Circle Comic Frontier 13 Yang Harus Kamu Datengin!

3 months ago
circle comic frontier 13

Kita sudah sampai di pertengahan menjelang akhir tahun 2019. Artinya, Comic Frontier akan kembali hadir! Comic Frontier 13 merupakan acara Comifuro kedua yang diadakan di tahun 2019 ini. Layaknya Comifuro 12, circle Comic Frontier 13 tetap ramai seperti biasanya.

Dengan jumlah circle yang mencapai ratusan, tentunya sulit untuk mencari booth mana yang ingin didatangi. Jangan kuatir, karena CIAYO Blog punya beberapa rekomendasi circle Comic Frontier 13 yang bisa jadi bakal menarik perhatianmu. Setiap rekomendasi di sini disertai pula dengan nomor booth masing-masing sehingga kamu nggak perlu kesusahan mencari lokasi booth mereka.

Tanpa berlama-lama, ini dia 13 rekomendasi circle Comic Frontier 13 yang harus kamu datangi!

Rekomendasi Circle Comic Frontier 13

1. Lingkarya Moesia (B-03a)

Sumber: Lingkarya Moesia
Sumber: Lingkarya Moesia

Lingkarya Moesia merupakan circle berisi komikus dan ilustrator yang diprakarsai oleh Risa Comics. Anggotanya cukup banyak, dengan beberapa diantaranya merupakan komikus CIAYO Comics juga loh. Misalnya ada Aegires Blight, Gula Comic dan lain-lain.

Di Comifuro 13 ini, Lingkarya Moesia akan merilis Amazin, majalah komik yang berisi komik-komik pendek ciptaan anggotanya.

Baca Juga: Amazin: Zine Perdana Lingkarya Moesia Rilis di Comifuro 13

2. Kaum Buruh Jakbar (A-05ab)

Sumber: Kaum Buruh Jakbar
Sumber: Kaum Buruh Jakbar

Circle yang satu ini juga beranggotakan beberapa komikus CIAYO Comics, sebut saja Kyriepoda (Si Timoon), Dirga (Komikman), dan Ivone (The Librarian). Selain itu ada juga Inan (Komik MS Paint) serta Chris (Rubricomics).

Selain merilis karya masing-masing, kelimanya juga berkolaborasi dalam komik Shadows Die in 4-koma, kompilasi fancomic Sekiro: Shadows Die Twice.

3. Doujin.ID (E-12ab/E-13ab)

Sumber: Doujin.ID
Sumber: Doujin.ID

Doujin.ID merupakan kumpulan musisi indie yang merilis lagu cover dari game-game populer seperti Touhou Project dan IDOLM@STER. Selain itu, circle ini juga bakal menampilkan kolektif DJ Vibetronic serta game musik lokal AERIALsq.

Tak hanya itu juga, mereka akan diramaikan dengan kolaborasi tiga fanpage meme populer Logoposting, Bapak Kau Drawposting, serta Perecehan Stekstual!

4. Rimawarna & Wibuverse (A-06b)

Sumber: Rimawarna
Sumber: Rimawarna

Salah satu veteran Comic Frontier ini kembali setelah absen di Comic Frontier 12. Kali ini, Rimawarna bakal menyajikan artbook Viva, yang mengulas musisi-musisi City Pop Jepang dari era 80-an.

Mereka juga akan ditemani oleh Wibuverse, platform publishing online yang akan meluncurkan website mereka dalam waktu dekat.

Baca Juga: VIVA! – Zine Musik City Pop Persembahan Rimawarna

5. Lucifer & Pandabunny (E-16ab/E-17ab)

Sumber: Handband Studios
Sumber: Handband Studios

Lucifer & Pandabunny merupakan gabungan dari beberapa circle dan ilustrator. Mereka terdiri dari Handband Studios, Mozaic Heaven, Pandaclip, serta Hikariin25.

Keempatnya akan menjual produk masing-masing seperti artbook dan merchandise. Mozaic Heaven juga bakal mengadakan open beta untuk game mobile yang tengah mereka kerjakan!

6. Mimi N x SUN Project (A-10ab)

Sumber: Mimi N
Sumber: Mimi N

Komikus Mimi N bisa dibilang salah satu ilustrator yang sangat aktif berpartisipasi di Comifuro. Booth Mimi selalu jadi yang pertama didatangi pengunjung Comifuro yang mencari merchandise anime favorit mereka.

Komikus World Inverse ini tengah disibukkan dalam SUN Project, sebuah koleksi komik dan ilustrasi bertema social anxiety dan mental issue. Di Comifuro 13 ini, kamu bisa mendapatkan produk-produk SUN Project.

7. Yuri Nakama (E-01ab)

Sumber: Yuri Nakama
Sumber: Yuri Nakama

Jika kamu suka dengan kisah-kisah persahabatan perempuan serta cute girls doing cute things, maka kamu harus datang ke booth Yuri Nakama. Mereka dipastikan akan kembali melanjutkan serial komik Girls Love Series, serta beberapa komik original dan fancomic.

Baca Juga: Girls Love Series – Potret Persahabatan Perempuan Dalam Bingkai Komik

8. Vinrylgrave (AA-09)

Sumber: Vinrylgrave
Sumber: Vinrylgrave

Ilustrator Kevin Tan alias Vinrylgrave senang membuat ilustrasi bertema anime manga, sama seperti ilustrator lainnya. Namun alasan kenapa banyak orang yang menyukai karya-karyanya adalah karena Vinrylgrave memasukkan twist serta gaya uniknya sendiri sehingga ilustrasinya terasa sangat segar.

9. Doujin Dalam Botol (AA-14)

Sumber: Doujin Dalam Botol
Sumber: Doujin Dalam Botol

Doujin Dalam Botol merupakan tempat yang bisa membantu para kreator untuk menerbitkan karya mereka. Bingung pingin jualan tapi nggak punya circle? Doujin Dalam Botol bisa membantu kamu dengan ekspertise mereka menjual merchandise GHOSTY’s COMICS dan para kreator lainnya.

10. VtuBerflower (AA-44)

Sumber: Battle of the Toys
Sumber: Battle of the Toys

Virtual Youtuber jadi tren hot terbaru dalam beberapa tahun terakhir ini, dan Indonesia juga nggak mau ketinggalan! Circle VtuBerflower jadi tempat ngumpulnya para virtual Yotuber lokal seperti Tessa, Clarra, Ipo-chan, Saskia, Mintchan, dan masih banyak lagi!

Baca Juga: Virtual Youtuber Mintchan Hadir di CSF dan BotT 2019

11. Cozy Production (D-09ab SUN)

Sumber: Cozy Production
Sumber: Cozy Production

Circle aneh tapi ajaib ini punya beberapa barang jualan yang patut kamu cek. Produk utama mereka adalah artbook Cozy Front: Pacific yang mengulas suasana perang Pasifik saat Perang Dunia II. Selain itu mereka masih punya beberapa artbook, fanfic, kaos, stiker, sampai jualan jaket dan helm motor! Iya, nggak salah baca kok.

12. RAIT Visual Works (I-11a)

Sumber: RAIT Visual Works
Sumber: RAIT Visual Works

RAIT Visual Works merupakan kumpulan artist yang mengerjakan fanart serta karya original. Bicara soal karya original, saat ini mereka disibukkan dengan komik Love!Con The Series yang saat ini tengah dikembangkan menjadi visual novel!

13. Gula Comic (B-02b)

Gula. Sumber: Gula Comic
Sumber: Gula Comic

Last but not least, ada Gula Comic yang membuka booth mereka sendiri! Kamu bisa mendapatkan berbagai merchandise Gula Comics seperti pin, komik, dan masih banyak lagi. Pssst, di boothnya mungkin bakal ada bocoran buat Wonder Sweet season 2 loh. Mungkin yaaa…

Baca Juga: Saat Milka, Gula, dan Natt Membentuk Tim Magical Girls


Itu dia beberapa rekomendasi circle Comic Frontier 13 yang wajib kamu datengin. Kira-kira ada incaran kamu dari daftar di atas? Atau ada circle keren yang kami lewatkan? Beri tahu di kolom komentar ya, siapa tahu bisa jadi rekomendasi circle Comic Frontier 13 untuk teman-teman lainnya. Sampai ketemu di Balai Kartini Jakarta tanggal 7-8 September 2019!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: money.cnn.com

Kontroversi Logan Paul: Sebuah Kebablasan Berekspresi Di Era Internet dan Media Sosial

Tapi apa yang dilakukan Logan Paul di akhir tahun 2017 untuk konten channel YouTube dia, melewati apa yang disebut “cr.. more

00-d-ghost-parade

Ghost Parade, Game Indonesia Yang Buat Kejutan di Anime Expo 2018

Game platformer Indonesia Ghost Parade akan rilis di PS4, Switch dan PC oleh Aksys Games. Hal ini diumumkan di Anime Exp.. more

Series Fate. (Sumber: wallpaper abyss)

Fate Series: Dari Game PC Hingga Meraih Popularitas Di Smartphone

Fate series dimulai dari game Fate/stay night, dan kini melebar menjadi berbagai serial anime, manga, dan spinoff lain. .. more

J'adore

J’adore: Kisah Tentang Cinta dan Obsesi

Risa menyukai Arya yang usianya terpaut jauh. Arya sendiri mencintai Risa. Terlalu mencintainya. Simak kisah mereka di J.. more

Sabrina – Chapter 14: Sehangat Sentuhan Seorang Ibu

Gabrielle tidak habis pikir dengan jawaban Sabrina. Ia tahu, Sabrina memang lapar. Bukan keadaan perut yang Gabrielle in.. more