi, maka proses submisi tak bisa dilanjutkan. Hati-hati, ya!

  •      Thumbnail episode: Lebar 300px, tinggi 300px, format JPEG/JPG, ukuran maks. 200 kB.
  •      Slice episode: Lebar 700px, tinggi 1000px, format JPEG/JPG, ukuran maks. 200 kB.

Jika semua ketentuan sudah kamu penuhi, tombol SUBMIT COMIC akan menyala. Silakan diklik, dan komik kamu berhasil ter-submit!

6. Submit Episode Baru! (khusus Mini Series)

Selamat! Komik kamu berhasil di-submit ke CIAYO Comics! Editor CIAYO Comics akan segera mengkurasi komik kamu, dan kamu akan segera dihubungi untuk hasilnya.

11-challenge

Sumber: CIAYO Comics

Nah, bagaimana kalau kamu mensubmit komik mini series dan kamu ingin menambah episode baru? Caranya mudah sekali. Kamu cukup kembali ke dashboard lewat submit.ciayo.com. Di halaman utama, kamu akan melihat tombol ADD EPISODE. Klik tombol itu, pilih komik yang ingin kamu tambah episodenya, dan kamu akan dibawa ke halaman upload yang sama dengan tahap sebelumnya.

Bagaimana, mudah kan? Kalau kamu ikutin cara-cara di atas dengan seksama, maka kamu nggak usah takut submisi komik kamu hilang. Tetap semangat, buktikan kebolehanmu, dan semoga beruntung!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber: Nerdist

The Walking Dead, Seri Zombie Hit yang Harus Segera Dihentikan Perjalanannya

AMC harus segera menghentikan saja keseluruhan seri ini, “Loh kok begitu? Kenapa memangnya?”.. more

CIAYO Pictures

Mengenal Budaya Jepang Lebih Dekat dalam Bonenkai Festival 12

Bonenkai Festival merupakan Festival Jepang yang paling besar di kota Bogor yang di adakan dari tahun ke tahun oleh STP .. more

00-d-nana-tanpa-suara

Nana Tanpa Suara: Suka-duka Gadis Tuna Rungu di Pedesaan

Nana Tanpa Suara mengisahkan Nana, gadis tuna rungu sejak lahir. Dia juga seorang berambut gimbal yang dianggap pembawa .. more

(Sumber: bleach.wikipedia.com)

Kata-kata Ini Gak Ada di Kamus Namun Memiliki Makna Yang Dalam

Pernah mau ngungkapin perasaan tapi merasa gak ada kata yang tepat dalam kamus Bahasa Indonesia? Tenang! Gak cuma kamu a.. more

Istilah Komik Dari Berbagai Belahan Dunia

Mau tahu istilah komik yang macem-macem dan aneh-aneh dari berbagai bahasa di dunia? Baca artikel ini!.. more