Castle8, Surga Board Game di Depok

3 months ago
castle8

Teriknya matahari dan padatnya lalu lintas tak menghalangi banyak orang untuk berkunjung ke kawasan Margonda, Depok. Jalan utama di kota Depok ini jadi tempatnya berbagai hiburan dan juga tempat hangout. Semua orang punya tempat favorit mereka di sini, dan bagi para pecinta board game, tempat itu adalah board game café Castle8.

Salah satu koleksi board game Castle8. Sumber: CIAYO Pictures
Salah satu koleksi board game Castle8. Sumber: CIAYO Pictures

Castle8 yang sudah beberapa lama jadi markasnya komunitas board game di Depok belum lama ini pindah lokasi, yang ternyata masih di Margonda juga. Kini menempati lantai 2 dan 3 sebuah ruko di Jl. Margonda Raya No.349, Castle8 kini punya ruangan yang lebih luas dengan koleksi board game yang lebih banyak lagi.

“Total ada 300 board game. Dulu kita punya sekitar 50 board game, tapi sekarang kita nggak cuma import tapi juga ada sebagian besar board game dari Indonesia,” ungkap Yoyo selaku co-founder Castle8. “Mungkin 80% board game di Indonesia yang terjual ada di tempat kami. Yang barangnya langka seperti Mat Goceng bisa ditemui di tempat kami.”

Game master berinteraksi dengan para pemain. Sumber: CIAYO Pictures
Game master berinteraksi dengan para pemain. Sumber: CIAYO Pictures

Acara reopening Castle8 yang diadakan tanggal 7 April lalu dihadiri komunitas board game sekitar Depok dan Jabotabek, baik itu pemain, pembuat hingga influencer terkenal. “Kami membiarkan komunitas untuk melakukan kegiatan mereka, seperti bikin proyek, main. Tapi kami juga terbuka untuk publik dengan konsep board game café,” imbuh Yoyo.

Untuk para pengunjung awam, board game café ini juga siap membantu lewat para game master yang menemani jalannya permainan. “Ketika pengunjung datang, pertama GM akan bertanya apakah sudah biasa main board game? Tahu board game dari mana? Kalau ternyata mereka masih awam dan belum pernah bermain sebelumnya, maka mereka akan diterangkan oleh GM,” jelas Yoyo.

Memainkan salah satu board game buatan Indonesia. Sumber: CIAYO Pictures
Memainkan salah satu board game buatan Indonesia. Sumber: CIAYO Pictures

Castle8 juga mulai mengakomodir komunitas trading card game (TCG). “Kami sekarang mulai merambah ke Keyforge, dan kita mencoba mulai dari sana,” terang Yoyo. Ia juga menambahkan bahwa Keyforge memiliki sistem unik berbasis deck kartu yang membuat investasinya lebih masuk akal dan mudah.

Komunitas board game pun menanggapi positif reopening Castle8. “Gede banget, lebih luas. Dulu pernah main (ke tempat lama), memang kurang besar,” ujar Ferdian Kelana selaku pembuat board game dari Demeira Nusantara. Ia juga menambahkan Castle8 cocok dijadikan tempat gathering komunitas.

Eno Bening bermain board game bersama teman-teman. Sumber: CIAYO Pictures
Eno Bening bermain board game bersama teman-teman. Sumber: CIAYO Pictures

Hal senada juga diungkapkan oleh Eno Bening, Youtuber serta pemain board game yang menjadikan Castle8 sebagai salah satu tempat main langganan. “Salah satu hal yang membuat gue merasa oke di sini adalah bisa berekspresi sebebasnya,” terangnya. Eno yang telah bermain di Castle8 sejak setahun terakhir merasa komunitas di sana sangat terbuka kepada pemula dan pemain lama. Ia juga berharap komunitas board game bisa turut memajukan Castle8 serta perkembangan board game itu sendiri di Indonesia.

Castle8 buka setiap hari Selasa-Minggu, dari jam 12 siang sampai jam 12 malam. Apakah kamu suka main board game? Mungkin café yang satu ini bisa jadi tempat nongkrong kamu selanjutnya. Kalau nanti board game CHIPS: Heroes Uprising sudah rilis, jangan lupa bawa ke Castle8 untuk dimainkan bersama yang lainnya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Source 1: engadget.com

Sarahah: Platform Untuk Secret Admirer?

Kalau kamu penasaran kenapa ada banyak orang yang mengambil screenshot dari sebuah aplikasi bernama ‘Sarahah’, harus.. more

CIAYO Comics Meluncurkan Volt X Setan Jalanan di Popcon Asia 2017

Popcon Asia 2017 kali ini diselenggarakan untuk ke-enam kalinya. Mengambil momentum yang tepat CIAYO Comics akan resmi m.. more

Heartbeat Season 4 Segera Tayang, Apakah Sam dan Aiden Tetap Bersatu?

Setelah mengakhiri kisahnya dengan berbagai teka-teki di akhir tahun lalu, bulan ini Heartbeat kembali tayang. Di Season.. more

Kulari Ke Pantai dan Generasi Wicis

Film keluarga terbaru karya Riri Riza yang kembali berhasil memanjakan para penggemar. .. more

Anime Fall 2018 - thumb

TV Anime Jepang Pilihan untuk Musim Gugur 2018!

Saat ini di Jepang sedang dalam suasana musim gugur atau Fall. Dan seperti biasanya, ada beragam anime musim panas yang .. more