Citra Aquaman Lebih Bersinar Di Film Justice League? Yes or No?

1 year ago
Aquaman dari film “Justice League”. Sumber gambar: screenrant.com

Halo, bro sis! Belum pada bosen dengan tema “Justice League” dong?

Sebelumnya ada topik tentang mobil kerennya Bruce Wayne di film yang baru premiere tanggal 17 November itu. Ada pula soal Barry Allen a.k.a. The Flash yang ternyata fanboy girlband Korea Blackpink di film Justice League.

Sebagai fans komik superheroes, saya juga mau mengulik soal film Justice League ini. Saya akan ngomongin bagian yang menurut saya cukup ‘monumental’ dari film Justice League. Yaitu soal penggambaran Aquaman di dalamnya.

Poster Aquaman untuk film Justice League. Sumber gambar: bleedingcool.com

Poster Aquaman untuk film Justice League. Sumber gambar: bleedingcool.com

Aquaman adalah salah satu tokoh lawas DC Comics. Walau diperdebatkan, namun Aquaman sedikit banyak mungkin terinspirasi dari tokoh Marvel Comics yang bernama Namor the Sub-Mariner. Diciptakan oleh Paul Norris & Mort Weisinger, awalnya Aquaman tidak seperti yang kini terlihat. Dulu (terutama di Golden & Silver Age Comic Book era, alias tahun 1940an hingga 1960an) Aquaman terkesan sebagai karakter yang ‘ramah dan komedik’. Walaupun tercatat sebagai salah satu founder dari “Justice League” versi komik, dulu kesan yang ada dari Aquaman tidak mencerminkan karakter yang ‘badass’.

Desain Aquaman sebelum era modern. Sumber gambar: interwebtoday.com

Desain Aquaman sebelum era modern. Sumber gambar: interwebtoday.com

Kondisi ini diperparah dengan serial kartun “Super Friends” (tayang sejak 1973 hingga 1986 sebagai bagian acara populer televisi Amerika “Saturday Morning Cartoon”).

Serial kartun jadul Super Friends. Sumber gambar: youtube.com

Serial kartun jadul Super Friends. Sumber gambar: youtube.com

Di serial kartun tersebut, karakteristik Aquaman digambarkan sedikit culun. Walau berstatus “Raja dari Atlantis” tapi desain Aquaman di kartun Super Friends tidak mencerminkan kewibawaan seorang raja (ataupun superhero). Dengan menaiki kuda laut yang bernama Storm, Aquaman adalah salah satu karakter superhero yang paling sering diparodikan di era itu.

Raja dari Atlantis dengan kuda lautnya. Keliatan culun hehehe. Sumber gambar: superfriends.wikia.com

Raja dari Atlantis dengan kuda lautnya. Keliatan culun, hehehe. Sumber gambar: superfriends.wikia.com

Secara lore/origins di Earth-One (karena DC Universe menganut sistem tata dimensi ‘multiverse’ di mana ada banyak dunia paralel yang mirip, tapi berbeda satu sama lainnya) Golden Age, Aquaman memiliki nama Arthur Curry. Dia merupakan putra dari Tom Curry, seorang penjaga mercusuar dengan makhluk Atlantis bernama Atlanna. Karena memiliki darah Atlantis, Arthur memiliki kekuatan dan kemampuan yang dimiliki Atlantean (bangsa Atlantis). Dia dapat bernafas di dalam air, berenang dengan cepat, mampu berkomunikasi dengan makhluk samudera, menggunakan senjata seperti milik Dewa Poseidon (Trident) serta memiliki kekuatan besar jika dibandingkan dengan manusia / makhluk daratan.

Aquaman sebenarnya punya desain keren untuk karakter superhero. Sumber gambar: pinterest.com

Aquaman sebenarnya punya desain keren untuk karakter superhero. Sumber gambar: pinterest.com

Secara umum, Arthur Curry alias Aquaman memiliki semua persyaratan untuk dikategorikan sebagai ‘badass superhero’. Tapi citra paling lemah (jika dibandingkan superheroes lain) serta komedik dari era Silver Age / Super Friends terlanjur melekat di benak orang-orang.

Karena itulah pasca era Silver Age dan Super Friends, DC Comics mulai mati-matian dan serius melakukan re-branding karakter Aquaman di mata publik.

Aquaman mulai digambarkan lebih ‘edgy’. Lebih serius dan ‘gelap’. Hal itu untuk menghilangkan citra lama dia yang dianggap tidak lagi sesuai tuntutan zaman, di mana kini superheroes punya yin-yang alias sisi terang dan sisi gelap.

Mengubah citra culun menjadi citra badass. Sumber gambar: dccomics.com

Mengubah citra culun menjadi citra badass. Sumber gambar: dccomics.com

Hal ini dimulai tahun 1989 dengan komik Aquaman Special #1, di mana DC Comics menulis ulang origins/asal usul Aquaman dengan mengubah beberapa hal dari era lama dan menambahkan elemen modern ke dalamnya.

Diceritakan kalau Aquaman era modern lahir dengan nama Orin, dan merupakan putri dari Ratu Atlantis Atlanna. Karena memiliki rambut blonde (yang merupakan tanda kutukan bagi warga Atlantis) Orin ‘diasingkan ke permukaan’. Dia terdampar ke dunia atas dan ditemukan penjaga mercusuar Arthur Curry, yang memberikan Orin nama seperti dirinya “Arthur Curry”. Kelak Orin kembali ke Atlantis untuk menghadapi takdirnya sebagai raja.

Desain modern Aquaman pasca Silver Age. Sumber gambar: comicvine.gamespot.com

Desain modern Aquaman pasca Silver Age. Sumber gambar: comicvine.gamespot.com

Karena komik-komik superhero Amerika sering ditangani dan digambar oleh orang-orang berbeda, maka tak heran kalau kisah buatan mereka bisa berbeda-beda, tergantung siapa yang menulis naskah dan menggambarnya. Hal ini juga terjadi di Aquaman.

Design Aquaman cukup variatif. Sumber gambar: boybluesdcu.devianart.com

Design Aquaman cukup variatif. Sumber gambar: boybluesdcu.devianart.com

Di film Justice League, kisah Aquaman tidak dimulai dari salah satu origins yang ada. Ini mungkin merupakan cara cepat dari DC Comics membangun hype untuk film “Aquaman” solo yang sedang memasuki tahap pasca produksi dan akan dirilis tahun 2018 nanti.

Jason Momoa (Aquaman), James Wan (Sutradara) & Amber Heard (Mera, istri Aquaman) di lokasi syuting film Aquaman. Sumber gambar: comicbook.com

Jason Momoa (Aquaman), James Wan (Sutradara) & Amber Heard (Mera, istri Aquaman) di lokasi syuting film Aquaman. Sumber gambar: comicbook.com

Pemilihan Jason Momoa sebagai Arthur Curry/Aquaman juga terbilang mengejutkan awalnya, tapi sambutan meriah fans melegakan para produser di Warner Bros. Terkenal sebagai karakter macho Khal Drogo di serial tv fenomenal Game of Thrones  , Jason Momoa sukses memberikan kesan pertama pada Aquaman di layar lebar sebagai karakter dengan tampilan garang, ruthless, tapi tetap tampan dan menarik.

Desain Aquaman di film Justice League tampil macho. Sumber gambar: business2community.com

Desain Aquaman di film Justice League tampil macho. Sumber gambar: business2community.com

Kombinasi tersebut dibutuhkan untuk menampilkan citra baru Aquaman sebagai jagoan badass yang keren dan enggak culun seperti era lama. Melihat aksinya di film Justice League, para fans film superheroes DC Comics tentu makin tidak sabar menantikan film “Aquaman” tahun 2018 nanti.

Menurut bro sis, Aquaman lebih cocok culun seperti di kartun Super Friends atau gahar kayak di film Justice League? Pendapat bro sis bisa ditulis di bagian komen ya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(from : youtube.com)

Sophia : Robot Pertama di Dunia yang Mendapatkan Kewarganegaraan

Bro and Sis, tahukah kamu jika pada 26 Oktober 2017 lalu merupakan sebuah peristiwa bersejarah bagi Arab Saudi. Sebab un.. more

Sumber: static.srcdn.com & counter-currents.com

Pesan Moral Sutradara Zootopia dan Suicide Squad di Malam Oscars 2017

Tiap tahun, gelaran Oscars selalu punya kejutan yang spektakuler. Tahun ini apa ya?.. more

00-d-menggambar-komik-webtoon

Menggambar Komik Webtoon Dalam 3 Hari? Apa Rahasianya?

Komikus webtoon dituntut bisa menggambar komik webtoon dengan cepat. Ada yang bisa mengerjakan satu episode dalam 3 hari.. more

Sumber: Kerrang

Selain Paramore, Musisi-Musisi ini juga Pernah Batal Konser di Indonesia loh!

Lumayan banyak juga musisi-musisi top dunia yang pernah membatalkan konsernya di Indonesia karena alasan tertentu... more

Sumber: screenrant.com

Mengenal Elders of The Universe, Para Immortal di Dunia Marvel

Di dunia Marvel Universe yang sangat luas, ada sekelompok orang yang dikenal dengan sebutan Elders of The Universe. Sebu.. more