Delay Eksibisi “The World Of Ghibli Jakarta” Yang Sempat Menimbulkan Kekacauan

5 months ago
Totoro dan Neko Bus dari film “My Neighbor Totoro”. Sumber gambar: thejakartapost.com

Jakarta – Indonesia kembali kedatangan event seru ber-skala internasional. Yaitu “The World Of Ghibli”.

Menurut situs resmi The World of Ghibli, acara ini merupakan salah satu dari sederet event yang mencakup screening/pemutaran film-film populer produksi Ghibli di bioskop-bioskop 17 kota di tanah air. Konsep dari The World of Ghibli pun adalah sebuah eksibisi/pameran pertunjukan “dunia magis” kreasi Studio Ghibli, dan festival film yang akan menayangkan 22 film produksi Studio Ghibli.

Event besar ini dibuka mulai tanggal 10 Agustus hingga 17 September 2017. Eksibisinya bertempat di The Ritz-Carlton, Pacific Place Ballroom, Jakarta Selatan, pada pukul 10.00-22.00. Harga yang ditawarkan pun berbeda-beda, untuk anak-anak dibawah 12 tahun dan lansia akan dikenakan biaya sebesar Rp 200.000 untuk weekdays dan Rp 250.000 untuk weekend. Sedangkan untuk tiket regular, Rp 300.000 untuk weekdays dan Rp 350.000 untuk weekend.

Seperti yang tertulis di judul, telah terjadi delay alias penundaan pembukaan eksibisi yang seharusnya dimulai tanggal 10 Agustus ini. Delay terjadi terutama disebabkan oleh belum siapnya seluruh infrastruktur pendukung pameran yang menurut Presiden Direktur Studio Ghibli Jepang, Koji Hoshino, saat diwawancarai media Tempo Indonesia, adalah pameran mereka terbesar di luar Jepang.

Namun demi menjaga nama baik dan profesionalisme, pihak Studio Ghibli akhirnya tetap memaksakan diri membuka eksibisi tersebut sambil terus ngebut menyelesaikan perakitan dan pembuatan props yang ada.

Walau awal pembukaan cukup kacau dan dihantui oleh review negatif di berbagai media sosial, namun dari review pengunjung yang ‘terlanjur’ datang ke lokasi (sementara setting-nya belum selesai semua), terlihat kalau Studio Ghibli sedang berada di jalur yang tepat dalam event mereka ini.

Koji Hoshino. (Sumber: getty images)

Koji Hoshino. (Sumber: getty images)

Koji Hoshino sendiri langsung turun tangan dengan memimpin tur gelombang pertama fans Ghibli selama dua puluh menit. Hoshino-san sempat mengatakan “Kalian adalah tamu yang paling pertama. Instalasi belum selesai sepenuhnya, kami harap kalian mengerti tapi kalian tetap bisa melihatnya saat ini,” saat membawa rombongan berkeliling area eksibisi yang memang terlihat masih dalam proses penyelesaian.

Walau terkesan belum rapi, tapi kalau dilihat dari sisi positifnya, kapan lagi kita bisa melihat ‘behind the scene’ perakitan/pembuatan properti untuk pameran sekaliber Studio Ghibli? Wahana ataupun area-area familiar dari film animasi Studio Ghibli akan dapat dikenali dan dinikmati oleh fans yang berkunjung ke eksibisi ini.

Sebut saja misalnya Neko Bus yang terkenal lewat film “My Neighbor Totoro” itu. Bus nya sudah jadi dan bakal jadi background favorit untuk foto-foto selfie para pengunjung eksibisi.

Salah satu influencer media sosial yang berfoto di spot My neighbour Totoro. (Sumber: instagram.com/elleyamada)

Salah satu influencer media sosial yang berfoto di spot My neighbour Totoro. (Sumber: instagram.com/elleyamada)

Atau Howl’s Moving Castle; yang *surprise!* dirakit oleh pengrajin Indonesia. Bahkan konon pihak Ghibli sangat terkesan dengan hasilnya, dan akan membawa kastil itu ke Jepang setelah eksibisi selesai karena saking detilnya hasil kerja pengrajin Indonesia saat membuat Howl’s Moving Castle tadi. Luar biasa bukan?

Howl’s Moving Castle karya pengrajin Indonesia. Sumber gambar: twitter.com/ghibliJKT

Howl’s Moving Castle karya pengrajin Indonesia. Sumber gambar: twitter.com/ghibliJKTHowl’s Moving Castle karya pengrajin Indonesia. Sumber gambar: twitter.com/ghibliJKT

Ada juga yang ditunggu-tunggu oleh fans Studio Ghibli tapi belum bisa dilihat sekarang, yaitu replika meja kerja sang maestro Studio Ghibli sendiri, Hayao Miyazaki. Benda tersebut dijanjikan akan segera dapat ditampilkan pada eksibisi ini secepatnya.

Tapi tak perlu terlalu kecewa, karena banyak wahana lain dari Studio Ghibli akan membuat fans terhibur dan terpesona. Seperti adanya robot yang muncul di “Laputa Castle In The Sky” (yang di-klaim bahkan lebih besar daripada yang ada di Museum Ghibli Mitaka, Jepang!).

Juga display ‘onsen’ seperti di film “Spirited Away”. Ingat benda itu bukan? Memang display-nya belum selesai sempurna saat ini namun tenang saja, puluhan pekerja sedang bahu membahu menyelesaikan semua properti dari eksibisi ini agar dapat selesai seperti yang seharusnya.

Poster promosi The World Of Ghibli. Sumber gambar: thejakartapost.com

Poster promosi The World Of Ghibli. Sumber gambar: thejakartapost.com

Mungkin event organizer Indonesia belum terlalu siap untuk menangani tekanan sebesar ini, makanya jadi sedikit kacau dan molor dari jadwal semula. Padahal Studio Ghibli bukanlah nama ecek-ecek di industri animasi dunia. Mungkin hanya Disney yang lebih besar dari mereka di bisnis animasi.

Makanya saat mereka menggelar event sebesar ini, EO lokal rekanan jadi keteteran dalam mengimbangi flow kerja mereka. Walau sumber daya manusia kita hebat-hebat (salah satu buktinya, apresiasi tinggi untuk Howl’s Moving Castle yang dirakit oleh pengrajin Indonesia), tapi manajemen EO Indonesia sepertinya masih perlu diperbaiki lagi ke depannya agar kejadian begini tidak terulang kembali.

Jadi jika kamu fans Studio Ghibli dan ingin menyaksikan keajaiban mereka dalam bentuk eksibisi yang megah dan interaktif, pastikan kamu datang mengunjungi “The World Of Ghibli” di Jakarta, mulai tanggal 10 Agustus hingga 17 September 2017. For more info bisa dilihat tautan di bawah ini.

http://worldofghibli.id/phone/exhibition.html

Selamat bersenang-senang ya, bro sis! Nikmati kemeriahan dan keajaiban dunia Studio Ghibli langsung di dalamnya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Playstation 4 vs Nintendo Switch

Mendingan Beli Nintendo Switch atau PS4?

Di bulan puasa ini emang kadang suka bikin lemes dan rasanya pengen tidur aja. Mau ngapa-ngapain rasanya jenuh banget. T.. more

(CIAYO Pictures)

Day 1 Comic Frontier (Comifuro) 9 Extra Hot, Day 2 Mulai Adem

Kalo ditanya dari mana Comic Frontier bermula, di Kantin Sastra UI atau yang dikenal dengan Kansas-lah semuanya dimulai... more

(kebuncerita.blogspot.co.id)

5 Urban Legend Terseram di Pulau Jawa

Berbicara mengenai dunia mistis ataupun klenik, sudah tentu Indonesia termasuk negara yang amat sangat kental mempercaya.. more

Anime Dragon Ball yang Terbaru: Membawa Son Goku ke Level Berikutnya

Bro Sis ada yang tahu gak, kalo sampai sekarang Goku dan kawan-kawan masih berpetualang dalam seri Dragon Ball terbaru .. more

Presiden Amerika Serikat fiktif dari game “Metal Wolf Chaos”. Sumber gambar: twitter.com/devolverdigital

Presiden Amerika Serikat Fiktif Dalam Pop Culture, Yang Mana Favoritmu?

Presiden Amerika Serikat sering digambarkan dalam pemberitaan sebagai karakter penting dunia... more