Dari NES Sampai PS1: Booming Classic Console Merajalela

1 week ago
00-d-classic-console

Sulit dibantah kalau dalam dua tahun terakhir ini industri game dunia sedang keranjingan ‘Back to Classic’ di lini hardware alias mesin. Classic console, istilahnya.

Pemasaran konsol-konsol masa kini masih bagus dan stabil, seperti misalnya PlayStation 4 yang sudah mencapai angka lebih dari 86 juta unit sejak dirilis tahun 2013 hingga September 2018 menurut laporan keuangan yang dirilis Sony baru-baru ini. Angka penjualan yang mengesankan tentunya; hampir mendekati angka penjualan PlayStation 1 yang terjual lebih dari 102 juta unit sejak 1994-2006. Tapi jelas masih jauh jika dibandingkan dengan PlayStation 2 yang laku lebih dari 155 juta unit per tahun 2000-2013 dan masih jadi juara dunia untuk jumlah home console gaming paling laris.

Mesin game terlaris sejagad (Sumber: Wikimedia)

Mesin game terlaris sejagad (Sumber: Wikimedia)

Angka-angka yang dibukukan produk-produk ini membuktikan kalau pemain video game dunia semakin hari semakin bertambah banyak. Dan hal ini didukung dengan berbagai pilihan varian video game dunia; mulai dari handheld yang bisa dimasukkan ke dalam saku serta mudah untuk dibawa-bawa hingga PC gaming segede Gaban dengan kemampuan proses gaming lebih rumit serta kompleks.

Tapi industri video game hampir mirip dengan bisnis fashion.

Pada satu titik, semua akan berputar kembali ke posisi awal. Dan ini seperti dibuktikan dalam dua tahun belakangan ini, dengan rilisnya konsol-konsol gaming yang seharusnya sudah pensiun dari peredaran namun diluncurkan kembali dalam format lebih modern dengan redesain ‘mini’ sebagai faktor penglaris.

Trend ini mulai dipopulerkan oleh salah satu raja industri game dunia, yaitu Nintendo.

Berbagai Macam Classic Console Yang Telah Hadir

NES Classic

NES Mini dan NES original (Sumber: Polygon)

NES Mini dan NES original (Sumber: Polygon)

Diawali dari rilis NES Classic Edition (atau Famicom Mini untuk pasar domestik Jepang) pada November 2016. Ini adalah classic console dari NES/Famicom yang pernah berjaya di era ‘80an. Di era itu, penguasa video game dunia adalah NES dengan berbagai IP klasik mereka seperti Mario Bros, Zelda maupun Final Fantasy dan Dragon Quest.  Dan entah karena alasan apa, Nintendo kemudian membuat ulang konsol legendaris tersebut di era modern seperti saat ini. Namun dengan berbagai perubahan besar; kecuali desain body NES yang sudah ikonik.

NES di desain ulang menjadi berukuran super kecil sehingga berkesan imut dan lucu. NES Classic juga menghilangkan keharusan menggunakan kaset/cartridge yang menjadi media penyimpanan game jaman dulu. Kini semua game dibuat built-in alias sudah ada di dalam mesinnya itu sendiri. Tersedia juga kemampuan menyimpan proses gaming di mana saja (save state anywhere) yang tentu saja berguna agar pemain dapat main dan berhenti kapan saja tanpa harus menemukan lokasi untuk nge-save lebih dulu. Apalagi jaman dulu game yang mengijinkan pemain untuk dapat melakukan save file juga tergolong sedikit, sehingga fitur save anywhere seperti yang ada di NES Classic jelas menjadi hal positif.

Dengan 30 game built-in NES Classic laris manis di pasaran. Bahkan sempat menimbulkan kekosongan stock di berbagai lokasi; terlebih saat Nintendo mengumumkan kalau mereka menghentikan produksinya tak lama setelah rilis. Langkah ini diprotes banyak fans Nintendo yang belum kebagian sehingga akhirnya Nintendo kembali memproduksi konsol tersebut. Hingga Juni 2018 tercatat kalau NES Classic sudah laku 3,6 juta unit dan mungkin masih akan terus bertambah.

Kesuksesan NES Classic tentu menggoda Nintendo agar mulai serius di area ini. Dan itu terlihat dari aksi mereka merilis SNES Classic di tahun berikutnya.

Baca Juga: Game Boy: Konsol Handheld Anak Emas Nintendo

SNES Classic

SNES original dan SNES Mini (Sumber: ArsTechnica)

SNES original dan SNES Mini (Sumber: ArsTechnica)

Sama seperti NES Classic, SNES Classic (atau Super Famicom Mini di Jepang) merupakan versi masa kini dari Super Nintedo / SNES / Super Famicom yang pernah berjaya di era ‘90an dengan game-game memorable seperti Final Fantasy VI, Super Mario RPG, Star Fox dan berbagai game penuh kenangan lainnya. SNES Classic masih mengadopsi formula yang sama dengan NES Classic: body yang di desain mini dan game built-in. Jumlah game-nya sendiri lebih sedikit jika dibandingkan dengan NES Classic (hanya tersedia 21 judul) namun dari game-game tersebut ada satu game istimewa karena belum pernah dirilis sebelumnya yaitu “Star Fox 2”.

Seberapa sukses SNES Classic? Sangat sukses. Ukurannya? Penjualan yang menembus angka 5,28 juta unit per bulan Maret 2018.

Melihat sukses Nintendo yang mengemas produk ‘basi’ jadi profitable di era masa kini tentu saja para kompetitor terpancing untuk ikut mencoba menikmati kue nostalgia seperti yang ditawarkan Nintendo untuk dunia.

Baca Juga: Saat Nintendo Menyerah Pada Popularitas Smartphone

Mega Drive Mini

Akankah se-sukses rivalnya? (Sumber: Polygon)

Akankah se-sukses rivalnya? (Sumber: Polygon)

Rival berat Nintendo di masa lalu, Sega, mengumumkan eksistensi “Mega Drive Mini” mereka. Mengemas formula classic console yang sama dengan NES/SNES Mini, konsol Sega populer di era ‘90an itu menggunakan desain mini dan game built-in seperti produk Nintendo. Produk ini memang belum tersedia di pasaran karena di proyeksikan untuk rilis tahun 2019 nanti. Tapi fans dan pasar gaming dunia sudah bersiap-siap menyambutnya.

Bersama SNES, Sega Mega Drive (atau Sega Genesis untuk pasar Amerika) adalah dua raja yang berbagi kesuksesan serta rivalitas sengit di era ‘90an. Jika Nintendo adalah “Mario Bros” maka Sega tentu saja “Sonic The Hedgehog”. Di masa jayanya, Mega Drive memiliki berbagai IP yang masih memiliki barisan fans setia hingga saat ini. Jadi tentu saja kehadiran Mega Drive Mini akan memuaskan mereka yang tidak ingin memiliki produk mini Nintendo karena merupakan fans Sega garis keras.

PlayStation Classic

Pameran PlayStation Classic di Tokyo Game Show 2018 (Sumber: Isportant.Com)

Pameran PlayStation Classic di Tokyo Game Show 2018 (Sumber: Isportant.Com)

Bagaimana dengan perusahaan lain? Sony misalnya?

Mereka rupanya tidak mau kehilangan kue nostalgia juga seperti Sega dan Nintendo. Masih mengusung ‘winning formula’ dari Nintendo, Sony mengumumkan classic console “PlayStation Classic” sebagai lini produk video game terbaru mereka. Konsep yang sama seperti kompetitor digunakan: mini, imut dan memiliki game secara built-in.

Berbeda dengan Mega Drive Mini yang belum memiliki tanggal rilis definitif, Sony PlayStation Classic akan dirilis 3 Desember 2018. Alias di hari ulang tahun ke-24 PlayStation original. Game yang diusung di PlayStation Classic ada 20 judul dan beberapa di antaranya memang IP yang mengangkat brand PlayStation di industri gaming dunia seperti Final Fantasy VII, Tekken 3 serta Ridge Racer Type 4.

Baca Juga: 8 Game Playstation Yang Seharusnya Di-Remade Atau Remaster

Atari Retro Handheld

Atari Retro Handheld. (Sumber: ComicBook)

Atari Retro Handheld. (Sumber: ComicBook)

Setidaknya ada tiga lagi classic console gaming yang mencoba peruntungan di hype nostalgia ciptaan Nintendo saat ini. Yaitu Atari Retro Handheld, SNK Neo Geo Mini dan Intellivison Amico.

Atari Retro Handheld menggunakan konsep portable handheld dengan game-game Atari 2600 jadul tersedia sebanyak 50 judul secara built-in. Dengan layar berwarna 2,4 inchi dan konektor output ke televisi (agar dapat dimainkan di televisi standard), Atari Retro Handheld di-klaim cocok dan ideal untuk dibawa-bawa maupun dimainkan di rumah. Kira-kira seperti Nintendo Switch namun dengan game-game Atari era ‘80an. Atari Retro Handheld dirilis 26 Oktober 2018.

Baca Juga: Ataribox: Usaha Sia-Sia Atari Di Persaingan Sengit Console Masa Kini?

SNK Neo Geo Mini

Desain ekstrim untuk classic console (Sumber: GreatDeals.Com.Sg)

Desain ekstrim untuk classic console (Sumber: GreatDeals.Com.Sg)

SNK Neo Geo Mini juga mengusung konsep hybrid; namun dengan desain super keren dan ekstrim. Body yang digunakan mirip dengan arcade cabinet SNK Neo Geo era ‘90an yang ikonik; lengkap dengan miniatur joystick arcade, layar kecil berukuran 3,5 inchi dan speaker stereo. Berapa banyak game built-in di SNK Neo Geo Mini? Ada 40 judul. Cukup ideal untuk sebuah mesin nostalgia. SNK Neo Geo Mini sudah dirilis di pasar Jepang sejak 24 Juli 2018. Walau reviews yang ada kurang begitu oke namun fans game-game klasik SNK menyambut baik kehadiran konsol mini Neo Geo ini.

Baca Juga: Dulu Ada SNK Gals’ Fighters – Kini Cewek-Cewek Jagoan SNK Bertarung Di SNK Heroines: Tag Team Frenzy

Intellivision Amico

Concept design Amico (Sumber: Variety)

Concept design Amico (Sumber: Variety)

Intellivision Amico mungkin tidak se populer nama-nama konsol games yang disebutkan sebelumnya namun mereka tetap pede merilis versi modern dari konsol jadul 1979 tersebut. Mungkin yang menarik dari Amico ini, setidaknya seperti klaim CEO Intellivision Tommy Tallarico, adalah harga game-nya yang akan berada di kisaran US$ 2,99 hingga US$ 3,99 dan ekslusif hanya untuk Amico saja. “Kami membuat konsol game yang orang tua ingin beli, bukan yang mereka harus beli karena diminta oleh anaknya” tukas Tallarico mengenai konsep konsol modern Intellivision ini. Classic console Intellivision Amico diharapkan mulai tersedia di pasaran mulai tahun 2020 nanti dengan estimasi harga antara US$ 149 hingga US$ 179.

Jajaran konsol-konsol bernuansa nostalgia ini eksis dan membuktikan kalau video game, walaupun terus berevolusi, tetap akan membuat seorang gamers untuk ‘kembali ke asal mula mereka menjadi gamers’. Kesuksesan dan larisnya NES serta SNES Mini membuktikan hal tersebut. Entah bagaimana lagi nanti konsep nostalgia di 25 tahun ke depan.

Mungkin akan ada PlayStation 4 Classic dengan ukuran segede tempe?

Baca komik online di CIAYO Comics

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

mahou shoujo site desk

Anime Mahou Shoujo Site: Magical Girl Berlatar Suram yang Menimbulkan Kontroversi

Jika beberapa penggemar anime melihat Mahou Shoujo Ore sebagai anime magical girl yang absurd di musim ini, tapi untuk b.. more

Cargo, Menarik Di Atas Kertas Dengan Ide Unik Untuk Sebuah Film Zombie

Mungkin akan banyak orang salah kaprah terhadap film Cargo. Terutama untuk orang-orang yang suka film bertema zombie dan.. more

Sumber PCMag

Apa yang Ditawarkan Microsoft dengan Joystick Xbox untuk Difabel “Xbox Adaptive Controller” ?

Bermain game bukan sekedar monopoli kelompok manusia yang memiliki kelengkapan maupun panca indera yang komplit. Ada pul.. more

Popcon Asia 2017, 5-6 Agustus 2017

Popcon Asia 2017, Ajang Silahturami Para Kreator Industri Kreatif Indonesia

Popcon Asia 2017 yang digelar pada 5-6 Agustus kemarin, masih sukses dan makin sukses menarik perhatian pengunjung! Even.. more

Sumber: asianwiki.com dan myanimelist.net

Saint Young Men akan Diadaptasi dalam Bentuk Live-Action, Siapa saja Pemerannya?

Kalian ada yang pernah baca manga Saint Young Men? Atau malah sudah nonton animenya? Kalau kalian belum pernah dengar, m.. more