Comic Girls: Suka Duka Gadis Remaja yang Bercita-cita Menjadi Komikus

3 weeks ago
comicgirls-banner

Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi komikus? Jika kalian ingin menjadi komikus terkenal, banyak tantangan yang harus dilewati, apalagi jika awalnya kalian belum memiliki kemampuan dalam segi penceritaan ataupun gambar. Latihan dan terus berlatih akan meningkatkan kemampuan kalian dan perlahan membuat kalian terbiasa dalam membuat suatu cerita dalam bentuk komik.

comicgirls-poster

Poster Comic Girls (Sumber: myanimelist.net)

Menjadi Komikus Bersama Comic Girls

Seperti yang diceritakan dalam anime Comic Girls, gadis remaja 15 tahun bernama Kaoruko Moeta bercita-cita menjadi author komik terkenal dan menggunakan nama pena Kaos. Jalannya terjal karena dia mendapat nilai terendah dalam angket perlombaan yang diikutinya. Kaos-sensei—nama panggilannya di dunia komik—mendapat saran dari editornya untuk pindah dan tinggal di asrama putri yang ditempati khusus oleh mangaka seumurannya agar dapat menyerap ilmunya dan bisa memperbaiki komiknya.

Video Promosi Comic Girls 

Ketika baru pindah, Kaos-sensei disangka sebagai anak SD oleh teman-teman satu asramanya lantaran tubuhnya yang mungil. Di asrama itu, dia mendapat teman sekamar bernama Koyume Koizuka yang seorang penulis manga shoujo pemula sepertinya. Kaos-sensei juga berkenalan dengan penghuni asrama lain, yaitu penulis manga roman remaja bernama Ruki Irokawa dan juga Tsubasa Katsuki, penulis manga shonen. Keduanya telah menapaki jalur professional terlebih dulu dan selalu berkejaran dengan tenggat dari editor masing-masing.

Baca juga: Siap Bertempur? Inilah Peralatan Perang Komikus Digital CIAYO Comics

comicgirls-wanita

Empat komikus dalam Comic Girls (Sumber: horriblesubs.info)

Kaos-sensei pada awalnya minder lantaran dia yang terlihat paling tidak berbakat di antara yang lain. Pengajuan komiknya pun selalu ditolak oleh editornya. Puncaknya terjadi ketika Koyume mendapat serialisasi komik dan mulai menapaki jalur profesional. Meskipun begitu, teman-temannya terus menyemangatinya dan memintanya jangan menyerah. Bahkan editornya yang menurutnya galak pun turut memberinya dukungan lantaran melihat potensinya yang bagus.

comicgirls-hangout

Kaos-sensei dan Koyume, teman sekamarnya (Sumber: horriblesubs.info)

Comic Girls berhasil terkemas menjadi jalinan cerita yang utuh hingga akhir

Dari segi cerita, Comic Girls memiliki plot yang mudah dicerna oleh para penontonnya. Walaupun berawal dari manga 4-koma yang biasanya ceritanya tidak terlalu panjang, Comic Girls berhasil dikemas menjadi suatu jalinan cerita yang utuh hingga akhir. Kisah keseharian gadis remaja yang berbalut komedi pun sukses diterapkan dalam anime yang keluar pada musim panas 2018 ini. Dengan jumlah 12 episode, Comic Girls dikemas dengan cukup, tidak dipanjang-panjangkan maupun tidak dipaksakan untuk berakhir.

comicgirls-laying

Tsubasa dan Ruki, teman seasrama Kaos-sensei (Sumber: horriblesubs.info)

Karakter gadis imut berhasil ditampilkan dengan cukup matang oleh para animator dari studio Nexus. Masing-masing karakter dibuat dengan ciri khas tertentu, seperti Ruki Irokawa yang masih remaja namun dianggap sudah dewasa dan berpengalaman oleh para penggemarnya; Tsubasa Katsuki yang berpenampilan tomboy dan menggilai segala hal yang berhubungan dengan shonen; ataupun Suzu Fuura, penghuni asrama yang tampil belakangan, ternyata adalah komikus misteri dan sangat menjiwai sosoknya yang misterius walaupun terlihat seperti gadis normal kala di sekolah.

Baca juga: Tantangan dan Harapan Komikus Indonesia

comicgirls-kawaii

Kaos-sensei, karakter utama nan mungil (Sumber: horriblesubs.info)

Walaupun demikian, karakter utama tetap terlihat paling menonjol. Kaos-sensei yang mungil, pemalu, dan memiliki kepercayaan diri yang rendah justru membuat penonton ingin selalu menyemangatinya agar dia bisa berjuang lebih lanjut. Warna rambut merah muda dan tubuh kecilnya tak membuatnya tertutup oleh kehadiran karakter lain. Tujuan hidupnya yang belum tercapai, berbeda dengan karakter lain, membuat dirinya pantas menjadi tokoh utama.

comicgirls-telepon

Background hasil tracing disesuaikan dengan kondisi meja editor sebenarnya (Sumber: horriblesubs.info)

Untuk gambar latar belakang disesuaikan dengan kondisi cerita, dominasi warna pastel dan bernuansa ceria, walaupun terkadang ada pula gambar hasil tracing dari dunia nyata sehingga karakter yang ada seolah-olah hanya menempel di gambar, tetapi tidak mengurangi kesenangan dalam menonton.

Baca juga: Siapa Bilang Penulis Nggak Bisa Sekeren Komikus? Pede Aja Kali!

Pengisi suara para karakternya pun cukup menjiwai. Hikaru Akao—pengisi suara Kaos-sensei—mampu mengisi suara gadis pemalu nan minder dengan sangat baik walaupun dia terhitung masih pendatang baru. Lagu pembuka dan penutupnya pun dibuat ceria, dinyanyikan oleh para pengisi suara, khas anime yang cocok ditonton di kala senggang.

comicgirls-musimgugur

Empat sahabat disatukan dalam sebuah asrama (Sumber: horriblesubs.info)

Skor 7.57 pun disematkan oleh sekitar 25 ribu penontonnya yang tergabung dalam forum myanimelist.net. Kesimpulan yang dapat diambil, tidak ada yang percuma dari sebuah perjuangan, apalagi untuk menggapai tujuan hidup. Apa tujuan hidupmu? Ingin menjadi komikus? CIAYO Comics siap menampung komik kalian.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Sumber: youtube.com

Mahoutsukai no Yome: Kehidupan Sehari-hari Seorang Magus dan Murid yang Dicintainya

Para penikmat anime musiman, terutama yang mengikuti anime musim gugur 2017 dan musim dingin 2018 ini, pasti pernah mend.. more

BEKRAF Game Prime 2017, Hari Raya Bagi Gamers dan Insan Kreatif

BEKRAF Game Prime 2017 sukses digelar. Tahun ini Badan Ekonomi Kreatif Indonesia bekerjasama dengan Duniaku Network dan .. more

Dragon Ball Super 123: Kekuatan Maksimal Super Saiya Jin Blue!

Pembuka episode diawali dengan adegan terkaparnya Vegeta setelah diserang oleh Laser Merah dari Jiren... more

Sumber: money.cnn.com

Fenomena Overwork di Korea yang Semakin Parah

Liburan biasanya menjadin momok yang paling ditunggu oleh semua orang. Tapi beda dengan di negara ini. Masyarakatnya jus.. more

Sumber: outerhaven.com

Warriors All-Stars: Game Crossover Terbaru Koei Tecmo

Bro sis gamers tentu pernah melihat, bermain, atau malah ngefans dengan serial game “Musou” atau di versi Inggris di.. more