Daftar Anime dengan Rating Terbaik Sepanjang 2017. Adakah Anime Favorit Kalian?

2 weeks ago
Daftar Anime

Tahun 2017 baru saja berlalu, namun setiap kenangan berkesan pastinya gak akan mudah dilupakan, meskipun hanya sekadar menonton anime. Selalu ada anime yang membuat para penontonnya gak mudah melupakan. Kali ini penulis ingin merangkum beberapa anime yang mengesankan bagi pengguna situs myanimelist.net sehingga mereka mau memberikan skor tinggi, dengan pengecualian untuk anime yang memiliki waktu tayang tinggi seperti Gintama, One Piece, dan Detective Conan.

Kono Subarashii Sekai no Shukufuku wo! 2

Kayaknya anime bertemakan dunia dalam game masih jadi salah satu favorit fans setia Jejepangan. Apalagi denger nama KonoSuba, pasti sudah gak asing. Kesuksesannya di musim perdana membuat anime bergenre comedy ini ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Tiap karakter memiliki karakteristik yang unik dan berkesan mendalam, seperti Aqua, dewi yang memiliki tingkat kebodohan yang seakan tiada batas; ataupun Megumin, yang sangat terobsesi untuk menguasai Explosion sehingga tak peduli untuk mengembangkan keahlian yang lain. Gak heran apabila KonoSuba mendapat rating rata-rata 8.36.

KonoSuba Season 2 (Sumber: myanimelist.net)

KonoSuba Season 2 (Sumber: myanimelist.net)

Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Chu-chu Yeah!

Lagu pembuka yang easy listening, tokoh utama yang merupakan seorang naga, dan perpaduan genre cerita antara slice of sife dengan Supernatural membuat anggota situs myanimelist.net memilih Maid Dragon sebagai salah satu anime yang paling mengesankan di tahun 2017 dengan rata-rata skor 8.20.

Para cosplayer pun banyak yang berperan sebagai Tohru (naga yang menjadi maid) dan menjadikannya sebagai salah satu karakter paling berkesan dalam anime tahun 2017.

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu: Sukeroku Futatabi-hen

Mengangkat tema drama yang cenderung membosankan dengan begitu banyak narasi, anime yang memasuki musim keduanya ini, justru menuai pujian karena dianggap lebih baik daripada musim perdananya. Storyline yang semakin rapi ditambah dengan plot twist yang tak terduga di separuh episode terakhirnya, membuat anime ini mendapat skor yang sangat tinggi, 8.87 dari para pengguna myanimelist.net.

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Little Witch Academia (TV)

Tokoh utama yang memiliki ambisi untuk menjadi yang terbaik merupakan tema cerita yang cukup umum dalam dunia anime, namun tetap digemari oleh para penontonnya. Begitupun dalam Little Witch Academia. Walaupun bercerita tentang penyihir, namun anime yang memiliki 25 episode ini bukan Harry Potter wannabe.

Keceriaan yang dibangun di episode-episode awal berbalas dengan cerita yang lebih serius dan lebih menekankan pada plot di beberapa episode akhir. Sehingga penonton tidak dibuat bosan. Wajar apabila para pengguna memberikan rata-rata rating 8.16 pada film yang ditayangkan pada musim dingin hingga musim semi 2017 ini.

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Tsuki ga Kirei

Cerita menye-menye ala remaja kayaknya sudah sangat mainstream dijumpai baik anime, sinetron, film, novel, komik, ataupun game. Pengemasan yang sederhana namun sangat rapi membuat Tsuki ga Kirei bisa mendapat rating yang sangat tinggi (8.36 hingga 29 Desember 2017).

Hubungan antar karakter utama pun terbangun secara perlahan lewat beberapa kejadian yang digambarkan dengan natural. Banyak penonton mungkin jengah karena gak ada satupun di antara kedua karakter utama yang bertindak lebih agresif dan mengambil inisiatif, tapi inilah yang membuat penonton semakin penasaran, sebenernya seperti apa hubungan mereka? Pokoknya cocok banget deh buat penggemar anime romance.

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Boku no Hero Academia 2nd season

Kesuksesan besar di musim perdananya membuat Boku no Hero Academia menjadi salah satu sekuel anime yang paling ditunggu di 2017 kemarin. Ketika musim perdana tak banyak menyajikan cerita utama dan lebih menyuguhkan aksi, dengan jumlah 25 episode di musim keduanya, penonton memberi skor rata-rata 8.79, menggambarkan bahwa mereka sangat terpuaskan dengan detail cerita yang disajikan dan berharap sekuelnya akan segera muncul.

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Mahoutsukai no Yome

Anime baru dengan rating tertinggi di musim gugur ini tentu saja masuk sebagai salah satu anime terbaik di sepanjang tahun 2017, walaupun ceritanya gak terhenti di musim ini. Penceritaan yang dilakukan secara perlahan membuat penonton semakin penasaran dan terus menunggu perkembangan ceritanya. Psst, tenang aja, anime ini masih bisa disaksikan hingga akhir musim dingin 2018.

Video promosi Mahoutsukai no Yome 

Owarimonogatari 2nd Season

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Hanya ada sedikit sekali anime yang bisa menembus rating di atas 9, Owarimonogatari salah satunya. Bagian akhir dari serial monogatari ini menyajikan kualitas animasi yang jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan musim perdananya. Bagi yang penasaran, ada baiknya menonton serial monogatari yang lain terlebih dahulu sebelum menonton Owarimonogatari, supaya bisa menangkap berbagai macam tipe penceritaan yang dituangkan di dalam masing-masing ceritanya.

Made in Abyss

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Bukan sekadar film sci-fi, anime ini menyajikan petualangan yang menyenangkan dan scene pertarungan yang sangat baik penggambarannya. Hubungan antar tokoh yang terjalin dengan sangat baik sampai dengan animasi yang dibuat dengan sangat detail menjadi nilai tambah dari anime yang mendapat skor rata-rata 8.91 ini.

Usia para tokoh yang berkisar antara 10-12 tahun ini membuat cerita terasa lebih ringan dan bisa membuat penonton merasa kembali ke masa kanak-kanak lagi.

3-gatsu no Lion 2nd season

Dinobatkan sebagai sekuel anime terbaik di musim gugur, rasanya memang pantas untuk 3-gatsu no Lion yang juga hadir sebagai salah satu anime terbaik di 2017. Pada musim keduanya, para tokoh pendukung mendapat lebih banyak porsi penceritaan, berbeda dengan musim perdana yang lebih fokus menceritakan tentang Rei, sang tokoh utama, yang mulai semakin ceria dan dewasa.

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Selain anime di atas, ada pula Natsume Yuujinchou Roku, Shokugeki no Souma: San no Sara, dan juga Houseki no Kuni, yang bisa dipertimbangkan sebagai anime terbaik di tahun 2017. Penulis sendiri memilih KonoSuba sebagai anime favorit 2017. Bagaimana dengan bro sis? Adakah anime favorit kalian yang muncul? Atau punya jawaban sendiri yang gak melulu bergantung pada rating? Apapun jawaban dan pendapat bro sis, jangan sampai merusak kesenangan terhadap anime, ya!

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 1: Clubbing di Tengah Kota

Malam itu ia bertemu Intan di salah satu club di tengah kota. Patung kuda terpajang di atap gerbang, sebagai ikon club i.. more

WOW Komik

Breaking News: WOW Komik dan CIAYO Comics Berkolaborasi Bikin Komik Baru!

Kami baru mendapat kabar bahwa penerbit komik ternama kota Bandung, WOW Komik sudah mengonfirmasi akan berkolaborasi den.. more

(Sumber: Themarysue.com)

Spiderman Homecoming: Spiderman Millennial Ala Tom Holland (NO SPOILERS)

Terdapat sedikit keraguan saat pihak Marvel mengumumkan bahwa Tom Holland lah yang akan memerankan tokoh utama di film S.. more

The Game Awards 2017. Sumber gambar: variety.com

Menyambut The Game Awards 2017 di Bulan Desember

Ada 102 judul yang mendapatkan nominasi tahun ini. Seperti event sebelumnya juga, ada beberapa kategori yang dapat dipil.. more