Cerita Fiksi dan Efeknya ke Pembaca

7 months ago
Membaca cerita fiksi dan efeknya (Sumber: emazed.com)

Pernah ngalamin kejadian gini gak? Saat cerita kamu punya hobi baca, lalu orang lain nanya ‘sukanya buku apa?’. Ternyata kamu hobi baca novel fiksi dan bahkan berbakat dalam nulis cerita pendek. Tenang! Hal itu sama sekali gak salah. Banyak yang merasa membaca buku fiksi itu kurang keren, padahal buku fiksi itu gak akan membuat kamu terlihat ‘kurang pintar’ dibanding dengan orang yang hobi baca buku pelajaran atau mungkin biografi orang terkenal. Buku fiksi juga bisa kasih kita banyak inspirasi tentang bagaimana kalau kita berada dalam situasi yang sama dengan tokoh dalam cerita itu. Kita jadi bisa lebih baik memposisikan diri kita dengan orang lain, dan pastinya dapat terus berimajinasi tentang banyak hal. Kalian tau kan kalau kemampuan berimajinasi itu bisa membuat seseorang jadi lebih kreatif. Namun sayangnya, kemampuan ini semakin berkurang seiring dengan umur kita.

Ada sebuah eksperimen menarik tentang cerita fiksi dan bagaimana efeknya ke kepribadian pembacanya. Beberapa professor mengadakan penelitian dengan meminta beberapa orang untuk membaca novel dari Anton Chekhov, “The lady With the Little Dog”. Buku tersebut bercerita tentang pria dan wanita yang memiliki hubungan singkat di sebuah resort tepi laut. Namun, efek hubungan mereka ternyata lebih jauh dari apa yang mereka bayangkan sebelumnya.

The Lady With a Little Dog (Sumber: amazon.co.uk)

The Lady With a Little Dog (Sumber: amazon.co.uk)

Para peneliti lalu memakai isi cerita dari buku Chekhov dan diubah menjadi sebuah kasus perceraian (diubah menjadi non-fiksi). Orang-orang dipilih secara acak, ada yang membaca novel dan sebagian lainnya membaca kasus perceraian. Hasilnya adalah adanya perubahan kepribadian dan emosi yang dapat diukur dari orang yang membaca buku novel Chekhov dibandingkan dengan orang yang hanya membaca dari file kasus perceraian.

(Sumber: the guardian.com)

(Sumber: the guardian.com)

Inti dari ekperimen ini menjelaskan bahwa, orang yang membaca cerita fiksi buatan Chekhov secara tidak langsung akan berusaha mengidentifikasi perspektif dari kedua tokoh dalam cerita. Mereka cenderung membayangkan situasi dan peran dari karakter cerita, lebih baik daripada yang tidak membaca fiksinya.

Bahkan dengan membaca cerpen fiksi, orang-orang akan merasa lebih relate dan seolah-olah pernah mendapatkan pengalaman dalam cerita fiksi tersebut. Apalagi kalau cerita fiksi tersebut mirip dengan kcerita kehidupan (slice of life). Cerita fiksi juga membuat orang bisa berpikir lebih jauh. Apalagi ternyata, dampak postifinya sangat banyak loh, terutama untuk anak kecil. Penelitian lain juga pernah menemukan fakta kalau anak kecil yang membaca buku fiksi atau dongeng, membuat anak tersebut lebih suka berkata jujur.

(Sumber: Pinterest.com)

(Sumber: Pinterest.com)

Kalau kamu punya ketertarikan untuk menulis cerpen atau fanfiction,ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan supaya pembaca bisa benar-benar menerima pesan dari cerita yang kamu buat. Yang pertama adalah sebaiknya kamu menulis cerita berdasarkan pengalaman yang pernah dialami sendiri. Cerita fiksi pun butuh beberapa elemen yang nyata, hal yang bisa membuat pembaca ngerasa dekat dan relate dengan cerita dan karakter cerita. Yang kedua, kepribadian dari tokoh sangat penting untuk diperhatikan supaya emosi yang ada dalam cerita bisa dirasakan oleh pembaca. Dan yang terakhir adalah pahami emosi pembaca. Kamu harus berusaha untuk memahami apa yang bakal dirasakan pembaca kalau sedang baca cerita buatanmu. Kalau sudah mengkombinasikan hal-hal ini dengan baik, cerita fiksi bisa memberikan perasaan dan emosi yang nyata ke siapapun yang baca cerita kamu.

Kalau kamu hobi membuat cerpen, kebetulan nih CIAYO Blog sedang mengadakan kompetisi Short Stories. Pemenang dari lomba ga cuma akan mendapatkan hadiah-hadiah menarik, tapi cerita kamu bakalan di buat komik loh! Untuk info mengenai kompetisi tersebut bisa kamu cek di sini.

Nah, buat kamu yang cuma membaca cerita pendek, kamu bisa melihat berbagai cerita di kolom CIAYO Stories. Ga cuma membaca, tapi kamu juga bisa menjadi juri loh. Ayo, vote cerpen favorite kamu!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sensor visual yang absurd dari TV Indonesia. Sumber gambar: twitter.com/adrianreynald

Sensor TV Indonesia Terlalu Ketat: Apakah Benar Efektif?

Saya akan setuju jika konten eksplisit bersifat kekerasan (seperti darah, mayat, hal-hal gore lainnya) mendapatkan senso.. more

00 disaster artist desktop

The Disaster Artist: Sisi Lain di Balik Film Terjelek Sepanjang Masa

The Disaster Artist mendokumentasikan pembuatan film The Room, yang diklaim sebagai salah satu film terjelek sepanjang m.. more

(Sumber : https://developer.apple.com/design/awards/#splitter-critters)

iPhone Game Of the Year 2017

Pada ajang Apple Design Award, terdapat beberapa kategori award. Salah satunya adalah iPhone Game of the Year 2017 yang .. more

Pokemon Game

Ingin Coba Main Pokémon? Kamu Harus Mulai dari Game Ini!

Setelah merasakan fenomena Pokémon selama lebih dari 15 tahun di sekeliling kita, mungkin bro sis penasaran, sebenarnya.. more

(Sumber: Visual Hunt)

Vandaria Saga Comeback di Tahun 2017

Para pemerhati karya fantasi Indonesia pasti tidak asing lagi dengan nama yang satu ini. Yup, Vandaria Saga! Vandaria ad.. more