Devilman Crybaby: Ketika Iblis Dilawan dengan Kekuatan Iblis

1 year ago

Devilman Crybaby ramai menjadi perbincangan di internet awal tahun ini. Didistribusikan oleh layanan streaming Netflix, langkah ini sendiri diklaim sebagai jalan untuk menambahkan konten anime Jepang dalam library mereka, dan demi menjaring banyak penonton baru. Terbukti sejak trailer Devilman Crybaby dirilis akhir tahun lalu, antusiasmenya sudah mulai terbentuk.

Proyek Devilman Crybaby sendiri hadir untuk menandakan 50 tahun karir sang kreator Go Nagai, sejak karya pertamanya dipublikasikan. Devilman sendiri, setelah ceritanya selesai telah banyak hadir dalam berbagai versi setelahnya. Misalnya ada manga Devilman Lady, Devilman vs Hades, Neo Devilman, anime Devilman original, hingga live action-nya tahun 2004 yang terbilang tidak cukup sukses.

01 devilman

Sumber: Gameaxis

Devilman original yang diterbitkan pada tahun 1972, bercerita tentang anak baik-baik bernama Akira Fudo yang diberitahu oleh temannya, Ryo Asuka, bahwa iblis akan bangkit dan memusnahkan manusia. “Iblis hanya bisa dikalahkan dengan kekuatan iblis,” dan begitulah Akira dengan dibantu oleh Ryo, merelakan tubuhnya dirasuki iblis. Dengan menggunakan kekuatan iblisnya, ia beraksi memberantas iblis-iblis yang mengganggu ketentraman manusia, sehingga menjadi sosok yang disebut Devilman.

Iblis-iblis yang mengintai umat manusia pun satu persatu dikalahkan Akira, dimana sebenarnya tipikal cerita seperti ini pasti sudah akrab kita nikmati dalam berbagai judul. Ryo sendiri mengungkap keberadaan iblis setelah kembalinya ia dari penelitiannya di Amerika Selatan. Hubungan mereka berdua juga lah yang menjadi inti cerita dari Devilman Crybaby.

02 devilman

Sumber: Techno Buffalo

Sebelum menjadi Devilman, Akira adalah anak payah anggota klub atletik yang bahkan larinya kalah cepat dari anak-anak perempuan. Akan tetapi memiliki rasa empati yang tinggi, terbukti ia sering menangis ketika melihat orang lain kesusahan – dan itulah yang jadi alasan kenapa subjudul anime ini deisebut Crybaby. Sifat baik hati itulah yang mampu membuatnya melawan iblis yang mencoba mengambil alih tubuhnya dan menjadi Devilman, makhluk bertubuh iblis dan berhati manusia.

Setelah dirinya bergabung dengan Amon, iblis petarung yang sangat kuat – dan bahkan diakui iblis lain, kemampuan fisiknya meningkat berkali-kali lipat seperti kekuatan dan kecepatan, tanpa harus berubah wujud. Yang membuatnya lucu, saking cepatnya Akira berlari, ia seperti terlihat mencakar-cakar udara dan menjadi candaan karena serupa cara berlari para ninja di anime Naruto.

03 devilman

Sumber: Techno Buffalo

Devilman Crybaby juga tidak hanya mengikuti perjalanan Akira memberantas iblis. Porsi karakter pendukung juga adil diperlihatkan porsinya seperti Miki Makimura dan Miki Kuroda. Miki Makimura adalah teman masa kecil Akira anggota klub atletik yang hebat dan juga idola di lingkungannya. Kedekatan Akira dan Miki pun sangat jelas terlihat karena keduanya saling percaya dan mendukung, bahkan di saat-saat krisis.

Sedangkan Miki Kuroda, selanjutnya dipanggil Mi-Ko karena kalah pamor dari Miki Makimura, adalah teman sekaligus rival Miki di klub atletik. Perjalanan Mi-Ko pun menjadi subplot sendiri di beberapa episode, sehingga membuat jalan cerita menjadi agak lambat. Walaupun begitu, nantinya juga Mi-Ko mengatasi dilemanya lalu membantu Akira dan Miki.

04 devilman

Sumber: QooApp

Jangan membayangkan Devilman Crybaby seperti kisah-kisah superhero populer, misalnya Spider-Man bahkan Batman. Cerita Devilman jauh lebih gelap. Adegan brutal berisi kekerasan, pembunuhan, bahkan seks terang-terangan diperlihatkan sehingga anime ini tidak cocok untuk semua orang. Anime ini mencoba menampilkan sifat-sifat buruk manusia yang ironisnya tak bisa dibedakan dengan iblis. Diakui Go Nagai, tema besar yang diangkat dari Devilman adalah pesan anti peperangan, dan di Devilman Crybaby dibuat lebih fokus ke isu rasisme.

05 devilman

Sumber: QooApp

Secara tampilan animasi, Devilman Crybaby dibuat tidak mainstream dengan gaya anime kebanyakan sehingga akan terasa asing di awal tapi cukup unik untuk diingat. Yang paling berkelas dari Devilman Crybaby ini tentu saja musiknya! Soundtrack yang diputar mampu menegaskan kesan horor dan menguras emosi sekaligus. Musik intronya juga enak didengar, ditemani animasi yang sangat artsy dan terkesan puitis. Dibuat hanya dengan 10 episode dengan durasi masing-masing 25 menit, Devilman Crybaby cukup pendek untuk bisa ditonton dalam satu hari. Cobalah, anime ini tidak akan mengecewakanmu.

About Author

Ega Abdi Satrio

Ega Abdi Satrio

Tipikal laki-laki yang bisa berjam-jam di depan layar laptop yang biasa Anda temui. Setia menggemari AC Milan dan One Piece.

Comments

Most
Popular

sumber: Wikimedia Commons

Franchise Star Wars Masih Terus Berlanjut di Layar Lebar: Apakah Karya Agung Milik George Lucas Ini Memang Perlu Untuk Dilanjutkan ?

Seperti kita tahu, sejak franchise Star Wars dibeli Disney hingga saat ini, franchise tersebut masih merilis film-film n.. more

Sumber gambar: dragonball-café-diner.jp

Dragon Ball Themed-Café Telah Resmi Dibuka di Tokyo & Osaka

Jadi saat ini themed-café manga/anime apa yang sedang happening? Sepertinya Dragon Ball Café... more

Bung Hatta (Sumber: Intelejen)

Mencium Bau Buku dan Kebiasaan-Kebiasaan Aneh Book Nerd

iapa yang suka baca buku? Kayaknya salah satu pendidikan awal yang kita dapat saat kecil adalah membaca. Apalagi buat br.. more

Artis Ini Gak Malu Ngaku Sebagai Otaku!

Belakangan ini nama aktor Michael B. Jordan sepertinya semakin naik daun saja pasca kemunculan yang spektakuler di film .. more

00 delorean desktop

Kembali Ke Masa Depan Lewat Manga Back To The Future

Film Back To The Future akan disadur menjadi manga yang dikarang oleh mangaka One Punch Man dan Eyeshield 21, Yusuke Mur.. more