Comicsphere 2018 Sajikan Konsep Pasar Komik Nan Unik

2 weeks ago
00-comicsphere-2018-report

Awal bulan Desember 2018 lalu diawali dengan event Comicsphere 2018. Sebagai event komik penutup tahun 2018, pasar komik yang diadakan tanggal 1 Desember lalu diadakan dengan cukup sederhana namun terasa unik.

Suasana Comicsphere 2018. Sumber CIAYO Pictures

Suasana Comicsphere 2018. Sumber CIAYO Pictures

Comicsphere 2018 diselenggarakan di Spasial Bandung, sebuah gudang di kompleks tentara TNI yang disulap oleh sekelompok anak muda menjadi salah satu tempat nongkrong hip di kota kembang. Kawula muda Bandung menjadikan Spasial sebagai tempat berekspresi lewat beragam sajian kuliner dan clothing. Ada pula area terbuka yang biasa dijadikan tempat manggung musisi beken skala indie hingga nasional; mulai dari ikkubaru hingga Jamie Aditya.

Di lokasi yang sama inilah Comicsphere 2018 diadakan. 35 peserta yang terdiri dari circle kreatif hingga komunitas UKM kampus berpartisipasi dalam event perdana ciptaan UKM Balon Kata dari Telkom University. Setelah acara dibuka pukul 9 pagi, aktivitas jual beli komik dan art orisinal pun berlangsung ramai.

Baca Juga: 9 Circle Comicsphere Yang Harus Kamu Datengin Boothnya

Author dan pengunjung saling bercengkerama. Sumber: CIAYO Pictures

Author dan pengunjung saling bercengkerama. Sumber: CIAYO Pictures

Meskipun diadakan di lokasi yang tergolong kecil, mengeksplor area acara Comicsphere terasa sangat menyenangkan. Para pengunjung menikmati suasana pasar kreatif yang dinamis dan sangat hip lewat estetika lokasi yang sangat cozy, ditambah dengan musik lounge dan smooth jazz yang mengiringi aktivitas belanja atau mengobrol dengan teman. Jika lapar pun, pengunjung bisa mampir sebentar ke café yang masih satu area dengan event Comicsphere 2018 untuk menyantap nasi goreng atau thai tea.

Di Comicsphere 2018, kreator amatir dan profesional melebur jadi satu. Kapan lagi bisa melihat author amatir dari kampus duduk bersebelahan dengan komikus profesional yang sudah malang melintang di berbagai platform komik? Posisi para peserta yang saling berdekatan menciptakan suasana yang sangat intim dan mendorong adanya kolaborasi.

Sesi talkshow bersama author HeartXBreak, circle Kroma. Sumber: CIAYO Pictures

Sesi talkshow bersama author HeartXBreak, circle Kroma. Sumber: CIAYO Pictures

Tak hanya berjualan, para kreator pun berkesempatan untuk mempromosikan diri lewat sesi talkshow. Kreator seperti circle Kroma dan wibuverse mendapat kesempatan untuk sharing soal dinamika industri kreatif dan dunia perkomikan. MC juga senantiasa berkeliling area acara dan melakukan tanya jawab dengan para peserta.

Meski baru acara perdana, Comicsphere 2018 merupakan sebuah event pasar komik yang sangat menjanjikan. Fakta yang cukup mengesankan jika menimbang ini kali pertamanya Balon Kata membuat acara pasar komik yang sukses terlaksana tanpa adanya masalah yang genting. Semoga di tahun 2019 nanti Balon Kata kembali mengadakan Comicsphere yang lebih oke dan lebih meriah.

Baca komik online di CIAYO Comics

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-city-hunter

Film Anime City Hunter Kembali Hadir di Tahun 2019

Sunrise akan merilis film anime City Hunter di bulan Februari 2019. Pemeran asli City Hunter 20 tahun yang lalu akan kem.. more

Misteri Karakter Ketiga Devil May Cry 5

Menurut penuturan dari Hideaki Itsuno selaku pembuat game Devil May Cry 5, pemain bakal memainkan 3 karakter dalam game .. more

Sumber: shutterstock.com

Menyambut Halloween, Berikut Rekomendasi Buku Genre Thriller yang Harus Kamu Baca!

Cerita thriller dan mystery gak cuma bisa bikin kamu penasaran aja, tapi juga mutar otak. Seru banget untuk dibaca saat .. more

Rayakan Kemerdekaan ke-72 Indonesia Seminggu Dengan Komik #ExtraordinaryWeek

Inget nggak bro sis, dulu kita ngerayain 17-an dengan upacara bendera di sekolah. Sering juga ada lomba-lomba. Kalo jama.. more

(from : youtube.com)

Sophia : Robot Pertama di Dunia yang Mendapatkan Kewarganegaraan

Bro and Sis, tahukah kamu jika pada 26 Oktober 2017 lalu merupakan sebuah peristiwa bersejarah bagi Arab Saudi. Sebab un.. more