[COMIC HACK] Belajar Digital Coloring Bersama Beny Maulana Yuk!

10 months ago

Mewarnai secara digital tentu tidak mudah, selain harus memahami software yang kamu gunakan, kamu juga harus tau tips dan trik agar membuat gambar kamu menjadi lebih hidup. Sebagai komikus, illustrator dan artist pemula,  kamu pasti sering menemukan kesulitan untuk mewarnai secara digital. Apalagi saat dikejar deadline untuk tugas kuliah atau pekerjaan, mewarnai dengan cepat tentunya menjadi skill yang wajib untuk dikuasai. Beny Maulana selaku Head of Comics Division CIAYO Corp punya tips dan trik nih mewarnai secara simple dan cepat. Tak tanggung-tanggung, beliau juga membagikan tiga rumus penting dalam digital coloring. Mau tau gimana? Yuk disimak!

Menurut Beny pribadi, terdapat tiga rumus dasar yang harus diperhatikan saat mewarnai. Yang pertama adalah warna dasarnya, bayangan dan highlight.

Warna dasar.

Warna dasar.

Beny juga turut mempraktekkan secara langsung dalam gambar karakter Velius, tokoh antagonis di Red Deimos. Ia mengungkapkan bahwa bayangan sangat mempengaruhi kesan dan temperatur sebuah karakter. “Dan bayangan pula lah yang membentuk bendanya, jadi jangan takut-takut ya untuk ngasih bayangan ke objek yang kita warnai.” kata Beny. Oiya, gradasi juga harus diperhatikan agar tidak terlalu dekat!

Bayangan.

Bayangan.

Pada software Photoshop, Beny juga biasanya menggunakan layer multiply untuk shadingnya. Selain ‘bayangan’, rumus ketiga adalah highlight, yang merupakan kebalikan dari shading. Jika shading harus diberikan secara berani, justru hightlight hanya diberikan di tempat-tempat tertentu saja agar lebih menonjol. Penempatannya biasanya diberikan di objek-objek yang dapat memantulkan cahaya, seperti ujung rambut, hidung atau bola mata.

Highlight.

Highlight.

Agar lebih jelas mengenai teknik coloring yang efisien, bro sis bisa cek video lengkapnya disini!

Nah, gimana? Tentunya bro sis jadi lebih paham dong proses dari sebuah gambar yang tadinya hanya diwarnai biasa hingga menjadi terlihat hidup. Tiga rumus utama dari Beny Maulana memang penting sekali untuk kita perhatikan dalam mewarnai. Yuk monggo dipraktekkan, kalau sudah jadi, jangan lupa mention hasil karya kamu ya di laman facebook CIAYO Blog dan instagram @ciayoblog ya! Selamat mencoba!

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Sebenarnya, Apa Sih Peran ‘Anti-Hero’ Dalam Sebuah Cerita Komik?

Setelah film ‘Deadpool’ dan sekuelnya meraih sukses dan banyak penggemar, Sony akan merilis film spin-off ‘Venom.. more

(Sumber: pixabay.com)

7 Gaya Paling Enak Buat Baca Komik

Ini nih 7 gaya paling enak buat baca komik!.. more

(www.goikuzo.com)

IkuZo! Japanese & Manga Center Dukung BL Manga Fest 2017

IkuZo! tuh apa sih? Kata ini berasal dari bahasa Jepang yang secara harfiah berarti “Let’s go!”... more

Sumber: POPCON Asia

Yuk Kenalan Sama 4 Nominasi Upcoming Game Terbaik Versi Archipelageek 2017

Namun tahukah kamu, kalau ternyata game-game yang lolos di kategori upcoming ini bukan game sembarangan. Dijamin, pastin.. more

komikomen 2.0

Komikomen 2.0 – Webcast yang Apresiasi Komik Indonesia!

Web series Komikomen 2.0 menyajikan diskursus dasar mengenai industri komik Indonesia dan persinggungannya dengan budaya.. more