Bisakah DC Universe Streaming Service Menyelamatkan DCEU?

1 week ago
00-d-dc-universe

Menjelang akhir 2018 mendatang, raksasa komik superhero DC, akhirnya akan meluncurkan layanan tayang streaming eksklusif mereka aka DC Universe. Tentunya, peluncuran ini begitu ditunggu-tunggu oleh seluruh fanboy-nya dimanapun mereka berada.

Pastinya bukan? Layanan streaming DC Universe ini nantinya dijamin akan mampu memuaskan seluruh fanboy-nya dengan tampilan konten-konten berbau superhero khas-nya yang by the way, ketika tulisan ini diturunkan, line-up konten / programnya telah dipersiapkan untuk langsung tayang seketika layanan ini melakukan premiere-nya.

Namun, walau langkah yang dilakukan DC ini terlihat keren dan lumayan menjanjikan (bahkan berpotensi besar menyaingi seri MCU yang ada di Hulu dan Netflix), satu pertanyaan besar terus menggerayangi benak: “Akankah layanan ini nantinya memiliki imbas yang signifikan terhadap seluruh counterpart sinematiknya khususnya, DC Extended Universe aka DCEU?

Baca Juga: Film Justice League “Snyder Cut”: Antara Fakta, Mitos dan Harapan Kosong

dc universe justice league

Sumber: Batman-News

Tanpa membuang waktu, jawabanya adalah yap. DC Universe beserta kontennya dipastikan akan memiliki pengaruh / dampak signifikan atau memiliki efek simbiosis mutualisme yang sangat kuat satu sama lainnya.

Memang saya sadar banget bahwa kedua universe ini berdiri sendiri-sendiri dan juga berasal dari dua media penayang yang berbeda. Namun seperti yang telah dikatakan, tetap saja keduanya dipastikan akan bisa saling mempengaruhi keadaan satu sama lain walau, mungkin yang lebih banyak terkena imbasnya disini adalah rekan sinematiknya.

Maksudnya? Oke begini. Seperti kita tahu (dan tidak usah munafik / membela diri), DCEU sejauh ini secara keseluruhan, kualitasnya sangat kurang memuaskan. Nah otomatis, bisa dikatakan (terkecuali yang super duper fanboy DC), kebanyakan audiens kini merasa malas ketika mendengar adanya rilisan film DC / DCEU terbaru di layar lebar.

Nah, apabila nantinya seluruh konten terutama live-action yang ditampilkan di layanan DC Universe ternyata keren banget, bisa dipastikan mereka yang tadinya awam dan malas dengan DC, akan tertarik kembali yang alhasil, membuat rana DCEU menjadi “rame” lagi.

Sebaliknya, apabila seluruh kontennya tidak memuaskan, ya dipastikan bakalan makin malas dan berat saja audiens untuk menyukai seluruh properti live-action DC baik yang DCEU maupun non DCEU.

dc universe the dark knight

Sumber: Den of Geek

Lalu apakah kira-kira seluruh line-up konten DC Universe dapat mewujudkan hal tersebut? Well, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita review ulang sejenak konten-konten yang sejauh ini akan ditayangkan seketika layanan ini di-launching nantinya.

Berbagai Judul Film dan Kartun yang Akan Hadir di DC Universe

Live-action Film:

  • Batman (1989)
  • Superman Quadrology (Christopher Reeves)
  • The Dark Knight (2008)

Animated Film:

  • Justice League: The Flash Point Paradox (2011)
  • Green Lantern: First Flight (2009)
  • Wonder Woman (2009)
dc universe titans

Sumber: W3LiveNews

Live-action Series

  • Lois & Clark: The New Adventures of Superman (1993-1997)
  • Wonder Woman (1975-1979)
  • Titans
  • Swamp Thing (versi baru)
  • Doom Patrol

Animated Series:

  • Batman: The Animated Series (1992-1995)
  • Static Shock (2000-2004)
  • Young Justice (2010-sekarang)
  • Teen Titans (2003-2006)
  • Young Justice: Outsiders
  • Harley Quinn (seri animasi dewasa)
dc universe harley quinn

Sumber: io9-Gizmodo

Dan kalau dilihat dari susunan program-programnya tersebut, saya positif banget bahwa layanan streaming ini, bakalan sukses memercikkan kembali api ketertarikan seluruh fans dan audiens terhadap  DC.

Siapa sih yang tidak kangen untuk menyaksikan kembali keseksian Lynda Carter sebagai Diana Prince atau ingin bernostalgia kembali ke tahun 90an dengan film animasi Batman yang mempopulerkan voice actor, Kevin Conroy tersebut? Pasti kangen bukan?

Baca Juga: Steven Spielberg Akan Terlibat Di Film DC Comics; Tapi Tidak Seperti yang Dibayangkan

Sedangkan untuk program-program baru, memang belum jaminan bisa menarik perhatian juga, tapi kalau dilihat dari resepsi awal yang diberikan fans terhadap tampilan-tampilan foto behind the scene, entah mengapa saya memiliki firasat kuat baik Titans maupun Harley Quinn juga akan sesukses Daredevil dan Jessica Jones milik MCU-Netflix.

Sehingga dengan demikian, sekali lagi bisa dipastikan bahwa DC Universe nantinya akan memberikan imbas positif besar yang alhasil akan “membersihkan” kembali reputasi / pandangan audiens terhadap sinematik DC terutama, DCEU.

dc universe

Sumber: Cord Cutters News

Tentunya ini hanyalah pandangan saya saja terkait isu ini. Untuk lebih pastinya, ya kita tunggu saja perkembangan lagi hingga layanan streaming ini diluncurkan akhir 2018 ini. Pastinya, baik kita fanboy DC atau bukan, kita ingin melihat divisi sinematik DC berjaya kembali alias sama kerennya dengan rival, MCU.

Nah, mengingat seri-seri TV nya sejauh ini (Gotham, Arrowverse) tidak terlalu memberikan dampak serta sugesti mantap terhadap kita untuk menghargai DCEU, maka bisa dikatakan untuk kesekian kalinya, layanan streaming inilah yang kini menjadi harapan terakhir.

Bukannya bermaksud mengecewakan atau menjatuhkan, kalau sampai nantinya DC Universe tidak sukses, well, jangan marah-marah atau berkoar-koar sendiri kalau DCEU nantinya makin terpuruk saja reputasinya. Well, semoga saja semuanya bisa berjalan dengan sangat lancar. Amin.

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

00-d-noyer-van-java

Jelajahi Bandung Post Apocalypse Dalam Noyer Van Java

Penasaran gimana jadinya kalau kota kembang Bandung bertahan dari musibah global? Jelajahi kota Bandung di masa post apo.. more

Sumber: youtube.com

Makna Tersembunyi Dalam Film Ready Player One

Tak hanya easter egg, film Ready Player One juga punya banyak pesan tersembunyi yang terselip dalam karakter dan duniany.. more

Sumber: Waterfordwhispernews

Fifty Shades Trilogy, Trilogi Lemah yang Kerap Mendulang Sukses di Box-Office

Tapi anehnya nih bro sis, terlepas kualitas filmnya sudah jelas-jelas buruk, trilogi ini justru kerap mendulang keuntung.. more

Berlari seperti Naruto. Sumber gambar: centraltrack.com

[TRENDING] Yuk, Intip Kehebohan Naruto’s Run dan Scream Like Goku!

Naruto’s Run dan Scream like Goku. Internet memang merupakan tempat yang ajaib. Banyak hal yang lahir dan populer .. more

00-d-game-jepang-keren-yang-gagal

5 Game Jepang Keren yang Justru Tidak Populer dan Berujung Gagal

Standar game keren itu subjektif, dan apa yang keren buat orang Jepang berbeda dengan orang barat. Inilah 5 game keren J.. more