Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

10 months ago
00 d CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Halo! Setelah sebelumnya CIAYO Comics mengadakan kontes CIAYO Comics Challenge Vol. 1 dan Vol. 2, kali ini CIAYO Comic akan kembali mengadakan CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

ciayo comics challenge vol. 3

Sumber: CIAYO Comics

Untuk ketiga kalinya, CIAYO Comics mengadakan kompetisi komik untuk menantang kemampuan author sekalian meramu komik yang beda dan nggak biasa dari komik lain. Kali ini, tema yang diusung adalah “Rediscover.” Bagaimana author menerjemahkan tema itu, semuanya ada di tangan para author sendiri.

Lihat Juga: PENGUMUMAN: Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 1

Tentunya dengan semakin banyak komik-komik oke yang hadir di challenge edisi sebelumnya, hadiah untuk challenge kali ini tentu harus makin oke juga. Jika di challenge vol. 2 total hadiahnya lebih dari 100 Juta Rupiah, maka di challenge Vol. 3 ini total hadiahnya lebih dari 450 Juta Rupiah!

ciayo comics challenge vol. 3 hadiah

Sumber: CIAYO Comics

LEBIH DARI EMPAT RATUS LIMA PULUH JUTA RUPIAH!!

Wow! Jenis hadiahnya juga beragam, terdiri dari uang tunai jutaan Rupiah, laptop, game console, pentab, voucher belanja, dan masih banyak lagi! Fantastis! Dimana lagi author bisa ikut challenge ngomik dengan hadiah sebanyak ini?

Lihat Juga: List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Hadiahnya memang oke. Tapi, gimana sih ketentuan dari challenge kali ini?

Berikut adalah beberapa hal yang harus author ketahui sebelum ikut CIAYO Comics Challenge Vol. 3.

ciayo comics challenge vol. 3 kategori

Sumber: CIAYO Comics

  1. CIAYO Comics Challenge Vol. 3 terbuka untuk khalayak umum, tanpa batasan usia. Satu judul komik bisa dikerjakan oleh lebih dari satu orang.
  2. Tema challenge kali ini adalah Rediscover.
  3. Jika challenge sebelumnya hanya punya satu kategori saja yaitu one-shot, maka di challenge volume 3 ini ada kategori baru yaitu mini series! Berbeda dengan one-shot, dalam kategori mini series author bisa mengirim lebih dari satu chapter komik. Minimalnya 3 chapter ya. Maksimalnya? Nggak ada, tapi yang wajar-wajar saja ya!
  4. Format komiknya tetap sama, dimana satu chapter terdiri dari satu halaman dengan dimensi horizontal 700px dan dimensi vertikal minimal 30.000px. Kalau masih bingung, author bisa lihat-lihat contoh dari para peserta dan pemenang challenge terdahulu di https://www.ciayo.com/id/challenge/
  5. Genre yang bisa author pilih ada 5: horor, action, romance, komedi, dan fantasi. Mau kirim lebih dari satu komik dengan genre yang sama atau beda? Boleh kok!
  6. Gaya dan teknik gambar dibebaskan. Konten yang dilarang adalah yang menyinggung SARA, pornografi, dan kekerasan berlebihan. Komik yang dikirim juga harus original: belum pernah diterbitkan secara komersil, dan tidak mengandung konten yang melanggar hak cipta pihak ketiga.
  7. Komik yang author kirimkan akan dikurasi sebelum bisa ditampilkan di website dan app CIAYO Comics. Kalau belum lolos kurasi, author bisa mengirimkan kembali revisi selama masih dalam masa submisi.
  8. Submisi challenge dibuka mulai tanggal 8 April 2018 hingga 8 November 2018. Lalu, komik yang lolos kurasi akan terbit di website dan aplikasi mulai tanggal 8 Mei 2018.
  9. 10 pemenang dari masing-masing kategori (10 one-shot, 10 mini series) akan dipilih dari 5 genre. Setiap pemenang akan ditandingkan langsung dengan penilaian juri dan jumlah like pembaca.
  10. Ada juga 3 juara favorit yang dipilih dari jumlah like terbanyak selama periode Mei-November 2018.
  11. Setiap komik series yang berhasil mendapatkan akumulasi 8000 like atau lebih pada komiknya akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja senilai Rp. 200.000,- tanpa diundi. Untuk komik one-shot, setiap komik one-shot yang berhasil mendapatkan 4000 like atau lebih pada komiknya akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja senilai Rp. 200.000 tanpa diundi.
  12. Pemenang akan diumumkan tanggal 8 Desember 2018.

Waktunya cukup panjang, kan? Author bisa persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Entah itu cari teman untuk bikin komik bareng, menyiapkan naskah, storyboard, hingga proses ngomiknya itu sendiri. Pokoknya, manfaatkan setiap waktu yang ada agar author bisa me-“rediscover” bakat terpendam yang bisa jadi nggak disadari sebelumnya!

Terus pantau CIAYO Comics dan CIAYO Blog untuk info-info seputar CIAYO Comics Challenge Vol. 3 di waktu mendatang!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Woody Allen (sumber: Thestudioexec.com)

Woody Allen, Komedi = Tragedi + Waktu

Woody Allen adalah seorang sutradara kawakan Holywood yang sudah menghasilkan 47 film dan empat diantaranya membuatnya m.. more

Sumber: youtube

[Review Dragon Ball Super Episode 124] Pengorbanan Gohan, Satu Lagi Justice Trooper yang Tersingkir

Pada episode 124 Dragon Ball Super kali ini berfokus pada pertarungan Song Gohan X Frieza untuk mengalahan Dyspo... more

header alex desktop

Who Killed Captain Alex – Bukti Kalau Film Asyik Bisa Dibuat Dengan Dana Terbatas

Who Killed Captain Alex dibuat dengan budget kurang dari 3 juta Rupiah di Uganda. Meski kualitasnya di bawah rata-rata, .. more

[Drama Indonesia Comic Con 2017] Dilema Event Pop Culture: Dengan Tiket Masuk Berbayar Atau Gratisan?

Beberapa waktu lalu sempat terjadi “drama” di media sosial seputar bermasalahnya akses masuk gratis untuk cosplayer .. more

Kolaborasi Avengers dan My Hero Academia Adalah Crossover Superhero Paling Ambisius

Di Jepang, film Avengers Infinity War berkolaborasi dengan anime My Hero Academia. Ternyata karakter anime MHA sangat me.. more