Chronestesia: Mesin Waktu Dalam Otak Manusia

2 years ago
Sumber: pinterest.com
Cerita fiksi yang memakai tema balik ke masa lalu atau tokoh yang punya kekuatan teleporter bisa pergi ke suatu masa yang dia inginkan, seringkali kita temukan di buku-buku dan film fiksi. Di setiap ceritanya, pun memiliki tujuan yang hampir sama,  memperbaiki masa lalu supaya memberi efek atau pengalaman yang akan dialami di saat ini ataupun future. Setiap tahun dalam kehidupan manusia, kita menggunakan rata-rata waktu 8,766 jam. Coba dikalikan dengan umur kita. Sudah berapa ratus ribu jam yang kita lewati untuk berada di posisi dan di situasi yang kita alami sekarang? Ada banyak goals dalam hidup yang perlu kita wujudkan satu-per satu dalam hidup sambil memikirkan, masa depan nanti akan jadi seperti apa ya?
sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Hal yang menarik dari konsep time machine adalah manusia bisa menjawab ‘kalau ngelakuin ini, efeknya apa ya?’. Dan kalau efek dari pilihan yang manusia buat tidak seperti yang diharapkan ada kesempatan buat memperbaikinya. Atau bahkan kita bisa bertemu lagi dengan orang-orang yang sudah gak ada di kehidupan saat ini. Sementara kenyataannya gak seperti itu. Seseorang cuma bisa berpikir dengan logika tentang efek apa yang akan terjadi dalam hidup setelah melakukan suatu hal atau mengambil keputusan besar. Hal yang kita kangenin banget tentang suatu momen di masa lalu itu mungkin adalah moment yang paling berharga dalam hidup kita. Kita juga gak bisa untuk mengingat semua hal detail yang pernah kita alami karena memori bisa menghapusnya dan menggantinya dengan ingatan baru.

sumber: aminotes.tumblr.com

sumber: aminotes.tumblr.com

Kalau mengingat atau bernostalgia adalah hal biasa yang semua orang lakukan. Tapi menurut seorang ahli psikologis, Endel Tulving, menyebutkan bahwa sebuah ingatan atau memori masa lalu bisa menimbulkan memori akan masa depan juga. Kok bisa ya?

sumber: weheartit.com

sumber: weheartit.com

Hal itu disebut sebagai Chronesthesia, yaitu kemampuan otak dan kapasitasnya yang dimiliki oleh manusia lewat sebuah evolusi. Hal ini memungkinkan manusia sadar akan masa lalu dan masa depan. Yang dimaksud dengan menimbulkan memori akan masa depan, biasa disebut dengan ‘antisipasi’. Kemampuan memori ini terjadi hanya kalau kita mengingat kejadian pada satu waktu, dan berantisipasi dengan memori tersebut mengenai hal yang akan terjadi di masa depan. Karena konsep ‘waktu’ disini adalah produk dari otak manusia dan berbeda dengan waktu dalam ukuran jam, atau kalender. Chronesthesia bisa juga disebut sebagai ‘Mental Time Travel’.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Contoh kecil dari kemampuan ini adalah saat kamu sedang melakukan lari pagi misalnya. Kamu teringat kalau pernah melakukan lari pagi kemarin, kamu juga sadar kalau kamu ‘ada’ dan melakukan kegiatan tersebut dari sudut pandang kamu sendiri dan membayangkan sudut pandang lain(observer). Pertanyaan yang hadir adalah: Apa akan ada waktu lain saat kamu lari pagi, selain saat ini(present) nantinya? Lalu dengan hal itu, kamu mulai membayangkan kejadian di masa depan yang akan datang. Inti dari penelitian yang dilakukan adalah apakah ada bagian di dalam otak manusia yang lebih aktif saat memikirkan masa lalu dan masa depan, dibandingkan memikirkan masa sekarang.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Jasmine Surkatty

Jasmine Surkatty, Sosok Kartini Muda yang Menggugah Hati Lewat Komik

"I don’t want to just make stories, I want to make history”. Begitulah yang dikatakan oleh Jasmine Surkatty... more

dilan 1991

Kalahkan Infinity War, Dilan 1991 Pecahkan Rekor Box Office Indonesia

Dilan 1991 berhasil meraih 800 ribu penonton di hari pertama serta premiere. Ini adalah rekor box office Indonesia, meng.. more

Sumber: gameranx.com

Pokemon GO Adalah Sebuah Penistaan

Yang saya maksud penistaan disini adalah.. more

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (Sumber: Variety)

Film Indonesia dari Sumba sampai Praha

Ada dua film di tahun 2017 yang mengangkat Sumba, yaitu "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak" karya Mouly Surya dan "S.. more

Sumber: horriblesubs.info

Impresi Awal TV Anime Cardcaptor Sakura Clear Card Rasa Lama Tapi Baru

Tapi walaupun punya ‘time gap’ cukup lebar, arc terbaru ini (Clear Card) ternyata mengambil ending dari arc sebelumn.. more