CIAYO Games Sambangi Agate Studio. Ada Apa Ya?

6 months ago

Beberapa waktu lalu, Tim CIAYO Games berkunjung ke Agate Studio. Kunjungan kali ini bertujuan untuk sharing session. Tim CIAYO Games yang masih baru seumur jagung perlu belajar banyak dari Agate Studio yang sudah khatam malang melintang di industri game. Dengan tangan terbuka, temen-temen Agate Studio menyambut kedatangan Tim CIAYO Games dengan hangat.

Kantor Agate Studio (CIAYO Pictures)

Kantor Agate Studio (CIAYO Pictures)

Sebelum sharing session dimulai, Tim CIAYO Games sempet muter-muter ngelongok suasana kerja di Agate Studio. Kantornya nyeni banget, Agate Studio udah dapet banyak penghargaan, prestasi, dan plakat dari berbagai event, kompetisi, atau workshop.

Suasana kerja (CIAYO Pictures)

Suasana kerja (CIAYO Pictures)

Cuaca Bandung yang nyaman, cukup mendukung suasana kerja di sini. Meski harus ngantor dari jam 8 pagi, temen-temen di Agate Studio tampak menikmati dan betah di depan komputer masing-masing.

Sharing session (CIAYO Pictures)

Sharing session (CIAYO Pictures)

Sharing session dibuka sama Ko Dave. Sebagai Vice President of Entertainment Games, Ko Dave ngejelasin tentang workflow di Agate serta segala detail yang mendukung terciptanya game dari awal sampai akhir. Banyak pengalaman dan materi penting yang dibagikan. Tentu aja Tim CIAYO Games semangat dan antusias ngedengerinnya. Tanpa malu-malu pun, hal-hal yang kurang jelas bisa langsung ditanyain ke para suhu.

Suasana sharing session (CIAYO Pictures)

Suasana sharing session (CIAYO Pictures)

Nggak cuma Ko Dave, Valentinus RK sebagai Entertainment Games Studio Head juga banyak membagikan tips dan trik bikin game. Agate yang udah 8 tahun berdiri, punya banyak pengalaman dan strategi sehingga bisa bertahan sampe sekarang. Tim CIAYO Games belajar banyak dari situ.

Masih semangat, kakak? (CIAYO Pictures)

Masih semangat, kakak? (CIAYO Pictures)

Meski sharing session berlangsung hampir seharian, temen-temen tetep semangat menerima materi-materi penting dari Kakak-kakak Agate Studio.

Sharing session oleh Andrew Pratomo Budianto (CIAYO Pictures)

Sharing session oleh Andrew Pratomo Budianto (CIAYO Pictures)

Andrew Pratomo Budianto sebagai Publishing Head menjelaskan tentang strategi marketing dan development life cycle. Beliau membagikan hal-hal yang perlu diperhatikan serta cara mengelola data-data yang didapatkan dari data analytic.

Aditia Dwiperdana, Serious Games Studio Head (CIAYO Pictures)

Aditia Dwiperdana, Serious Games Studio Head (CIAYO Pictures)

Selain mendokumentasikan sharing session, Tim CIAYO Blog sempat mewawancarai Aditia Dwiperdana sebagai Serious Games Studio Head. “Serious Games fokusnya bikin game atau produk yang tujuannya untuk menyampaikan suatu pesan. Biasanya menyangkut training games, education games, simulasi, macem-macem.” Mas Adit juga memberi tips untuk studio game yang baru merintis, “Utamanya untuk temen-temen yang masih baru, yang perlu diperhatikan adalah masalah cash flow dan gimana bikin studio dan tim development-nya sustainable dan berkelanjutan. Jangan sampai bikin satu, dua game terus modalnya habis dan tutup.”

Valentinus RK, Entertainment Games Studio Head (CIAYO Pictures)

Valentinus RK, Entertainment Games Studio Head (CIAYO Pictures)

Valentinus RK, Entertainment Games Studio Head membagikan kultur di Agate Studio. “Kalo aku pribadi sih, jadi kita selalu bilang bahwa di sini family itu bukan cuma kata-kata. Family nya beneran berasa, walaupun sekarang kan udah banyak nih kayak generasi gap, beda lumayan jauh 10 tahun. Tapi tetep di antara mereka itu kekeluargaannya tercipta. Nah itu yang bikin aku betah di sini.”

Arief Widhiyasa, CEO Agate Studio (CIAYO Pictures)

Arief Widhiyasa, CEO Agate Studio (CIAYO Pictures)

Arief Widhiyasa, CEO Agate Studio mengemukakan pencapaian Agate hingga sekarang, serta game yang bisa dibilang cukup sukses dilihat dari financial result yaitu Football Saga, “In the end, sebenernya kita nggak akan pernah tahu game mana yang akan sukses dan enggak. Tapi yang perlu dipastikan adalah, gimana di setiap game yang dibuat kita berusaha yang terbaik.” Tidak hanya membagikan pengalaman sukses membuat game, Ko Arief juga menyampaikan misi awal dibentuknya Agate Studio. “Dari awal misi kita adalah dengan kapabilitas kita, bisa berkontribusi membuat dunia lebih bahagia.”

Kalau mau diterusin, sharing session sama Agate Studio emang nggak bakal cukup kalo cuman sehari. Agate Studio masih punya banyak hal untuk dibagikan. Yang pasti, kunjungan Tim CIAYO Games ini adalah pengalaman yang sangat berharga.

Victorio Primadi sebagai CTO CIAYO Games juga sangat antusias dengan adanya sharing session dengan Agate Studio ini. “CIAYO Games sangat berterima kasih kepada Agate. Kita sebagai studio game baru, merasa sangat tersanjung oleh Agate yang sudah sesepuh di industri game Indonesia tapi masih bersedia menjamu dengan ramah dan meluangkan waktu untuk memberikan knowledge sharing ke kita, bantu cari solusi dan enggak pelit ilmu sama sekali. Banyak sekali ilmu berharga yang kita dapat, yang enggak mungkin bisa didapat dari mana pun juga karena itu semua berdasarkan pengalaman Agate. Kegagalan dan keberhasilan mereka selama ini dibagikan ke kita supaya kita nggak mengalami kegagalan seperti yang udah pernah mereka alami.”

Nggak hanya sharing session, CIAYO Games dan Agate Studio berencana untuk berkolaborasi membuat project bersama. Kira-kira apa ya? Tungguin aja deh, bro sis. Kayaknya bakal seru nih!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Toge Productions

Toge Productions Borong Penghargaan Video Game Tingkat Asia Tenggara

Studio pengembang dan penerbit game asal Tangerang, Toge Productions, minggu ini pulang ke Indonesia dengan bangga sambi.. more

Dragon Capital Centre Mengumumkan Logo Baru CIAYO Corp

PT Dragon Capital Centre mengumumkan logo baru yaitu "CIAYO Corp" sebagai bagian dari strategi korporat dalam mengembang.. more

CHIPS: Monster Tap

12 Game ini Terpilih Untuk Tampil di Archipelageek, POPCON Asia 2017

Di pertengahan bulan Juli 2017 lalu, Asosiasi Game Indonesia (AGI) bersama dengan BEKRAF mengundang para developer Indon.. more

13 Reasons Why. (Sumber: tumblr)

Film Ini Menceritakan Berbagai Macam Cara Bunuh Diri

13 Reasons Why adalah salah satu TV series controversial yang hadir dengan genre slice of life di tahun 2017. Di rilis o.. more

Sumber: Zimbio

Teori Konspirasi: Avril Lavigne Sudah Meninggal Sejak Tahun 2004!

Avril Ramona Lavigne, atau yang lebih dikenal Avril Lavigne ini memang sangat terkenal di genre musik pop punk. Namun ap.. more