Dakimakura: Hug Pillow Nyentrik Khas Otaku

1 year ago
Dakimakura. (Sumber: reddit)

Inilah benda “ajaib” yang biasanya akan membuat orang awam meringis saat melihatnya. Dakimakura.

Apa itu dakimakura?

Walau namanya mungkin masih terdengar asing tapi saya sedikit yakin kalau bro sis penggemar J-Pop culture pasti pernah melihat benda ini walau tidak/belum tahu nama official-nya. Dakimakura dalam aksara aslinya/Jepang sebagai 抱き枕 (terbagi dalam kata / ‘daki’ yang artinya kurang lebih ‘menerima atau memeluk’ serta kata ‘makura’ / yang berarti bantal guling). Jadi secara harafiah, dakimakura adalah sebuah bantal/guling untuk dipeluk. Hehe… Simpel banget kan? Sebuah benda yang sebenarnya tidak lagi asing untuk kultur manapun. Tapi di tangan orang Jepang, benda ini jadi sedikit lebih “kompleks”.

Benda ini mulai populer di kalangan otaku (fans garis keras J-Pop culture) sejak medio 1990an, dimulai dari dijualnya benda ini di toko perlengkapan cosplay dan anime-related “Cospa” di Tokyo, Jepang. Kalau di Indonesia, toko ini kira-kira seperti toko-toko FO/Factory Outlet yang banyak di Bandung atau Yogyakarta; tidak terlalu besar serta hanya menjual benda-benda spesifik ataupun kekinian.

COSPA Shop. Sumber gambar: mari—chan.blogspot.com

COSPA Shop. Sumber gambar: mari—chan.blogspot.com

Karena awalnya produk eksperimen dan ditujukan untuk otaku yang punya keinginan ‘nyeleneh’ dengan karakter kesayangan mereka, tren dakimakura tidak diprediksi akan bertahan lama popularitasnya. Tapi ternyata tebakan itu salah, karena dakimakura masih ada dan tetap bertahan di kalangan otaku hingga hari ini.

Dakimakura pertama diciptakan dengan dua ukuran baku: 160cm x 50cm & 150cm x 50cm dengan lingkar keliling sekitar 100cm. Namun belakangan ukuran 150cm x 50cm lebih populer karena ukurannya lebih ideal untuk dikirim lewat paket pos (jika dipesan online).

Dakimakura bergambar karakter anime “Oreimo”. Sumber gambar: gamingmasters.org

Dakimakura bergambar karakter anime “Oreimo”. Sumber gambar: gamingmasters.org

Penjualan dakimakura tidak melulu ada di toko-toko otaku, namun ada juga yang dijual di konvensi-konvensi otaku, baik yang skala kecil maupun besar seperti Comiket. Biasanya circle/kelompok pengarang manga indie yang menjual manga mereka di event seperti Comiket juga menjual dakimakura bergambar karakter ciptaan mereka. Dan biasanya dalam pose yang, ehem, provokatif.

Dakimakura di event Comiket. Sumber gambar: dannychoo.com

Dakimakura di event Comiket. Sumber gambar: dannychoo.com

Jika ditanya mengenai alasan mereka memiliki dakimakura, jawabannya bisa bermacam-macam. Tapi bisa dikerucutkan ke jawaban “agar bisa memeluk karakter komik manga/anime/videogame kesayangan mereka saat tidur”. Which is memang the whole point untuk memiliki dakimakura.

Dakimakura memang selalu bergambar karakter dari manga/anime/video game. Dan rata-rata digambarkan dengan penampilan terseksi mereka. Itu sudah menjadi standar baku sebuah dakimakura. Meski begitu, ada juga beberapa dakimakura yang bergambar karakter dalam pose/penampilan biasa alias tidak provokatif. Tapi sebagian besar dakimakura memang bergambar karakter seksi dan bertujuan agar pemiliknya dapat nyaman memeluk karakter tersebut dalam format bantal guling.

Seorang fans Shingeki no Kyojin dengan dakimakura Levy. Sumber gambar: tumblr.com

Seorang fans Shingeki no Kyojin dengan dakimakura Levy. Sumber gambar: tumblr.com

Kedengaran aneh? Atau absurd? Bisa jadi!

Beberapa kalangan menilai dakimakura dalam pandangan sinisme dan merendahkan. Menganggap benda itu aneh dan menggelikan. Yang mana jika dilihat dari kacamata sosial bisa jadi benar. Maksud saya, sebuah guling bergambar karakter anime dengan lingerie akan membuat orang yang awam soal manga/anime/video game mengerutkan alisnya karena bingung. Dan bahkan mungkin jijik.

Tapi saya kira itu hal berlebihan jika menilai sebuah dakimakura seperti sebuah kuman penyakit. Padahal benda itu tetaplah sebuah benda biasa. By definition, dakimakura adalah sebuah perlengkapan tempat tidur. Tidak ada bedanya dengan bantal, guling, bedsheet, atau kelambu yang ada di kamar tidur bro sis. Memang sedikit aneh karena benda ini memiliki tampilan gambar di badannya, sesuatu yang buat kebanyakan orang tidak terbiasa. Guling dengan gambar karakter anime seksi? What the hell?

Tapi ya itu tadi, dakimakura itu tetaplah sebuah guling biasa.

Asal jangan jadi “melenceng” saja sih ya… Soalnya beberapa orang ngawur di luar negeri sana memperlakukan dakimakura mereka secara berlebihan. Bukan lagi menganggap benda itu sebagai benda mati, tapi benda hidup. Pernah baca berita kalau ada otaku yang menikahi dakimakura miliknya? Nah… orang-orang seperti ini yang membuat citra dakimakura, yang secara default saja sudah “jelek” di mata awam, jadi semakin parah lagi di luar sana.

Seorang otaku menikahi dakimakura nya. Sumber gambar: telegraph.co.uk

Seorang otaku menikahi dakimakura nya. Sumber gambar: telegraph.co.uk

Jadi gimana, bro sis? Berminat memiliki dakimakura buat di kamar? Gambarnya siapa nanti yang dicetak di dakimakura bro sis?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(from : flickeringmyth.com)

Banyak Adegan Penuh Aksi di Film Thor: Ragnarok

Guys, bersiaplah menyambut tayangan perdana film produksi Marvel Studios, Thor: Ragnarok di bioskop kesayanganmu pada ta.. more

00-d-arena-of-valor

Arena of Valor Resmi Berlaga di Asian Games 2018!

Kemenpora memastikan game Arena of Valor bakal menjadi cabang olahraga ekshibisi Asian Games 2018 bulan Agustus mendatan.. more

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant pada umumnya. Makanan festival lebih affordable dan gak terlalu berat, layaknya hanya sebagai jajanan dan snack.

10 Makanan Populer Khas Festival Jepang. Kamu Suka yang Mana?

Nah, festival pasti identik dengan makanannya dong? Biasanya makanan di festival sedikit berbeda dengan menu restaurant .. more

Sumber: CIAYO Comics

Keluarga Patromax, Lucunya keseharian Keluarga yang Gak Biasa

Satu lagi, komik bertemakan keluarga yang bisa bikin kamu ketawa!.. more

00 d hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Ini Dia Hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Untuk Para Pemenang!

Author komik bersaing memperebutkan hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3! Ada laptop, tablet, konsol game, bahkan motor?.. more