Comic Frontier, Comiket Ala Indonesia

3 months ago
(www.comifuro.net)

Bro sis ada yang datang ke Comic Frontier? Itu loh, acara yang lebih dikenal dengan sebutan Comifuro. Tapi udah pada tau belum sih perjalanan di balik Comifuro ini?

Comic Frontier (CF) adalah acara eksibisi yang menjadi tempat bagi pembuat karya kreatif independen untuk menyalurkan minat dan bakat. Nah, bro sis masih inget sama Comiket kan? Itu loh pasar doujinshi terbesar di dunia yang diadakan di Jepang.

Comifuro ini adalah Comiket versi Indonesianya. Sama seperti Comiket, di sini partisipan dapat menyebarkan karyanya secara langsung dengan cara berjualan dan bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama yaitu pecinta komik.

Comiket 86 (blog.animeinstrumentality.net)

Comiket 86 (blog.animeinstrumentality.net)

Pssst, partisipan Comifuro sendiri punya julukan khusus loh! Namanya Circle, yang dapat diartikan sebagai individu atau kelompok orang yang memiliki tujuan yang sama dalam berkarya.

 

Poster Comic Frontier 9 (www.comifuro.net)

Poster Comic Frontier 9 (www.comifuro.net)

Bulan ini, Comifuro hadir untuk ke 9 kalinya di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta. Comifuro merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pada awalnya hanya merupakan acara kecil yang bersanding dengan Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI) 2012. Digagas oleh sekelompok mahasiswa jurusan Sastra Jepang UI 2008. Kalau dulu namanya Comic Frontier Akipa x Gelar Jepang 2012 dan hanya dapat menampung sebanyak 35 lingkar kreatif. Tapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya industri kreatif di Indonesia, akhirnya CF dapat menjadi sebesar sekarang.

(scdc.binus.ac.id)

(scdc.binus.ac.id)

Walaupun bersanding dengan Gelar Jepang Universitas Indonesia, namun sejak awal manajemen dan tujuannya sudah terpisah. Selain adanya penjualan komik dan merchandise, talkshow bersama para kreator, live music, ada juga para cosplayer yang ikut memeriahkan acara ini. Gak lupa, acara-acara lain yang diadakan atas dasar inisiatif dari komunitas-komunitas yang hadir pada acara ini.

Mulai dari Comic Frontier 3, Comifuro tidak lagi berbarengan dengan acara Gelar Jepang UI. Oh iya, sejak Comic Frontier 7, pengunjung dikenai biaya masuk. Kalau pas Comic Frontier 9 kemarin, harga tiketnya mencapai 25.000 rupiah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan bagi circle dan pengunjung seperti lokasi indoor, pendingin udara, dan venue yang lebih luas untuk menampung jumlah pengunjung yang lebih banyak.

Salah satu Poster Promosi dari Author Lokal (Twitter : @Rieeen17)

Salah satu Poster Promosi dari Author Lokal (Twitter : @Rieeen17)

Tidak ada tema khusus dari tahun ke tahun dalam acara ini. Setiap tahun konsepnya sendiri sama, yaitu pasar doujinshi. Sisanya digunakan untuk merangkul komunitas – komunitas yang ada. Perbedaanya sendiri didefinisikan oleh circle atau pengisi booth. Karena mungkin mayoritas konten kreatif di CF berasal dari anime/manga/game dari “Negeri Sakura”, jadi gak heran kalau kontennya bersifat musiman, tergantung dari apa yang sedang populer.

Booth di Comifuro (kaorinusantara.or.id)

Booth di Comifuro (kaorinusantara.or.id)

Walaupun begitu, karya kreatif original anak bangsa justru banyak peminatnya loh di CF ini. Memang promosinya tidak terlalu besar, namun cukup untuk membuat isi stand ludes. Iya, jangan salah. Justru karya original anak bangsa seperti judul komik seru ini yang paling cepat habis. Jadi kalau bro sis nge-fans sama author/artist komik Indonesia atau komik lokal dan ingin berburu merchandise-nya, disarankan untuk datang saat venue baru dibuka. Biar gak nyesel karena kehabisan.

Cosplayer Aliga as Kizuna (Facebook : Comifuro)

Cosplayer Aliga as Kizuna (Facebook : Comifuro)

Selalu ada peningkatan pengunjung setiap tahun yang signifikan di acara ini. CF7 misalnya, jumlahnya mencapai 7.500an untuk dua hari. Sedangkan CF8 mencapai 8.000an pengunjung dalam waktu sehari. Dan terakhir, kemarin CF9 menembus angka 13.000 pengunjung dalam 2 hari. Data ini hanya dari jumlah tiket yang terjual, belum termasuk pengisi acara, stand dan tenant lainnya. Total angka yang menakjubkan untuk acara yang baru berjalan sekitar 6 tahun ini.

Keseruan Comifuro 9 (Facebook : Comifuro)

Keseruan Comifuro 9 (Facebook : Comifuro)

Cosplayer di Comifuro 9 (Twitter : @Zashache)

Cosplayer di Comifuro 9 (Twitter : @Zashache)

Sayang, cosplay yang ada hanya mengenai anime/manga Jepang. Belum ada IP lokal yang benar – benar dipromosikan. Oh iya, bro sis juga jangan heran kalau misalnya melihat poster Comifuro tiap tahun punya warna tersendiri. Karena pihak Comifuro sendiri memang meng-komisi circle / illustrator khusus untuk menggambar poster official. Nantinya akan ada sesi sendiri untuk memperkenalkan sang artist di panggung. Kalau tahun lalu, ilustrasi poster dibuat oleh Soyatu. Tahun ini poster resminya dibuat oleh Pikomint (twitter : @PMint_ito).

Poster Comifuro 8 (www.comifuro.net)

Poster Comifuro 8 (www.comifuro.net)

(pbs.twimg.com)

(pbs.twimg.com)

Yah, pihak penyelenggara berharap dapat membuka wadah yang lebih besar dan merangkul lebih banyak komunitas yang beragam dengan konten kreatif di Indonesia. Sudah gak sabar kan untuk mengikuti keseruan Comifuro 10?

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Jalanan yang bersih dan tertata. (Sumber: fecielo)

Ternyata Inilah Alasan Mengapa Orang Jepang Sangat Menjaga Kebersihan!

Kalau jalan-jalan ke Jepang, kita bisa dengan mudah menemukan tempat pemandian air panas untuk umum maupun private. Temp.. more

(Sumber: www.jobnjoy.com)

Model Plus-Sized Asal Korea Selatan: No More Body Shame!

Untuk jadi model, kamu ga harus punya tubuh yang kurus loh. Gak percaya? Nih, Plus Sized-Model asal Korea Selatan, Yeom .. more

Zero Cosplay Indonesia

Zero Cosplay Indonesia, Jagonya Cosplayer Jakarta

Nama komunitasnya Zero Cosplay Indonesia. Seru juga tuh bahas tentang komunitas cosplay yang aktif dan cukup eksis di Ja.. more

Indonesia Comic Con

Indonesia Comic Con 2017 Bertabur Cosplayer Dalam dan Luar Negeri, Mana Yang Paling Bagus?

Perhelatan Indonesia Comic Con 2017 telah selesai dilaksanakan. Acara yang diadakan di Jakarta Convention Center, Sabtu .. more

(ablcinema.net)

5 Serial Superhero Terpopuler di Tahun 90-an

Berbicara mengenai generasi 90-an, kegiatan menonton televisi masih menjadi hiburan terfavorit. Kebahagiaan terbesar ana.. more