COMA Event, Wadah Bagi Pecinta Komik dan Pop Culture

2 years ago
(Sumber: http://uiupdate.ui.ac.id)

Pada 11 dan 12 Februari 2017 lalu, AKIPA dan SHIORI menggelar yang namanya COMA Event di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia. Siapa sih AKIPA dan SHIORI? AKIPA adalah komunitas pop culture Jepang yang dibentuk oleh mahasiswa Universitas Indonesia. Nah, kalo SHIORI tuh salah satu divisi AKIPA yang khusus membidangi ilustrasi, komik, dan cerita. COMA Event ini diadakan sebagai wadah bagi kreator Indonesia dalam memasarkan karya mereka dan berinteraksi dengan konsumen-konsumen mereka secara riil dalam bentuk pasar komik.

Booth-booth yang memajang karya-karya kreatif memenuhi beberapa ruangan dan koridor-koridor Pusat Studi Jepang, UI. Nggak cuma souvenir-souvenir lucu, karya komik, dan cemilan-cemilan unik yang ada di sini. Tapi ada talkshow, workshop, dan acara lelang juga loh.

CIAYO Comics juga ikut ngisi acara. Esa si “Jendral Pavlichenko” jadi perwakilan CIAYO Comics dalam salah satu sesi talkshow dengan tema “Perkembangan Komik Online di Indonesia”.

Esa si "Jendral Pavlichenko" dalam talkshow bertema “Perkembangan Komik Online di Indonesia”

Esa si “Jendral Pavlichenko” dalam talkshow bertema “Perkembangan Komik Online di Indonesia”

 

Pengunjung talkshow “Perkembangan Komik Online di Indonesia”

Pengunjung talkshow di Auditorium Pusat Studi Jepang, UI

Selain CIAYO Comics, ada juga Ipin sebagai pembicara dengan tema “Yuk, Ngomik Strip”, Orion yang ngebahas “Suka Duka Jadi Komikus”, dan workshop bersama Brush Studio.

Pembicara dalam talkshow COMA Event (Sumber: comaevent.com)

Pembicara dalam talkshow COMA Event (Sumber: comaevent.com)

CIAYO Comics juga buka booth untuk kenalan sama para pengunjung, sekalian infoin CIAYO Comics One-Shot Challenge atau tantangan membuat komik one shot yang masih berjalan.

Booth CIAYO Comics di COMA Event (CIAYO Pictures)

Booth CIAYO Comics di COMA Event (CIAYO Pictures)

Waktu tim CIAYO Comics muter-muter dan interview pengunjung, ternyata banyak loh yang gambarnya kece-kece. Selain itu, beberapa cosplayer juga seliweran meramaikan event ini. Hawa-hawa kreatif berasa banget deh pokoknya.

Tim CIAYO Comics ngobrol-ngobrol dengan pengunjung COMA Event (CIAYO Pictures)

Tim CIAYO Comics ngobrol-ngobrol dengan pengunjung COMA Event (CIAYO Pictures)

Meski sempet ujan, pengunjung dan para pemilik booth tetap semangat sampe event kelar. Buat liat event selengkapnya, yuk tonton di sini!

Nah, kira-kira sekolah atau kampus kamu pengen didatengin CIAYO Comics nggak? Kalau kamu tertarik, bisa tulis email ke hello@ciayo.com dan kasih tahu kami yah.

Untuk kalian yang belum tau apa itu CIAYO, kami adalah platform komik Indonesia Online. Disini, kalian bisa membaca komik digital Indonesia, dan kalian bisa membaca komik online gratis dengan berbagai macam genre dan judul komik yang bisa kalian pilih. Nah itu dia sedikit perkenalan tentang CIAYO.

 

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

CIAYO One Shot Challenge Vol.2 Berhadiah Lebih Dari 100 Juta Rupiah!

CIAYO One Shot Challenge Vol.2 Berhadiah Lebih Dari 100 Juta Rupiah!

Setelah sukses dengan event yang pertama, CIAYO Comics One-shot Challenge Vol.2 hadir lagi dengan tantangan baru, makin .. more

Call of Duty: WW II (sumber: Kotaku)

Selalu Berlatar Perang Dunia 2: Apakah Latar Non Perang Dunia 2 Memang Kurang Komersil Untuk Dijadikan Latar Game Perang?

Game Berlatar Belakang Perang Dunia ke-2 memang selalu jadi hal seru. Tapi apa iya selalu harus tentang Perang Dunia ke-.. more

Sumber gambar: himi.wpblog.jp

[Museum Ninja Hattori] Kampung Halaman Pencipta Ninja Hattori Kini Jadi Pusat Wisata!

Jadi mangaka “Fujiko Fujio” adalah sebuah team yang terdiri dari dua orang berbeda dan menghasilkan karya-karya yang.. more

(sumber: Screen Rant)

Storyline Flashpoint di DCEU: Apakah Rana Sinematik DC Memang Memerlukan Reboot Segar?

Flashpoint adalah storyline komik top DC yang ditulis oleh Geoff Johns dan dirilis dari bulan Mei hingga Agustus 2011. T.. more

(Sumber: tumblr)

Stalker/Sasaeng Fans: Kisah Horror Para Idol

Gemerlap dunia hiburan memang gak segalanya indah. Di balik kesuksesan yang diraih, tetap ada sesuatu yang harus dikorba.. more