Cutie Honey Universe: ‘Nenek Moyangnya’ Anime Mahou Shojo Akan Rilis TV Series Baru Di 2018

5 months ago
Sumber gambar: ramenparados.com

Sebenarnya menyebut “Cutie Honey” sebagai produk ‘mahou shojo’ juga tidak terlalu tepat. Soalnya Cutie Honey pertama kali dirilis dalam bentuk shonen manga alias komik Jepang yang ditujukan untuk pembaca cowok pada umumnya.

Cutie Honey diciptakan oleh maestro manga genre ecchi Go Nagai. Cutie Honey キューティーハニー (kadang ditulis dengan ejaan “Cutey Honey”) pertama kali dirilis tahun 1973 di majalah manga “Weekly Shonen Champion” edisi ke-41 sampai dengan bulan April 1974. Bisa dilihat kalau judul ini ditujukan untuk pembaca cowok jika melihat platform tempatnya dimuat.

Tankobon Cutie Honey era 70an. Sumber gambar: hobbylink.tv

Tankobon Cutie Honey era 70an. Sumber gambar: hobbylink.tv

Cutie Honey sendiri bercerita tentang android cewek bernama Honey Kisaragi yang dapat berubah wujud menjadi jagoan ber-oppai gede, rambut merah dan pedang bernama Cutie Honey dengan menekan icon heart di choker-nya.

Honey Kisaragi. Sumber gambar: tumblr.com

Honey Kisaragi. Sumber gambar: tumblr.com

Cutie Honey! Sumber gambar: comicvine.gamespot.com

Cutie Honey! Sumber gambar: comicvine.gamespot.com

Dia berjuang melawan para perusuh serta pengacau keamanan yang membahayakan dunia. Jika melihat kebiasaan Go Nagai maka konsep seksi di Cutie Honey jadi tidak mengherankan sama sekali. Salah satu scene trademark Cutie Honey (yang kelak juga ditiru oleh manga/anime jenis mahou shojo) adalah konsep berubah/henshin-nya; dimana Honey melepaskan pakaian dalam balutan cahaya henshin dan terjadi perubahan kostum setelahnya. Anime mahou shojo era 80-90an seperti Minky Momo dan Sailor Moon menggunakan konsep yang sama seperti Cutie Honey saat transformasi karakter.

Scene henshin Cutie Honey yang jadi patokan semua mahou shojo. Sumber gambar: magical-girl-mahou-shoujo.wikia.com

Scene henshin Cutie Honey yang jadi patokan semua mahou shojo. Sumber gambar: magical-girl-mahou-shoujo.wikia.com

Menurut Go Nagai, Honey Kisaragi / Cutie Honey adalah tokoh jagoan perempuan pertama untuk manga shonen. Sehingga Cutie Honey harusnya dimasukkan dalam kategori shonen manga. Namun influence/pengaruhnya untuk shojo manga/anime ternyata juga besar, sehingga Cutie Honey juga sering dianggap sebagai pelopor pertama konsep mahou shojo manga dan anime.

Franchise Cutie Honey tentu saja sukses di pasaran. Selain seksi, Cutie Honey juga penuh aksi dan komedi serta drama. Beberapa produk Cutie Honey selain manga adalah dua serial televisi, dua OVA/Original Video Animation, dua drama CD serta dua adaptasi live action. TV Anime pertama Cutie Honey tahun 1973 dianggap banyak pihak sebagai kelahiran awal anime ber-genre mahou shoujo.

Salah satu OVA Cutie Honey. Sumber gambar: verycd.com

Salah satu OVA Cutie Honey. Sumber gambar: verycd.com

Hampir di setiap anime mahou shojo ada kelompok penjahat yang harus dihadapi sang jagoan ‘kan? Di Sailor Moon dulu ada Queen Beryl misalnya. Nah… Di Cutie Honey nama organisasi jahatnya adalah Panther Claw. Panther Claw membunuh ayah/penciptanya dan Honey harus menghadapi mereka. Saat Honey Kisaragi berseru “Honey Flash!” sambil menekan tombol berbentuk hati di choker-nya, dia akan berubah menjadi sosok jagoan berpedang Cutie Honey!

Kelompok Panther Claw versi live action. Sumber gambar: imfdb.org

Kelompok Panther Claw versi live action. Sumber gambar: imfdb.org

Setelah anime era 70an, Cutie Honey kembali sesaat di era 90an. Manga dan anime Cutie Honey muncul lagi di era ini. Tapi sayang beberapa kritik mengatakan kalau manga Cutie Honey di masa ini tidak keren dengan karakter yang clumsy/payah serta berkualitas buruk.

Di tahun 2004 Cutie Honey mendapatkan treatment film layar lebar live action yang disutradarai sineas Jepang legendaris Hideaki Anno (terkenal dengan Evangelion & Shin Godzilla) dan dibintangi aktris/model populer Jepang Eriko Sato,

Tahun 2007, giliran model gravure populer Mikie Hara berperan sebagai Honey Kisaragi / Cutie Honey di TV series “Cutie Honey: The Live” yang diputar di TV Tokyo mulai 2 Oktober 2007. Mengambil genre tokusatsu, serial TV ini dibuat sebanyak 26 episode.

Mikie Hara sebagai Cutie Honey. Sumber gambar: epicstream.com

Mikie Hara sebagai Cutie Honey. Sumber gambar: epicstream.com

Untuk merayakan 50 tahun kiprah Go Nagai di industri manga & anime Jepang, Cutie Honey sekali lagi mendapatkan serial TV terbaru. Kali ini dalam bentuk anime. Serial yang akan diberi judul “Cutie Honey Universe” itu akan mulai ditayangkan di musim semi atau April 2018 nanti (berbarengan dengan anime pengganti Dragon Ball Super, GeGeGe no Kitaro yang juga merupakan judul legendaris lainnya).

Akan tayang April 2018. Sumber gambar: crunchyroll.com

Akan tayang April 2018. Sumber gambar: crunchyroll.com

Cutie Honey Universe ini akan disutradarai oleh Akitoshi Yokoyama dengan penulis naskah Natsuko Takahashi. Seiyuu Honey Kisaragi adalah Maaya Sakamoto. Maaya Sakamoto adalah Seiyuu veteran di dunia anime. Beliau yang menyanyikan OP song “Cardcaptor Sakura: Clear Card” yang saat ini sedang beredar. Saat di wawancara mengenai perannya, Sakamoto menjawab: “Cutie Honey adalah judul yang sudah terkenal sejak saya masih kecil. Tapi saya enggak pernah menyangka kalau akan tiba masa dimana saya memerankan Honey Kisaragi!” Maaya Sakamoto juga mengatakan kalau “Saya sangat bersemangat dan sedikit merasa ada tekanan karena ini adalah peran besar, tapi saya pikir saya sebaiknya rileks agar proses perekamannya lancar”.

Maaya Sakamoto. Sumber gambar: manga.tokyo

Maaya Sakamoto. Sumber gambar: manga.tokyo

Untuk bro sis yang mengerti/paham bahasa Jepang bisa melihat info lebih banyak di website resmi Cutie Honey Universe, yang berbahasa Jepang sehingga cukup menyulitkan fans yang tidak dapat membaca aksara Jepang. Website tersebut adalah http://cutiehoney-u.com/ .

Cutie Honey merupakan contoh dimana sebuah judul manga dapat masuk ke dalam genre shonen & shojo sekaligus. Tidak semua pembaca manga cowok mau membaca manga yang memiliki karakter cewek (Go Nagai mensiasati hal ini dengan desain karakter yang seksi sehingga menarik perhatian cowok). Dan banyak pembaca manga cewek yang emoh membaca manga khusus untuk cowok, kecuali manga itu punya cerita & karakter yang bisa mereka sukai. Dalam hal ini, Cutie Honey sepertinya mampu meraih kedua kubu dengan baik.

Desain Cutie Honey dari masa ke masa. Sumber gambar: animevice.com

Desain Cutie Honey dari masa ke masa. Sumber gambar: animevice.com

Tinggal menunggu bulan April 2018 untuk melihat aksi terbaru Honey Kisaragi sebagai Cutie Honey di era masa kini. Bro sis punya opini soal Cutie Honey? Jangan lupa tag saya di komentar bro sis ya!

Trailer Cutie Honey Universe:

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Cantika - CIAYO Comics

Cantika: Kisah Tragis Putri Ilmuwan Khilaf

Bro sis udah pada baca Cantika belum? Buat yang belum tahu nih, Cantika adalah salah satu komik thriller di CIAYO Comics.. more

Para pemenang CIAYO Comics Awards (CIAYO Pictures)

Tantangan dan Harapan Komikus Indonesia

Gak hanya merayakan hari ulang tahun CIAYO yang sudah berumur satu tahun, event CCC atau CIAYO Comics Club juga menjadi .. more

00-d-marmalade-boy

Akankah Film Marmalade Boy Tayang di Bioskop Indonesia?

Genre romance selalu menjadi pilihan paling populer, baik dalam film, anime, maupun manga. Itu karena romance dapat dipa.. more

sumber: cinepop.com.br

8 Film Pilihan Di Bulan April, Dari Kawanan Super Hero Sampai Adaptasi Video Game

Kira-kira ada film apa saja di bulan April ini, ya?.. more

Fan Work Berupa Lagu dari Adriana Figueroa!

Biasanya ketika mendengar kata fan work, pikiran kita akan tertuju pada tulisan berupa fan fiction, gambar berupa komik .. more