Cosplayer Indonesia Bertanding di World Cosplay Summit 2019

10 months ago
World Cosplay Summit 2019

Tim cosplay yang juara di Ennichisai telah berangkat ke Jepang untuk mewakiili Indonesia pada pertandingan dunia WORLD COSPLAY SUMMIT. 2019.

Sumber: ICGP
Sumber: ICGP

Tim cosplay yang menjadi representatif Indonesia tahun ini adalah cosplayer kembar dari Semarang, Gerard Jason Anthony (19) dan Gilbert Jovan Anthony (19) dengan nama tim Genesis Twins. Tim ini telah berhasil lolos dalam kompetisi ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix) di Yogyakarta mewakili regional Jateng DIY, kemudian meraih juara utama ICGP Grand Final yang diadakan di ENNICHISAI 2019, Jakarta mengalahkan finalis dari regional Jabar DKI, Sumatra, Jatim dan Bali.

Mereka berdua akan membawakan penampilan cosplay dari Soul Calibur VI sebagai karakter Yoshimitsu dan Nightmare dengan sangat baik dan mampu memukau penonton. Dalam agenda saat berada di Jepang, mereka akan membawakan cosplay karakter One Piece pada Opening Ceremony dan Wedding Brass Party at Bleuman Nagoya, Naruto untuk Meijimura Museum Tour, Fairy Tail untuk Osu Street Parade dan Soul Calibur VI pada WCS Tokyo-Nagoya Round bersama dengan 39 negara peserta lainnya.

Namun, sebelum menuju ke Nagoya, pada tanggal 26 Juli kemarin, tim Indonesia harus melewati penyisihan di Tokyo (Tokyo Round) dimana kostum mereka akan dipamerkan dan nilai oleh dewan juri. Sudah terpilih 6 negara yang langsung menuju final, sementara Indonesia selanjutnya akan mengikuti penyisihan di Nagoya (Nagoya Round) untuk lolos ke Final Stage World Cosplay Championship.

Baca Juga: Ennichisai 2019 Bukan Ennichisai Terakhir, Tapi…

Sumber: ICGP
Sumber: ICGP

Di Jepang sendiri, setiap tahun di musim panas, para cosplayer dan penggemar budaya pop berkumpul dari seluruh Jepang menuju Nagoya yang disebut “tanah suci cosplayer” untuk mengikuti gathering cosplay tingkat dunia bernama World Cosplay Summit (WCS). Selain cosplayer lokal, acara WCS juga dihadiri oleh perwakilan cosplayer dari 40 negara yang telah terpilih di masing-masing negara tersebut dan cosplayer mancanegara baik itu alumni perwakilan WCS sebelumnya maupun yang sengaja ikut memeriahkan perhelatan akbar ini. WCS menjadi sebuah acara cosplay yang membanggakan dengan 300.000 anggotanya.

Sumber: ICGP
Sumber: ICGP

World Cosplay Championship merupakan sebuah kompetisi cosplay bergengsi dengan skala akbar karena diikuti oleh 40 negara dan sangat berkualitas karena penilaian dilihat dari aspek performance dan costume making, oleh karena itu kompetisi ini ditujukan untuk menentukan tim No.1 “World Cosplay Summit” yang disponsori oleh Komite Eksekutif WCS. Di setiap negara, baik perwakilan nasional dan regional yang telah memenangkan kualifikasi final pada regionalnya akan berkompetisi kembali untuk meraih peringkat pertama pada World Cosplay Championship yang diadakan di Jepang.

Sumber: ICGP
Sumber: ICGP

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2019 ini kejuaraan WCS Championship akan diadakan di Tokyo (ronde ke-1 Tokyo) dan prefektur Aichi (ronde ke-2 Nagoya dan babak final Nagoya) di Jepang.

Dari 42 negara, 40 tim terdaftar dalam kejuaraan ini, yaitu Australia, Austria, Belgium, Brazil, Bulgaria, Canada, Chile, China, Costa Rica, Denmark, Finland, France, Germany, HongKong, India, Indonesia, Israel, Italy, Japan, Korea, Malaysia, Mexico, Myanmar, Netherlands, Philippines, Portugal, Russia, Sweden, Singapore, South Africa, Saudi Arabia, Spain, Switzerland, Taiwan, Thailand, Trinidad and Tobago, UAE, UK, USA, dan Vietnam.

Berikut jadwal acara WCS 2019 (26 Juli – 5 Agustus) :

  • July 26 – Opening Ceremony
  • July 27 – WCS Tokyo Round
  • July 28 – Bus Tour
  • July 29 – Costume Judging (day 1)
  • July 30 – Costume Judging (day 2)
  • July 31 – WCS Schedule, Meijimura Museum, Bridal Cosplay at Bleuman Nagoya Aug 1 – Gifu Tour
  • Aug 2 – Alumni Cosplay Parade
  • Aug 3 – WCS Nagoya Round
  • Aug 4 – OSU Parade, WCS Final round
  • Aug 5 – Special Tour

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Faza Meonk ngobrol-ngobrol sama Tim CIAYO Corp (Dokumentasi CIAYO)

Sidak: Faza Meonk Inspeksi Mendadak ke Kantor CIAYO Comics

Pada tanggal 22 Maret 2017 kemarin, kantor CIAYO Comics sempat didatangi Si Juki...Eh, maksudnya penulis Si Juki. Yupp.... more

Sumber gambar: gigazine.net

Satu Lagi Themed-Cafe Khas Jepang: Cafe Ranma ½ Telah Dibuka di Tokyo!

Seberapa populer Ranma ½ Café ini? Antriannya membludak!.. more

band ikkubaru

Rahasia Dibalik Melejitnya Band Ikkubaru di Negeri Sakura

Band Ikkubaru merupakan salah satu contoh musisi Indonesia yang berhasil tembus pasar luar negeri. Apa rahasia kesuksesa.. more

film valentine

Film Valentine Bakal Kembali Tayang di Indonesia dan Luar Negeri!

Film Valentine yang sempat ditarik peredarannya akan kembali tayang di bioskop. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di lua.. more

Sumber: youtube.com

[SPOILER ALERT] The Greatest Showman, Film Musikal Terbaik Di Penghujung Tahun 2017

Film musikal The Greatest Showman terbukti menjadi kejutan di akhir tahun 2017 dan mampu menyaingi film lain seperti La .. more