Comic Frontier 12: Ratusan Kreator Siap Unjuk Kebolehan

6 months ago
Sumber: Comic Frontier

Tonggak kebangkitan industri kreatif di Indonesia sudah semakin nampak di depan mata. Para kreator muda berbakat dari seluruh pelosok Indonesia kini mulai melahirkan hasil karya kreatifnya kepada masyarakat luas. Setiap pekan, ada ratusan judul komik baru dan animasi singkat hasil karya kreator dalam negeri yang dirilis kepada jutaan penggemar di media sosial. Semaraknya kreasi komik dan animasi karya kreator dalam negeri ini mewujudkan kembalinya acara Comic Frontier 12 di tahun ini.

Perkembangan industri kreatif di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peran penyelenggaraan berbagai ekshibisi kreatif yang ada di Indonesia. Sebagai pelopor ekshibisi pasar kreatif terbesar di Indonesia, pada awal tahun 2019 ini Comic Frontier kembali diselenggarakan. Setelah hampir 7 tahun lamanya, pada tahun ini Comic Frontier ke-12 akan diselenggarakan pada tanggal 23 dan 24 Februari 2019.

comic frontier 11
Sumber: CIAYO Pictures

Sejak tahun 2012, Comic Frontier hadir sebagai wadah tempat para kreator lokal untuk tampil menghadirkan karya kreatifnya kepada para pengunjung dan sesama kreator yang hadir. Pada acara yang ke-12 ini ada sekitar 500 insan kreatif yang telah tergabung. Hadirnya ratusan insan kreatif ini semakin menambah semarak kreativitas yang ada di acara ini.

Para insan kreatif yang tergabung di Comic Frontier 12 terdiri dari berbagai macam latar belakang kreatif. Mulai dari kreator komik, illustrasi, musik, hingga game tergabung dalam acara ini. Selain itu berbagai komunitas kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia juga turut hadir serta menjadi bagian kemeriahan kreatif di acara ini.

Baca Juga: Meski Sedang Asian Games, Comic Frontier 11 Tetap Ramai

Sumber: CIAYO Pictures
Sumber: CIAYO Pictures

Dengan adanya ratusan insan kreatif tergabung, para pengunjung bisa melihat berbagai produk kreatif karya para kreator berbakat dalam negeri dalam acara Comic Frontier 12. Tidak hanya itu saja, kehadiran ratusan kreator dalam satu wadah ini juga membuka kesempatan kolaborasi kreatif yang sangat lebar kepada seluruh kreator yang hadir. Tidak sedikit juga para penggemar karya kreatif yang datang untuk berkumpul bersama para kreator lain yang tergabung di berbagai komunitas kreatif yang ada.

Kolaborasi kreatif menjadi salah satu semangat utama dalam setiap penyelenggaraan Comic Frontier. Pada setiap acara Comic Frontier selalu berkolaborasi dengan kreator berbakat dari dalam negeri dalam pembuatan poster resminya. Untuk acara kali ini, poster resmi acara ini dipersembahkan oleh kreator dengan nama pena Lien Tsu.

Sumber: Comic Frontier
Sumber: Comic Frontier

Comic Frontier 12 akan diselenggarakan di gedung Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan. Tempat ini telah menjadi tempat penyelenggaraan Comic Frontier ke-9 di tahun 2017 hingga sekarang. Tiket masuk acara ini bisa dibeli dengan harga Rp30.000 di loket tiket yang dibuka langsung di tempat acara. Loket tiket mulai beroperasi sejak pagi guna mengantisipasi antrian pengunjung kreatif yang sudah sangat antusias menjadi bagian gerakan kreatif dalam acara ini.

Tentang Comic Frontier

Comic Frontier merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator professional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Teriakan Berdarah – File 004 Bayangan Masa Lalu

Bayangan masa lalu masih sangat jelas terlintas di pikiranku. Siapa dia? Apakah orang yang sama?.. more

00-d-tekad

TEKAD: Agen Rahasia Menyusup Ke Sekolah Berandal

Dalam komik TEKAD, demi mewujudkan keinginannya untuk naik jabatan, seorang agen rahasia bernama Fahri menjalankan misi .. more

Ini Dia Cara Submit Komik Ke CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

Bingung gimana cara submit CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Tutorial ini punya tahapan tepat untuk submit komik kamu!.. more

Indonesia Punya Nasi Goreng, Jepang Punya Omurice

Sejarah Omurice dimulai di Jepang. Awalnya dikenal sebagai menu di restoran wilayah Ginza Tokyo Jepang yang meng-khususk.. more

Kerja keras vs bakat

Kerja Keras vs Bakat, Siapa yang akan Menang? [Part 2]

Dari banyak riset yang dilakukan oleh banyak peneliti, kemampuan yang dianggap sebagai bakat ternyata juga didapatkan da.. more