Comic Frontier 11 Sambut Asian Games Dengan Semangat Kreativitas

1 month ago
00-d-comic-frontier-11-pr

Berbagai macam karya kreatif dari para kreator dalam negeri saat ini sudah mulai menunjukkan potensinya yang tidak bisa diremehkan lagi. Setiap harinya ada ratusan judul komik baru dipersembahkan oleh kreator dalam negeri untuk para pecinta komik di seluruh penjuru negeri. Tidak sedikit dari komik karya kreator dalam negeri juga sudah mampu membangun basis penggemar (fanbase) yang besar dan memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan komik luar.

Semangat kreativitas kembali dihadirkan oleh Comic Frontier dengan mengadakan kembali acara yang diselenggarakan dua kali dalam setahun ini. Setelah penyelenggaraan Comic Frontier X pada bulan Maret lalu, Comic Frontier 11 akan hadir tepat pada pembukaan ajang olahraga akbar Asian Games 2018.

Baca Juga: Comic Frontier, Comiket Ala Indonesia

Comic Frontier 11 Hadir Membawa Semangat Kreativitas

Comic Frontier 11 poster

Sumber: Comic Frontier

Dalam setiap penyelenggaraannya, Comic Frontier selalu menghadirkan illustrasi unik yang berbeda pada setiap eventnya. Untuk menyambut Asian Games 2018, Comic Frontier 11 menghadirkan illustrasi dengan tema semarak sportivitas. Illustrasi ini dibuat oleh salah satu kreator berbakat dari dalam negeri yaitu Sen-Jou. Berbagai illustrasi unik dan kreatif karya Sen-Jou bisa dilihat langsung dalam galeri yang ia buat di laman Facebook dan DeviantArt miliknya.

Berbicara mengenai kreativitas, Comic Frontier selalu menghadirkan semangat kreativitas kepada seluruh kreator dan juga para pecinta produk kreatif di Indonesia. Dalam mewujudkan semangat kreativitas ini, Comic Frontier selalu memberikan wadah bagi para kreator untuk menunjukkan eksistensi karya kreatifnya kepada ribuan pengunjung yang datang. Ada lebih dari 400 kreator dan komunitas kreatif dari dalam negeri yang ikut berpartisipasi dalam acara kali ini.

“Untuk Comic Frontier ke-11 kali ini, sudah ada lebih dari 400 kreator baik itu perorangan maupun komunitas dan lingkar kreatif yang ikut serta untuk mempersembahkan beragam karya kreatifnya kepada para pengunjung yang hadir.” Ujar Sudwi Karyadi, ketua penyelenggara Comic Frontier.

04-comic-frontier-x

Sumber: CIAYO Pictures

Tidak hanya kreator perorangan dan komunitas, berbagai perusahaan yang bergerak di industri komik juga berpartisipasi dalam Comic Frontier 11. Dari industri penerbitan komik cetak ada majalah komik Re:ON Comics dan penerbit Koloni yang ikut serta. Dari industri platform komik online CIAYO Comics dan Comico Indonesia juga turut berpartisipasi di Comic Frontier 11Bumi Langit, perusahaan yang menaungi berbagai komik superhero legendaris asal Indonesia seperti Si Buta dari Gua Hantu dan Gundala juga hadir memberikan semangat kreativitas dalam acara kali ini.

Baca Juga: Meriahnya Comic Frontier X Bersama CIAYO Comics

Comic Frontier 11 diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 18-19 Agustus 2018, bertepatan dengan pembukaan Asian Games 2018. Venue dari Comic Frontier kali ini masih bertempat di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Ini adalah ketiga kalinya acara ini diselenggarakan di Kartika Expo, Balai Kartini sejak penyelengaraan Comic Frontier 9 pada tahun 2017 lalu.

Tiket masuk Comic Frontier 11 kali ini dijual dengan harga Rp30.000. Tiket bisa dibeli langsung di tempat saat acara berlangsung. Penjualan tiket dibuka sejak pagi agar bisa mengantisipasi antrian pengunjung yang ingin berpartisipasi dalam acara ini.

Sekilas Tentang Comic Frontier

01-comic-frontier-x

Sumber: CIAYO Pictures

Comic Frontier merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator professional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi di:

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 2: Berapa Lama Aku Harus Menunggu?

Siapa sih yang suka nunggu? Nggak ada yang suka nunggu lama-lama. Sabrina nyoba buat ngelatih kesabarannya. Tapi berapa .. more

Beny Maulana, Head of Comics Division CIAYO Corp

Beny Maulana: Target Tahun Ini 100 Judul Komik Official di CIAYO Comics

Tahun ini CIAYO Comics dikabarkan telah mematok target untuk merilis 100 judul komik official yang akan terbit setiap mi.. more

Rage in Peace: Game Platformer Dengan Berbagai Cara Untuk Mati!

Toge Productions dan Rolling Glory mengenalkan game Rage in Peace, platformer dimana bro sis bisa merasakan berbagai car.. more

Monster Hunter. Game berburu monster buatan Capcom sejak 2004. Sumber gambar: monsterhunter.wikia.com

Monster Hunter: Sebuah Game Monster vs Sekelompok Hunter

Inilah game yang popularitasnya termasuk tinggi di kalangan gamers yang doyan melakukan sesuatu secara bersama-sama. Mon.. more

Heboh Langit Berpetir di Instagram Marcelino, Ini Penjelasannya

Lama vakum dari layar kaca, aktor berbadan tegap Marcelino Lefrandt tetap berkiprah di dunia hiburan. Namun, kini ia leb.. more