Meski Sedang Asian Games, Comic Frontier 11 Tetap Ramai

5 months ago
00-d-report-comic-frontier-11

Semarak Asian Games 2018 tak menghalangi penggila pop culture untuk menghadiri acara Comic Frontier 11. Diadakan bertepatan saat pembukaan Asian Games tanggal 18-19 Agustus 2018, Comifuro 11 mampu menjaring ribuan pengunjung yang tertarik dengan perkembangan pop culture dan industri kreatif.

Seyogiyanya Comifuro merupakan acara yang berkiblat pada Comic Market di Jepang, dimana kreator komik, novel, game, musik, dan lain-lain, unjuk karya dalam sebuah “bazaar” raksasa. Tak hanya jadi tempat “khilaf,” Comifuro 11 juga jadi tempat belajar bagi para kreator pemula, karena menghadirkan bintang tamu yang informatif serta segar.

Penasaran seperti apa acaranya? Simak liputan CIAYO Blog berikut ini!

Baca Juga: Comic Frontier, Comiket Ala Indonesia

Surganya Kreator

comic frontier 11

Sumber: CIAYO Pictures

Sejak dibuka, Comic Frontier 11 memang banyak diserbu pengunjung. Mereka datang mencari komik, novel, musik, game, serta berbagai merchandise yang mereka sukai. Entah itu karya original maupun fan works, keduanya senantiasa jadi incaran.

Para kreator datang berjualan di Comifuro 11 karena berbagai alasan. Ada yang ingin menambah pengalaman, cari untung, atau sekedar bertemu sesama kreator. Apapun alasannya, antusiasme kreator sama besarnya dengan pengunjung yang sengaja menyiapkan uang banyak demi membeli merchandise kesukaan mereka.

Belajar dan Berbagi Ilmu

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Tak hanya berjualan, para kreator juga saling berbagi di Comic Frontier 11. Beberapa kreator diundang ke atas panggung Comic Frontier untuk sharing pengalaman mereka dalam berkecimpung di industri kreatif. Salah satunya adalah sesi sharing yang diisi oleh komikus Timoon, Kyriepoda, yang membagikan cara mencari ide-ide unik dalam membuat komik.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Bahkan CEO dari CIAYO Corp, Borton Liew pun turut naik ke atas panggung untuk memberi pengetahuan tentang mengembangkan IP komik Indonesia.

Sumber: Comic Frontier

Sumber: Comic Frontier

Ada pula sesi sharing dari Kisai Entertainment tentang cara mengubah naskah cerita menjadi komik. Kisai Entertainment merupakan salah satu partner CIAYO Comics yang menyajikan berbagai komik menarik seperti Between Hearts dan Luminous.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Satu penampilan menarik dari panggung Comic Frontier 11 dibawakan oleh Inan, komikus Komik MS Paint serta salah satu editor Kisai Entertainment. Sambil memainkan ukulele, ia membawakan dongeng dengan cerita anti mainstream.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Hiburan lainnya juga dibawakan oleh unit vokal Nanairo Symphony yang membawakan beberapa lagu anime populer. Selain itu, penampilan DJ Lazurite serta DJ Sunamori dari Jepang menjadi penutup acara Comifuro 11. Pengunjung pun turut meramaikan panggung hiburan dengan berkaraoke di setiap pembukaan Comifuro 11.

CIAYO Comics di Comic Frontier 11

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Selain tampil di panggung Comic Frontier 11, CIAYO Comics juga punya booth besar dengan tema Jejepangan. Jika di Game Prime 2018 ada SDN CIAYO, maka di Comic Frontier 11 jadinya adalah CIAYO Gakuen!

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Pengunjung yang datang ke booth CIAYO Comics bisa mengikuti berbagai activity seperti kingyo sukui (memancing ikan) atau shooting gallery yang dibuka CIAYO Games. Pengunjung juga bisa membeli merchandise CIAYO Comics seperti kaos, tote bag dan lain-lain. Rasanya seperti sedang di festival musim panas, ya?

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Ada pula sesi portfolio review dimana kreator bisa mendapatkan input untuk komiknya dari editor CIAYO Comics. Selain itu, ada pula sesi meet and greet bersama komikus Blue Serenade, Between Hearts, Love Suck, dan lain-lain.

Baca Juga: Meriahnya Comic Frontier X Bersama CIAYO Comics


Gimana keseruan di Comic Frontier 11 barusan? Apa kamu ada di sana? Habis khilaf beli apa saja di Comifuro 11? Jangan lupa buat bagikan pengalaman kamu di kolom komentar!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

10 Game PS1 ini Bikin Kangen Berat!

Masih ingat dengan masa kecil saat bro sis asyik main Playstation? 10 game PS1 ini dijamin bisa mengobati rasa-rasa nost.. more

00-d-transformers-resident-evil

Sering Dihujat, Film Resident Evil dan Transformers Tetap Laris

Film Transformers dan Resident Evil selalu jadi sasaran kritikus pedas. Review negatif ternyata tidak menghentikan produ.. more

Sumber: michibiku.com

Game Asal Jepang Ini Malah Populer di Cina, Lho!

Ada sebuah mobile game menarik asal Jepang bernama “Tabi Kaeru” / “Travel Frog” yang sedang nge-hits banget di C.. more

Mangafest Mythophobia, Festival Budaya Populer Jepang Besutan HIMAJE UGM

Mangafest UGM adalah festival budaya populer Jepang yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMAJE) UGM. Ta.. more