“Comiket 92”, Ajang Bertemunya Para Cosplayer Jepang

10 months ago
Comiket 92 (jurnalotaku.com)

Bro sis suka melihat Cosplayer? Atau malah suka Cosplay? Nah, mungkin bro sis bakal tertarik sama acara satu ini. Comic Market atau yang lebih dikenal dengan istilah “Comiket”  ini adalah pameran dan pasar dojinshi  terbesar di dunia yang diadakan setahun dua kali. Biasanya di bulan Agustus dan Desember di Tokyo, Jepang.

Acara yang dilangsungkan selama 2 – 3 hari ini diadakan di gedung Tokyo Big Sight. Itu loh gedung yang biasanya menjadi pusat pameran internasional Tokyo. Dan kabarnya acara ini dikunjungi sampai setengah juta pengunjung. Wah, keren banget ya bro sis!

Tokyo Big Sight, Ariake, Tokyo (businesseventstokyo.org)

Tokyo Big Sight, Ariake, Tokyo (businesseventstokyo.org)

Buat yang belum tau apa itu dojinshi, dojinshi diambil dari kata doujin yaitu manga buatan para fans atau komik manga buatan orang – orang yang belum berhasil menjadi mangaka professional (orang yang karyanya sudah berhasil diterima dan diterbitkan oleh perusahaan penerbit manga).

Dojinshi ini biasanya dibuat dari manga – manga populer yang dibuatkan kembali ceritanya oleh para fans sesuai imajinasi dari fans. Misalnya manga Naruto, nah dojinshi-nya itu cerita tentang tokoh Naruto dan Sakura menikah. Padahal di manga aslinya, Naruto menikah dengan Hinata.

Cosplay Promosi Dojinshi (jurnalotaku.com)

Cosplay Promosi Dojinshi (jurnalotaku.com)

Sedikit info buat bro sis, dojinshi ini biasanya terkenal dengan kategori “dewasa”. Memang di negeri asal manga alias Jepang, manga kategori dewasa cukup banyak diminati. Jadi gak heran kalau yang diketahui oleh orang – orang (diluar Jepang) hanya anggapan kalau dojinshi = manga dewasa. Padahal gak semua dojinshi adalah dewasa, ada banyak dojinshi yang dibuat tanpa konten – konten dewasa.

Pameran yang pertama kali diselenggarakan di tahun 1975 ini diiisi dengan penjualan hasil karya mulai dari dojinshi, anime, video games, kostum untuk cosplay, action figure hingga aksesori. Diselenggarakan oleh “Comic Market Setsuei-bu”, pameran ini bertujuaan untuk berkomunikasi dengan sesama penggemar dan bukan untuk mencari keuntungan penjualan secara besar.

Daya tarik Comiket lumayan bagus loh! Selain dari dojinshi yang dijual ada juga cosplay. Nah, uniknya untuk menjual dojinshi, si pembuat rela untuk cosplay menjadi karakter yang sama dengan dojinshi di area Comiket.

Sebuah usaha yang bagus untuk mempromosikan karya, ya hehehe. Gak hanya jadi ajang promosi tapi juga menunjukkan kreativitas dan ajang silaturahmi bagi para cosplayer.

Cosplay Naruto (www.anime-now.com)

Cosplay Naruto (www.anime-now.com)

Cosplay “One Piece” (www.anime-now.com)

Cosplay “One Piece” (www.anime-now.com)

Cosplay Promosi Dojinshi (jurnalotaku.com)

Cosplay Promosi Dojinshi (jurnalotaku.com)

Walaupun kelihatan meriah, tapi tahun ini ada yang aneh loh dengan Comiket. Laporan pengunjung Comiket 92 adalah 500.000 orang, memang bukan jumlah yang sedikit ya bro sis. Tapi ternyata angka ini mengalami penurunan, tahun kemarin, Comiket 90 berhasil mencapai total 530.000 pengunjung.

Kerumunan Antrian masuk Comiket (Pacificcross-cultural.com)

Kerumunan Antrian masuk Comiket (Pacificcross-cultural.com)

Usut punya usut, katanya sih suhu yang terlalu panas di acara sampai adanya dojinshi di pasar lokal membuat masyarakat menjadi malas untuk datang. Sebuah ironi bagi acara dojinshi kreatif paling besar di dunia.

Ya, walaupun begitu peminatnya masih banyak ya. Kira – kira bro sis ada yang tertarik untuk datang di akhir tahun?

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Thumbnail artikel Harvest Master: Farm Sim

Ingin Mainkan Harvest Moon di Smartphone? Sekarang Udah Bisa!

Main Harvest Moon di smartphone? Bisa kok!.. more

Ngomik Berbagi Kebaikan untuk #PejuangExtraordinary

Ngomik Untuk Berbagi Kebaikan Dengan #PejuangExtraordinary

Kebaikan dapat disalurkan melalui media apa saja. Asalkan ada niat baik yang ikhlas, pasti ada jalannya. Misalnya nih, a.. more

Sebuah Dilema Tentang Karakter Antagonis (Spoiler alert!)

Banyak sekali karakter Antagonis, namun, apa betul si ‘karakter antagonis’ yang muncul di cerita-cerita komik, film,.. more

Sumber: japan-academy-prize.jp

Berikut 5 Anime Nominasi Japan Academy Prize Awards 2018!

Jika tahun lalu 'Your Name' berhasil memenangkan penghargaan Animasi terbaik 2017, Kira-kira film apa ya yang berhasil m.. more

00-d-pubg-mobile

Booming di Sekolah, PUBG Mobile dan Fortnite Dikeluhkan Para Guru

Dua game battle royale populer, PUBG Mobile dan Fortnite, menyambangi perangkat smartphone. Namun, guru-guru di sekolah .. more