Carut Marut Aturan SNI Untuk Semua Mainan

11 months ago

Skena toys and hobbies di Indonesia kembali heboh. Sebuah video viral menarik perhatian netizen, menampilkan seseorang yang tengah berdebat dengan petugas bea cukai. Petugas berdalih mainan yang ia bawa dari luar negeri harus memiliki sertifikat SNI, sementara si pengunggah membela diri bahwa mainan tersebut hanya akan digunakan untuk pribadi saja. Video kemudian berakhir dimana si pengunggah akhirnya menghancurkan sendiri mainan tersebut.

Sebenarnya apa sih yang terjadi? Untuk permulaan, ada baiknya bro sis mengenal dulu apa itu SNI. Standar Nasional Indonesia merupakan sebuah sertifikasi yang dikeluarkan Badan Standarisasi Nasional untuk menjamin kualitas barang dan produk yang beredar di Indonesia. Selain untuk mencegah bahaya yang bisa muncul dari sebuah produk (misalnya cedera fisik atau keracunan), SNI juga diterapkan agar produk lokal memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk luar negeri.

01 sni helm

Label SNI pada helm motor. (Sumber: Tribun News)

SNI mencakup berbagai jenis barang mulai dari barang konsumsi hingga alat produksi. Berdasarkan definisi di atas, mainan juga termasuk sebagai barang ber-SNI. Artinya, semua mainan yang ada di Indonesia harus memiliki SNI, termasuk mainan impor.

“Untuk mainan impor, memang ada ketentuan wajib SNI yang diterbitkan oleh Kementerian Perindustrian,” tegas Kasubdit Komunikasi dan Publikasi dari Dirjen Bea Cukai, Deni Surjantoro, kepada Kompas. Menurutnya, aturan tersebut sudah berdasarkan pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 55/M-IND/PER/11/2013. Aturan itu mewajibkan mainan impor untuk memiliki sertifikat SNI.

02 sni mainan impor

Label SNI pada mainan anak. (Sumber: Rumah Astri)

Bagaimana jika aturan tersebut tidak dipenuhi? Pilihannya ada 3 bro sis: 1. Pengimpor harus megurus izin SNI; 2. Mainan dikembalikan ke negara asal (disebut re-ekspor); atau 3. Mainan dihancurkan sendiri atau oleh pihak bea cukai.

Masalahnya adalah, kasus video viral di atas terjadi pada pihak perorangan yang membawa satu mainan dari luar negeri untuk pemakaian pribadi. Apakah aturan mainan wajib SNI ini juga berlaku untuk pihak perorangan yang membawa mainan untuk oleh-oleh misalnya? Apakah membawa oleh-oleh mainan seharga 500 ribu Rupiah wajib mengurus serifikat SNI yang biayanya bisa mencapai 6-7 juta Rupiah?

Seyogiyanya, barang-barang impor untuk penggunaan pribadi dapat masuk ke Indonesia tanpa biaya tambahan dengan syarat tertentu. Menurut Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 203/PMK.04/2017, barang bawaan penumpang khusus penggunaan pribadi dengan nilai di bawah US$ 500 (sekitar 6.7 juta Rupiah) tidak dikenakan bea masuk.

Di sinilah letak kejanggalan kasus video viral tersebut. Jika nilai mainan tersebut hanya 500 ribu Rupiah saja, kenapa ia tidak diperbolehkan masuk ke Indonesia?

03 sni sentai

Inilah mainan Super Sentai yang menjadi pemicu kasus mainan SNI. (Sumber: Duniaku)

Menurut Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih kepada detikFinance, wajib SNI berlaku untuk semua jenis barang tanpa pengecualian, termasuk mainan. Namun ia tak menampik bahwa sebenarnya mainan impor dapat lolos dari pemeriksaan bea cukai dalam kondisi tertentu.

Hal yang senada juga disampaikan oleh ketua Asosiasi Mainan Indonesia, Sutjiadi Lukas. Menurutnya, aparat bea cukai masih belum memahami aturan main SNI untuk mainan impor. “Ini yang sering kali salah penerapannya, aturan dan kenyataan sering sekali berbeda. Aparat Bea Cukai tidak paham bahwa mainan dalam jumlah satu buah tidak perlu SNI, karena itu dikategorikan souvenir,” ujar Lukas kepada wartawan Merdeka.

Di titik ini, masing-masing kubu memiliki pembenarannya masing-masing. Bea cukai dan BSN kukuh dengan aturan wajib SNI, sementara AMI juga punya pengecualian tersendiri. Aturan manakah yang tepat?

04 sni rapat

Rapat antara Dirjen Bea Cukai dengan berbagai dinas terkait mengenai masalah mainan SNI.
(Sumber: Dirjen Bea Cukai)

Beruntung pada tanggal 22 Januari 2018 lalu, Dirjen Bea Cukai mengundang pihak Kementrian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, dan BSN, untuk membahas permasalahan seputar wajib SNI untuk mainan impor. Hasilnya, diambil keputusan bahwa akan dikenakan kelonggaran untuk mainan impor.

Berdasarkan aturan baru tersebut, kini penumpang pesawat dapat membawa maksimal 5 jenis mainan. Selain itu, mainan yang diimpor ke Indonesia maksimal 3 jenis untuk satu penerima per 30 hari. Jika melampaui ketentuan tersebut, maka mainan wajib diurus SNI-nya. Bersamaan dengan itu, aturan wajib SNI untuk mainan kini juga mencakup mainan untuk kelompok usia 14 tahun ke atas, serta mainan-mainan yang sudah mendapatkan serifikasi internasional ISO.

“Walaupun sudah ISO tetap perlu SNI. Kan itu balik lagi untuk melindungi daya saing, konsumen. Kita sebagai bangsa bermartabat harus punya standar sendiri ya SNI,” tambah Deni Surjantoro.

Hasil revisi aturan mainan impor ini disambut beragam oleh netizen. Ada yang mengapresiasi, ada pula yang menyayangkan sikap proaktif yang baru dilaksanakan setelah terjadi kasus besar. Tak sedikit pula yang mengkritik revisi aturan tersebut yang mengeluhkan makin ketatnya aturan wajib SNI untuk mainan.

05 sni toko

Anak kecil melihat-lihat mainan di toko. (Sumber: Kompasiana)

Namun apapun itu, ada baiknya jika bro sis yang menggeluti hobi koleksi mainan, mulai mencoba mematuhi aturan yang ada. Aturan mainan impor saat ini memang belum mendukung, tapi bukan berarti jadi alasan untuk melanggarnya juga ya! Sampai aturan baru diterapkan, mari kita coba ikuti aturan yang saat ini berlaku, sebagai buah dari usaha kita mengubah aturan lama yang diskriminatif.

Diberlakukan standar SNI pun bukan tanpa alasan. Tanpa standar SNI, kita tak tahu apakah barang yang kita gunakan sehari-hari aman atau tidak. Hal ini pun patut kita apresiasi. Meski demikian, pengawasan dan pengawalan tetap harus dilakukan agar seritifikasi SNI tidak disalah gunakan dan diselewengkan.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: youtube.com

Film-Film Alien Science Fiction Menegangkan yang Harus Kamu Tonton!

Tapi hey! Tak melulu teknologi. Manusia punya fantasi. Daya imajinasi. Dan rasa penasaran akan adanya makhluk di luar pl.. more

thumb-keberagamanhollywood

Kampanye Keberagaman Hollywood yang Semakin Rancu

Keberagaman bukan lagi hal aneh di dunia ini. Tapi bagaimana kalau justru salah satu publisher komik Amerika terkenal DC.. more

00-d-yo-kai-watch-world

Yo-Kai Watch World Menjiplak Game Pokemon GO?

Meniru atau terinspirasi? Game Yo-Kai Watch World rilis untuk mobile, dan pemain menyadari kemiripan fitur gamenya denga.. more

00-d-game-kekerasan

Tuduhan Video Game Sebagai Penyebab Kekerasan Bersenjata Sepertinya Hanya Terjadi Di Amerika?

Game kekerasan dituding menjadi penyebab meningkatnya kejahatan bersenjata di Amerika Serikat. Benarkah demikian?.. more

Sumber: wallpapersin4k.net

Valentine semakin dekat. Yuk, Ajak Gebetan Nonton Film-Film Ini!

Bulan Februari yang identik dengan bulan kasih sayang ini, rasanya pas banget buat deketin gebetan. Nah, biar suasana le.. more