Kata Mereka Di Balik The Other Side: Hollows

3 months ago
the other side: hollows

Di tahun 2019 ini CIAYO Comics semakin berinovasi dengan melakukan berbagai hal termasuk meluncurkan komik interaktif yang berjudul The Other Side: Hollows. Komik terbaru dari seri The Other Side ini adalah buah karya tim komikus yang terdiri dari Nyoenyo, Aji Wzt, Snow Rexilium, Tonny Hanggoro dan Risza Ardiansyah Perdana. Dengan ramuan dan tangan besi mereka, The Other Side: Hollows menjadi komik interaktif pertama bergenre horror di CIAYO Comics. Tentunya hal ini semakin membuktikan nama CIAYO Comics di Indonesia. Di balik The Other Side: Hollows ini bagaimana pendapat beberapa teman dari tim komikus sendiri?

The Team! (Sumber: www.ciayo.com)

Di balik The Other Side: Hollows

Dari mana sih ide pembuatan komik interaktif ini?

Menurut sang scriptwriter, Snow, cerita komik ini terinpirasi dari pengalaman sehari-harinya ketika dia masih di bangku Sekolah Dasar. Snow mengaku sering sekali pulang malam hari menggunakan sepeda. Dari situ lah, dia sering melewati tempat-tempat seram dan mengalami beberapa kejadian seram seperti pohon yang bergerak-gerak sendiri dan suara-suara yang aneh. Perasaan takut inilah yang akhirnya dijadikan inspirasi untuk bikin cerita. Untuk latarnya sendiri terinspirasi dari jalanan yang tiap kali dilewati ketika pulang kerja di Jakarta, ditambah foto-foto “penampakan” (yang entah benar atau tidak) di jembatan penyebrangan yang dulu sempat viral.

Bagaimana respon kalian saat mengetahui akan membuat komik interaktif ini?

Nyoenyo (Comic Artist), Snow (Scriptwriter) dan Dhana (Grayscale Artist) sama-sama antusias. Apalagi Nyoenyo yang sudah pernah membayangkan untuk membuat komik bermodel interaktif seperti ini.

Sang Gadis (Sumber: www.ciayo.com)

Apa yang membedakan komik The Other Side: Hollows ini lebih inovatif dari versi sebelumnya?

Di sini pembaca diberi kebebasan untuk menentukan alur cerita komiknya sendiri, berdasarkan pilihan yang dipilih sepanjang cerita komiknya. Nggak seperti The Other Side yang dulu, dimana pembaca hanya mengikuti cerita yang udah ada. Versi yang satu ini bisa dibilang lebih bikin “engage” pembaca daripada format biasa. Tentunya diharapkan pengalaman horror dan rasa takut yang didapat juga jadi lebih besar daripada format biasa.

Baca juga: Tentukan Nasib Gadis Ini di Komik The Other Side: Hollows

Ada gak sih kesulitan dalam memvisualisasikan cerita untuk komik dengan model interactive ini?

Dalam hal penulisan cerita menurut Snow hampir tidak ada kesulitan yang berarti, karena dulu dia pernah menulis cerita berformat seperti ini. Satu-satunya kesulitan adalah saat bikin ending yang berasal dari dua atau lebih kegiatan yang berbeda. Ini karena ending-nya harus cocok dan nyambung dengan kegiatan-kegiatan tersebut.

Kira-kira apa yang dia pilih? Yuk, baca ceritanya dan bantu! (Sumber: www.ciayo.com)

Berbeda dengan Nyoenyo yang harus mencari style gambar baru untuk membuat komik ini lebih “hidup”. Sedangkan menurut Dhana Nggak ada, karena ini adalah komik horror, atmosfer “seram” menjadi sangat penting, Jadi harus kualitasnya harus dijaga, terutama lighting-nya.

Kalian lebih suka ending yang menyenangkan atau yang buruk?

Dhana dan Nyoenyo leboh memilih akhir yang menyenangkan untuk cerita. Sedangkan Snow lebih memilih akhir yang dapat membuat hati pembaca sesak. Waduuh!!!

03-tos-hollows
Sumber: CIAYO Comics

Ada pengalaman seru gak sama tim selama pembuatannya?

Menurut Nyoenyo sendiri komik The Other Side: Hollows memberikan pengalaman seru yang lebih ke menantang karena style komiknya beda sama komik yang pernah digarap sebelumnya. Dhana menambahkan pastinya perlu penyesuaian dari segi work flow .

Sebagai kreator, kalian suka gak sih sama komik bergenre horror?

Nah, kalau soal ini mereka punya selera masing-masing, loh. Seperti Dhana dan Snow yang menyukai komik Junji Ito sampai Ingo yang sebelumnya tidak pernah suka genre horor, sebelum akhirnya muncul sinawang.

Baca juga: 6 Fakta Menarik The Other Side: Hollows

Boleh kasih bocoran akan seperti apa kkomik nantinya?

Kemungkinan besar bakal lebih banyak kejutan-kejutan seru yang menanti. Bakal lebih banyak fitur-fitur interaktif baru yang makin menambah keasyikan mengikuti ceritanya. Entah mungkin dengan cerita yang lebih panjang atau pilihan ending yang lebih banyak? Siapa tau? Tunggu aja, ya!

Sumber: www.ciayo.com

Nah, dari pada penasaran mendingan langsung aja baca dan coba ikuti cerita The Other Side: Hollows hanya di CIAYO Comics!  Tentukan ending versi kamu sendiri untuk mencari jalan keluar. Hati-hati dengan setiap langkah, karena setiap pilihan bisa membawa sang gadis pada akhir yang menakutkan. Jangan sampai terkecoh. Psst, kalau sudah, jangan lupa beri tahu di komentar ending apa yang kamu dapat!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

00-volt-d

6 Tahun Volt Dan Mimpi Marcelino Lefrandt Membangkitkan Superhero Lokal

Di bulan Maret 2018 ini, superhero Indonesia Volt merayakan ulang tahunnya ke-6. Diciptakan oleh Marcelino Lefrandt, Vol.. more

fight league

Fight League: Gear Gadget Generators Tayang di Ponimu

Anime Fight League: Gear Gadget Generators yang diadaptasi dari game mobile berjudul sama akan tayangs simulcast di Indo.. more

Consilium: Petualangan Seru Dua Detektif Tampan

Bagaimana jadinya kalo bro sis tinggal di masa depan dan ketemu dengan dua detektif polisi tampan dengan dua kepribadian.. more

Trigger Junkie - CIAYO Comics

Trigger Junkie: Kenalan Sama Wanda, Yuk!

Buat yang suka baca Trigger Junkie, pasti kenal sama Wanda. Yuk, kenalan lebih lanjut!.. more

Siap-siap, COMICONNECT TOUR 2018 Bakal Datang Ke Kotamu!

COMICONNECT TOUR 2018 adalah tempat buat para author komik untuk belajar dan unjuk karya dengan sesama author dan pelaku.. more