Death Stranding, A Hideo Kojima Game yang Masih Belum Jelas Maksudnya

1 month ago

Event E3 tahun ini memberikan banyak kejutan dari developer game terkemuka. Mereka saling bersaing menunjukkan project game melalui persentasi dan beberapa menit trailer beserta gameplay, seperti Anthem, Battlefield 5, Sekiro: Shadows Die Twice, Devil May Cry 5, Resident Evil 2 Remake, Cyberpunk 2077, dan masih banyak lagi. Ngga lupa dengan topik game kali ini, yaitu Death Stranding. Kalian juga bisa baca disini loh untuk mengetahui lebih banyak game yang diumumkan pada event E3 2018 ini.

Hideo Kojima sebagai Hideo Kojima dalam game Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain. (Sumber: Youtube)

Death Stranding adalah game Hideo Kojima (dibaca: A Hideo Kojima Game) yang dibuat setelah keluar dari Konami. Pada penayangan trailer di E3 2018, kita sudah mendapatkan gambaran sedikit mengenai gameplay Death Stranding. Death Stranding menunjukkan khas cinematic movie yang biasa dilakukan Hideo Kojima dengan banyak petunjuk misteri didalamnya. Sampai sekarang banyak sekali fans mencoba memecahkan misteri tersebut dari petunjuk yang diberikan di tiap cuplikan bahkan di twitter resmi Hideo Kojima.

Logo Baru Kojima Productions setelah keluar dari Konami. (Sumber: Kotaku)

Nah kali ini penulis akan membahas apa saja yang telah kita dapatkan dari yang pertama di acara E3 2018. Harap diingat semua petunjuk dan penjelasan ini mungkin saja kurang akurat dan engga sesuai saat Death Stranding rilis, ya.

Setting Dunia

Setting dunia Death Stranding yang mirip dengan tema Post-Apocalyptic. (Sumber: Trustedreviews)

Pada cuplikan pertama kita bisa melihat Sam berada disuatu tempat yang terlihat baru saja mengalami kehancuran karena suatu hal membuat hewan disekitarnya mati, mirip dengan tema post-apocalyptic. Lalu teorinya semakin diperkuat dengan petunjuk selanjutnya. Yang kedua menunjukkan seorang pria mirip Guillermo del Toro berada di lokasi seperti adanya perang. Lalu yang ketiga, Sam dan temannya berada di lokasi mirip pada petunjuk pertama. Dan yang terakhir, Sam berada di suatu lokasi pegunungan, lembah, sungai dan reruntuhan bangunan. Banyak orang yang bilang kalau penyebab dunia Death Stranding terjadi karena “monster misterius”. Wah! Makin penasaran kan?

Monster Misterius

Setting dunia Death Stranding yang mirip dengan tema Post-Apocalyptic. (Sumber: Trustedreviews)

Dari yang saya amati ada beberapa tipe monster terlihat di trailer. Pertama dengan ukuran normal yang tidak dapat dilihat dengan mata.  Mereka menampakkan diri dalam wujud bayangan hitam melayang dan memiliki kemampuan mempercepat waktu kehidupan apapun yang disentuhnya,. Hal ini terlihat dari bekas jejak langkahnya yang tiba-tiba muncul tumbuhan yang tumbuh dengan cepat. Monster ini sepertinya dapat mendeteksi lokasi seseorang dari pernafasan mereka dan dengan suara.

Lalu yang kedua berbeda dengan yang lainnya karena memiliki bentuk manusia, dimana Mads Mikkelsen menjadi salah satu dari mereka. Saya sendiri masih kurang yakin apa Mads Mikkelsen ini tergolong monster misterius Death Stranding atau bukan. Tapi kalau dilihat dari trailer kedua, dia seperti mengontrol pasukan yang terikat oleh sesuatu mirip umbilical cord atau bahasa lokalnya tali pusar. Kemudian yang ketiga, berukuran sangat besar dan dapat membuat ledakan serta menghancurkan apa saja yang ada disekitarnya. Para penggemar menyebut ledakan ini mirip seperti Big Bang. Ledakan ini membuat Sam berada di dunia lain yang akan saya jelaskan selanjutnya.

Dua Dunia Saling Terhubung

Dunia Lain dalam Death Stranding terlihat seperti berada di dalam lautan. (Sumber: Youtube)

Seperti yang kalian ketahui hampir semua trailer Death Stranding, Sam menghadapi monster misterius yang bisa membuat dia terancam mati. Kojima menjelaskan bahwa saat Sam atau dalam hal ini player mati, mereka tidak akan mengulang game ini, reset ataupun melakukan load pada save terakhir dilakukan. Pemain akan melanjutkannya di dunia lain yang saat ini masih belum ditunjukkan gameplaynya.

Jadi apapun yang terjadi di dunia nyata akan berpengaruh nantinya saat pemain kembali dari dunia lain. Beberapa penggemar mengatakan dunia lain yang terlihat seperti gambar diatas merupakan simbolisme saat manusia berada dalam mimpi atau bayi saat berada dalam kandungan dimana terdapat tali yang terhubung pada Sam mirip dengan tali pusar. Di beberapa petunjuk terlihat setiap kali Sam sebelum dan sesudah mati, dia selalu membawa pods berisi bayi.

Baby Pods

Bayi yang menjadi poin penting Death Stranding. (Sumber: Egmnow)

Menurut saya pribadi, bayi ini mirip sistem life point permainan untuk Sam, tapi bisa saja sih dugaan saya salah. Di cuplikan ketiganya, sebelum terjadi ledakan, teman Sam yang terikat sesuatu dan melayang keatas memberikan pods yang dipegangnya kepada Sam. Kemudian Sam memasang itu ketubuhnya. Saat Sam berada di dunia lain, terlihat bayi berada dalam tubuhnya. Lalu setelah Sam kembali ke dunia nyata, pods yang berisi bayi didalamnya tiba-tiba saja terdapat gumpalan hitam dan bayi didalamnya tidak ada.

Menurut beberapa penggemar di forum, benda itu juga berfungsi untuk melanjutkan kehidupan bagi siapa saja yang menggunakannya. Saat seseorang mati, semua memori dia akan ditransfer ke bayi yang ada didalam pods. Kemudian bayi ini akan tumbuh dewasa dengan cepat karena efek dari monster misterius ataupun hujan dan akhirnya orang tersebut melanjutkan misi.

Hujan

Sam berteduh menghindari hujan yang dapat mempercepat pertumbuhan dan penuaan. (Sumber: Youtube)

Hujan yang ada di trailer ketiga dan keempat ini sebenarnya berpengaruh kepada manusia dan makhluk hidup lain. Efek samping hujan dapat mempercepat kehidupan, dengan kata lain kalau makhluk hidup terkena efek ini terus menerus maka proses pertumbuhan dan penuaan akan semakin cepat. Hal ini dapat dilihat seperti pada petunjuk pertama dimana hewan-hewan banyak mati yang mungkin saja diakibatkan oleh hujan, yang kedua dimana teman Sam yang tertindih mobil menjadi tua dan keempat dimana tumbuhan dapat tumbuh dibeberapa lokasi.

Hujan memiliki efek yang sama dengan monster misterius apabila bersentuhan langsung dengan makhluk hidup. Inilah alasan kenapa Sam dan teman-temannya selalu menutup seluruh tubuh mereka dengan suit khusus. Selain itu, hujan juga penyebab kenapa bayi yang berfungsi sebagai penerus tubuh seseorang yang mati dapat dengan cepat tumbuh dan menjadi dewasa.

The Scanner/Signaller/Detector Rig

The Scanner yang berfungsi mendeteksi keberadaan monster misterius. (Sumber: Youtube)

Untuk saat ini tidak ada nama resmi alat pendeteksi monster ini, tapi beberapa fans menyebutnya The Scanner atau Signaller atau Detector Rig. Seperti yang kalian ketahui, alat ini berfungsi sebagai alat deteksi keberadaan monster misterius disekitar pengguna. Tiap kali moereka tersebut berada sangat dekat dengan penggunanya, maka alat ini bereaksi dengan menunjukkan arah dimana mereka berada.

Sam, Sang Pengantar Paket

Salah satu gameplay Death Stranding di trailer event E3 2018. (Sumber: Metalgearinformer)

Panggilan baru untuk Sam setelah muncul cuplikan keempat pada event E3 2018 yang lalu. Yang keempat ini menunjukkan gameplay dan panorama indahnya grafik permainan Death Stranding. Hal ini masih belum jelas misi sebenarnya Sam selain dari mengantar paket, berjalan menghindari raksasa yang misterius dan membawa bayi kemana pun dia pergi untuk bertahan hidup.

Masih banyak yang ingin saya jelaskan dari apa yang di dapat dari beberapa forum diskusi Death Stranding, seperti air mata tanpa emosi, dreamcatcher milik Sam, teori black hole dalam permainan dan lain-lain. Gimana nih? Menurut kalian penjelasan tadi cukup akurat dengan game Death Stranding setelah rilis nanti ngga? Atau kalian punya teori sendiri mengenai petunjuk yang ada di trailer? Silahkan komen dibawah dan berikan tanggapan kalian, ya.

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

XBox One X (Sumber: theverge.com)

E3: Project Scorpio Kembali Hadir Dengan Varian mininya, Xbox One X!

Satu kabar lagi dari E3 (Electronic Entertainment Expo) 2017. Nah, kali ini kita bakal ngebahas khusus tentang XBox. Tah.. more

Paris Games Week 2017 Sudah Dimulai Minggu Ini!

Sony Interactive Entertaiment, pemilik merk Sony PlayStation families, baru saja menggelar acara internal/keynote dalam .. more

Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Take on Me Tayang di Indonesia Tanggal 23 Mei!

Di Chuunibyou demo Koi ga Shitai! Take on Me, Rikka pindah ke Italia! Karena Yuuta tak mau berpisah, teman-temannya men.. more

Joko Anwar Akan Menyutradarai Film Gundala!

Tayang di tahun 2019, film Gundala garapan Joko Anwar akan menghadirkan sosok superhero Indonesia dalam kemasan segar!.. more

Sumber: dualshocker.com

Celeste, Mendaki Gunung Depresi

Banyak game yang terinspirasi dari game - game platformer legendaris, namun pada akhirnya tidak memiliki banyak perbedaa.. more