CIAYO Comics Invasi ke IKJ. Ada apa nih?

1 year ago

Setelah beberapa kali berpartisipasi dalam events yang berkaitan dengan komik, CIAYO Comics situs baca komik online Indonesia berkesempatan diundang sebagai pembicara dalam workshop komik. Kali ini giliran Institut Kesenian Jakarta yang didatengin Tim CIAYO Comics. Apa aja sih agenda kegiatan di IKJ?

Esa M.P, Thoma Prayoga, dan Beny Maulana sharing di EXPERTALK, IKJ (CIAYO Pictures)

Pada tanggal 24 Maret 2017, Tim CIAYO Comics datang ke IKJ atas undangan yang diberikan oleh Beng Rahadian, dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa IKJ. Beny Maulana, Esa M.P., dan Thoma Prayoga sebagai perwakilan CIAYO Comics melakukan sharing di sesi EXPERTALK. Tema sharing kali ini adalah “Platform Digital & Era Baru Komik Indonesia.” Sharing ini dilakukan sebagai pembelajaran kepada mahasiswa mata kuliah Sequential Art.

Di acara ini, tim CIAYO Comics menjelaskan berbagai hal. Salah satunya adalah peran CIAYO Comics sebagai platform komik digital baru di Indonesia. Walaupun beberapa tahun ini komik digital Indonesia didominasi oleh pemain luar, ternyata setelah tahu tentang CIAYO Comics, para peserta EXPERTALK malah lebih mengagumi platform komik digital Indonesia.

Sumber: CIAYO Pictures

Selain itu, Tim CIAYO Comics juga menjelaskan teknik-teknik pembuatan komik scrolldown atau sering disebut webtoon comics. Peserta EXPERTALK sangat antusias dalam sesi pembelajaran ini. Antusiasme peserta juga semakin meningkat dengan banyaknya pertanyaan yang meluncur saat sesi tanya jawab.

Setelah acara selesai, banyak mahasiswa DKV yang menunjukkan antusiasmenya terhadap perkembangan komik digital serta CIAYO Comics sebagai platform komik digital. Mereka semua setuju bahwa komik digital adalah masa depan komik. Dengan adanya komik digital, pembaca tidak perlu repot untuk membeli dan mencari komik cetak, sehingga semua orang bisa baca dan share di manapun dan kapanpun. Mereka berharap bahwa media komik digital ini dapat digunakan oleh komikus Indonesia dengan baik, sehingga nama komikus Indonesia bisa terkenal sampai ke luar negeri.

Sumber: CIAYO Pictures

Di sesi penutupan, Beng Rahardian mengungkapkan tujuannya mengundang CIAYO Comics ke IKJ, yaitu agar mahasiswa mata kuliah Sequential Art ini tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi komik digital. Mereka harus segera beradaptasi dengan media yang modern, membawa komik Indonesia online serta budaya Indonesia, dan mengembangkan karya mereka hingga ke mancanegara. Beng berharap agar CIAYO Comics tetap mempertahankan kualitas komik di platformnya, dan juga memajukan komik digital Indonesia.

Buat tahu lebih lengkap, yuk nonton videonya!

About Author

Andreas

Andreas

A guy from Surabaya who dislike travel but ironically been to a lot of places. dead-serious about movies, games and comics but lackadaisical to heavy-duty matters. Non-picky eater but exceptionally hated cucumbers. The writer of The Flying Cow comics.

Comments

Most
Popular

Sumber: rte.ie

The Beatles, 4 Rocker Jenius Liverpool yang Sukses Merevolusi Wajah Musik Dunia

The Beatles, simbol revolusi musik di tahun 1960-an. .. more

00-d-ikkubaru-showcase-debut

Pop Indonesia dan Jepang Bersatu Di ikkubaru Showcase Debut

Band city pop asal Bandung, ikkubaru, mengadakan showcase perdana mereka di Indonesia. Dalam ikkubaru Showcase Debut, me.. more

Dua nama besar game genre FPS saat ini. Sumber gambar: youtube.com

Call Of Duty & Battlefield: Game Simulasi Militer Terpopuler

Jadi game FPS mana yang lebih bagus? CoD atau BF?.. more

Sumber: time.com

Pokeland: Game Pokemon untuk Smartphone

Pokeland, game terbaru The Pokemon Company untuk smartphone. .. more

Sumber gambar: rollingstone.com

Animal Crossing Pocket Camp: Game Nintendo Untuk Smartphone Setelah Mario Run!

Ucapkan selamat datang pada Animal Crossing: Pocket Camp!.. more