Crash Team Racing Nitro-Fueled Sangat Asyik, Seisi Kantor CIAYO Comics Saling Mengadu Kemampuan!

4 weeks ago
Crash Team Racing Nitro-Fueled merupakan remaster Crash team Racing dengan berbagai tambahan konten. Gameplaynya masih sama dengan versi PS1!

Apa sih game yang asyik dimainkan bersama-sama. Buat generasi jaman now, jawabannya mungkin Mobile Legends atau PUBG. Namun bagi anak-anak jaman Playstation, jawabannya bisa jadi Crash Team Racing. Game ini bisa jadi merupakan game balapan terpopuler di Indonesia pada zamannya. Dikembangkan Naughty Dog dari serial game Crash Bandicoot, Crash Team Racing merupakan game balapan ala Mario Kart dimana delapan pemain saling membalap dengan bantuan berbagai senjata dan gadget unik.

CTR original. Sumber: VGU
CTR original. Sumber: VGU

Alasan kenapa Crash Team Racing disukai banyak orang adalah karena faktor sosialnya. Game ini bisa dimainkan hingga empat orang di satu konsol game yang sama. Bayangkan empat orang duduk berdesakan di depan TV kecil. Mereka saling balapan, dan salah satu dari mereka melempar bom yang menggelinding ke depan. Booom! Riuhlah suasana di antara mereka. Kemudian si korban membalas dengan menembak misil homing. Semua orang tidak hanya berusaha untuk finish terdepan, namun juga mencoba untuk mencelakai lawan masing-masing.

Setelah Crash Team Racing, muncul Crash Nitro Kart dan Crash Tag Team Racing untuk PS2. Sayang dua game yang tidak diproduksi Naughty Dog ini kurang mendapat respon sebesar Crash Team Racing. Selepas itu, seri Crash tidak terdengar lagi, namun dengan rilisnya Crash Bandicoon N. Sane Trilogy yang merupakan reboot dari tiga game Crash Bandicoot original, fans kembali menaruh harapan. Apakah mereka akan mendapatkan remaster dari Crash Team Racing?

Remaster Penuh Totalitas

Crash Team Racing Nitro-Fueled. Sumber: GeekTyrant
Crash Team Racing Nitro-Fueled. Sumber: GeekTyrant

Jawabannya, iya! Crash Team Racing Nitro-Fueled tidak hanya sekedar remaster dari Crash Team Racing, namun juga menyajikan konten dan fitur tambahan dari game Crash Nitro Kart seta Crash Tag Team Racing. Cara bermainnya masih sama seperti Crash Team Racing yang lama. Delapan pemain beradu dalam satu sirkuit untuk mencari siapa yang paling pertama melintasi garis finish. Untuk memudahkan permainan, gamer diberi kemampuan untuk melakukan jump, drift, dan boost untuk bisa menyalip lawan. Kombinasi ketiga skill tersebut sangat penting agar bisa bergerak cepat dan mengakses jalan pintas yang sulit dijangkau.

Bukan Crash Team Racing namanya kalau tidak disertai senjata dan gadget. Dengan menabrak kotak yang tersebar di sirkuit, gamer bisa mendapatkan berbagai senjata atau gadget yang berguna. Mulai dari misil homing dan kotak TNT, hingga tangki nitro dan pelindung Aku Aku. Gamer juga harus berhati-hati karena semua orang bisa menggunakan senjata tersebut.

Fitur baru yang muncul dari Crash Team Racing Nitro-Fueled adalah kustomisasi. Mobil bisa diubah penampilannya dengan warna, stiker, jenis bodi, dan jenis ban berbeda. Total 26 karakter dari game Crash Team Racing dan Crash Nitro Kart pun bisa diubah penampilannya dengan skin yang berbeda-beda. Adventure mode pun mendapatkan perubahan signifikan karena bisa dimainkan ala Crash Team Racing original maupun dengan tambahan fitur baru dari Nitro-Fueled.

Duel Crash Team Racing Nitro-Fueled Ala CIAYO Comics

Layar kecil? Nggak masalah! Sumber: CIAYO Pictures
Layar kecil? Nggak masalah! Sumber: CIAYO Pictures

Nah, kehadiran Crash Team Racing Nitro-Fueled ini sudah dinantikan banyak orang, termasuk beberapa anak-anak kantor CIAYO Comics. Begitu ada yang bawa gamenya ke kantor, banyak yang saling bertukar giliran untuk bisa memainkannya. Dengan cepat, anak-anak kantor dari berbagai divisi berbeda mencoba memainkan game ini. Divisi video, komik, games, hingga blog pun saling mengadu kemampuan di jam istirahat dan jam pulang kantor.

Dalam percobaan pertama, saya sedikit kewalahan menyesuaikan diri. Jujur waktu kecil saya jarang bermain PS, namun kesederhanaan Crash Team Racing Nitro-Fueled membuat saya beradaptasi dengan cepat. Sisanya tinggal menguasai teknik drifting dan melompat untuk bisa melaju lebih cepat. Saya finish di posisi bawah, tapi bukan di posisi juru kunci karena sedikit tertolong dengan kemampuan memakai senjata hingga sedikit faktor hoki.

Kombinasi teknik menentukan kemenangan. Sumber: Gamebrott
Kombinasi teknik menentukan kemenangan. Sumber: Gamebrott

The thing is, mengaplikasikan teknik drifting tidak semudah yang diperkirakan. Setiap sirkuit punya layout beragam dengan strukturnya yang unik. Ketika melakukan drifting, daerah sekeliling harus jadi perhatian. Jangan sampai drifting terhenti karena menabrak dinding. Timing ketika melakukannya pun harus tepat karena akan mendapatkan boost yang artinya bisa melaju lebih cepat. Jika melaju lebih cepat, maka bisa mendapatkan momentum untuk melompat lebih tinggi.

Crash Team Racing Nitro-Fueled juga punya mode battle dimana empat orang bertarung di arena untuk mengumpulkan poin terbanyak. Entah mengapa saya merasa cukup jago di mode ini. Walaupun jarang menjadi juara, setidaknya perolehan poin membuktikan bahwa saya bukan jadi bulan-bulanan lawan.

Hiburan asyik di sela-sela deadline. Sumber: CIAYO Pictures
Hiburan asyik di sela-sela deadline. Sumber: CIAYO Pictures

“Waduh, Polar-nya ada dua nih,” ujar saya mengomentari karakter Polar lain yang dikendalikan Herrad. “Haha, lihat aja nanti siapa Polar yang sesungguhnya,” timpal Herrad dengan jumawa. Di awal game saya masih mencoba menyesuaikan diri dengan arena tarung dan memetakan lokasi kotak senjata. Artinya saya nggak mendapatkan poin yang banyak di awal game.

Namun setelah memahami kondisi arena, saya mulai mencoba untuk lebih agresif. Memang saya beberapa kali terkecoh serangan dan jebakan lawan, tapi saya juga membalas dengan cukup agresif. Akhir game ditentukan dalam satu serangan terakhir, dan saya cukup beruntung bisa meraih 15 poin lebih awal. Hemm, sekarang siapa Polar yang sesungguhnya?

Game Kart Racing Terbaik?

Rasa frustrasi dan senang bercampur jadi satu. Sumber: Games Radar
Rasa frustrasi dan senang bercampur jadi satu. Sumber: Games Radar

Kemunculan Crash Team Racing Nitro-Fueled menjadi angin segar dalam perkembangan game balapan belakangan ini yang fokus ke ranah esports simulasi. Dari sisi fitur, game ini tidak menawarkan berbagai fitur baru. Konten-kontennya diambil dari tiga game Crash Bandicoot lama, dan fitur kustomisasi sudah muncul lebih dulu di Mario Kart.

Namun kelebihan dari Crash Team Racing Nitro-Fueled adalah game ini lebih mudah diakses banyak orang karena rilis di 3 jenis konsol modern saat ini: PS4, Xbox One, dan Nintendo Switch. Alih-alih eksklusif untuk satu konsol, game ini bisa dimainkan siapa saja terlepas konsol pilihan mereka. Fitur multiplayer pun menambah replay value game ini.

Ingat: Aku Aku selalu hadir untuk membantu. Sumber: Den of Geek
Ingat: Aku Aku selalu hadir untuk membantu. Sumber: Den of Geek

Jika kamu menginginkan game balapan yang simpel, menyenangkan, dan asyik dimainkan bersama teman, maka Crash Team Racing Nitro-Fueled bisa jadi pilihan utama kamu. Setidaknya sampai Mario Kart terbaru rilis, inilah game kart racing terbaik yang bisa kamu dapatkan.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber: YouTube

Ternyata Lirik Lagu Havana Milik Camila Cabello Menyindir Donald Trump Loh!

Lirik lagu Havana ini sebenarnya secara tidak langsung (secara halus) menyindir dan mengkritik pemerintahan Presiden Ame.. more

00-d-game-jepang-keren-yang-gagal

5 Game Jepang Keren yang Justru Tidak Populer dan Berujung Gagal

Standar game keren itu subjektif, dan apa yang keren buat orang Jepang berbeda dengan orang barat. Inilah 5 game keren J.. more

Sumber: Zimbio

Teori Konspirasi: Avril Lavigne Sudah Meninggal Sejak Tahun 2004!

Avril Ramona Lavigne, atau yang lebih dikenal Avril Lavigne ini memang sangat terkenal di genre musik pop punk. Namun ap.. more

Sumber: park-harajuku.com

Kenalan sama Mugi Tanaka, Anime Creator yang Menginspirasi

Punya cita-cita sebagai Anime Creator? Kenalan sama Mugi Tanaka yuk! Cewek berumur 26 tahun ini bakal menginspirasi kamu.. more

popcon asia 2018

POPCON Asia 2018 Siap Digelar 22-23 September 2018

Festival pop culture terkemuka di Indonesia POPCON Asia siap untuk digelar pada sabtu dan minggu ini, 22-23 September 20.. more