[COMIC HACK] Belajar Digital Coloring Bersama Beny Maulana Yuk!

2 weeks ago

Mewarnai secara digital tentu tidak mudah, selain harus memahami software yang kamu gunakan, kamu juga harus tau tips dan trik agar membuat gambar kamu menjadi lebih hidup. Sebagai komikus, illustrator dan artist pemula,  kamu pasti sering menemukan kesulitan untuk mewarnai secara digital. Apalagi saat dikejar deadline untuk tugas kuliah atau pekerjaan, mewarnai dengan cepat tentunya menjadi skill yang wajib untuk dikuasai. Beny Maulana selaku Head of Comics Division CIAYO Corp punya tips dan trik nih mewarnai secara simple dan cepat. Tak tanggung-tanggung, beliau juga membagikan tiga rumus penting dalam digital coloring. Mau tau gimana? Yuk disimak!

Menurut Beny pribadi, terdapat tiga rumus dasar yang harus diperhatikan saat mewarnai. Yang pertama adalah warna dasarnya, bayangan dan highlight.

Warna dasar.

Warna dasar.

Beny juga turut mempraktekkan secara langsung dalam gambar karakter Velius, tokoh antagonis di Red Deimos. Ia mengungkapkan bahwa bayangan sangat mempengaruhi kesan dan temperatur sebuah karakter. “Dan bayangan pula lah yang membentuk bendanya, jadi jangan takut-takut ya untuk ngasih bayangan ke objek yang kita warnai.” kata Beny. Oiya, gradasi juga harus diperhatikan agar tidak terlalu dekat!

Bayangan.

Bayangan.

Pada software Photoshop, Beny juga biasanya menggunakan layer multiply untuk shadingnya. Selain ‘bayangan’, rumus ketiga adalah highlight, yang merupakan kebalikan dari shading. Jika shading harus diberikan secara berani, justru hightlight hanya diberikan di tempat-tempat tertentu saja agar lebih menonjol. Penempatannya biasanya diberikan di objek-objek yang dapat memantulkan cahaya, seperti ujung rambut, hidung atau bola mata.

Highlight.

Highlight.

Agar lebih jelas mengenai teknik coloring yang efisien, bro sis bisa cek video lengkapnya disini!

Nah, gimana? Tentunya bro sis jadi lebih paham dong proses dari sebuah gambar yang tadinya hanya diwarnai biasa hingga menjadi terlihat hidup. Tiga rumus utama dari Beny Maulana memang penting sekali untuk kita perhatikan dalam mewarnai. Yuk monggo dipraktekkan, kalau sudah jadi, jangan lupa mention hasil karya kamu ya di laman facebook CIAYO Blog dan instagram @ciayoblog ya! Selamat mencoba!

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Sumpit Nyaruko-san. Sumber gambar: faylan7.deviantart.com

Jadi Begini Loh Perbedaan Sumpit di China, Korea dan Jepang!

Bro sis hampir pasti pernah menggunakan benda ini. Alat makan sumpit punya sejarah yang super panjang. Jauh lebih panjan.. more

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kamu Datang ke BEKRAF Game Prime

BEKRAF Game Prime  kembali lagi tahun ini! Buat Kamu-kamu yang hobi nge-game, bisa nih datang ke acara ini... more

Kenangan Manis Tatang Suhenra

“Salam manis tidak akan habis. Salam sayang tidak akan hilang, buat semua pencinta karya saya.” Kalimat itu mungkin .. more

Yogadanu: Di Balik Kesuksesan Soekirman, Mbok De dan Galaxin

Ga cuma pinter bikin cerita, tapi pria kelahiran Bogor ini memang pandai dalam mengelola Intellectual Property... more

Serial Netflix “Stranger Things. (Sumber gambar: wikipedia.org)

Stranger Things – Serial Netflix Tentang Dunia Lain Yang Menegangkan

Serial ‘horror sci-fi’ ini bakal memasuki season keduanya pada 27 Oktober 2017 nanti, yang bertepatan juga dengan Ha.. more