Di Jepang ada Festival Khusus Untuk Berterima Kasih Kepada Boneka loh!

2 months ago
Sumber: faustusnotes.worpress

Menjelang musim gugur di Jepang terdapat sebuah festival yang bertujuan untuk menghormati dan berterima kasih atas jasa boneka loh. Festival tersebut bernama ‘Ningyo-Kanshasai Festival’. Biasanya festival ini dirayakan di kuil Meiji, Tokyo. Jadi jenis boneka apapun yang dikoleksi oleh suatu keluarga namun gak ingin digunakan lagi, bisa disimpan di kuil Meiji sebagai tanda terima kasih telah menemani masa kecil pemiliknya.

Boneka-boneka yang terkumpul nantinya bakal dipajang bersamaan dan didoakan supaya ‘jiwa’ atau ‘pengalaman’ yang dimiliki oleh boneka-boneka tersebut selama bersama kita, bisa pergi dengan tenang ke dunia arwah. Menurut kepercayaan, festival ini juga sebagai lambang pemutuskan ikatan boneka terhadap pemiliknya. Karena setiap benda disebutkan memiliki ‘jiwa’ termasuk boneka yang kita miliki.

Sumber: blog.jtbusa.com

Sumber: blog.jtbusa.com

Orang Jepang percaya bahwa masing-masing benda mari memiliki arwah di dalamnya. ‘Arwah’ atau jiwa tersebut hadir berdasarkan energy yang dimiliki oleh orang yang menggunakannya. Misalkan benda tersebut digunakan dengan baik dan disayang oleh pemiliknya, maka nantinya benda tersebut dipercayai akan membawa keberuntungan baik. Sebaliknya kalau benda tersebut digunakan untuk hal yang gak baik oleh pemiliknya atau gak dirawat dengan baik, maka benda tersebut akan membawa energi yang buruk juga.

Ada juga orang yang mengatakan kalau kita menempatkan sebuah boneka yang berwujud sama seperti manusia di dekat orang yang sedang sakit, maka boneka itu akan menyerap energi buruk pemiliknya.

sumber: flickr.com

sumber: flickr.com

Boneka yang menemani seorang anak dari kecil sampai tumbuh dewasa gak akan mudah untuk dibuang begitu aja. Di saat yang sama, orang dewasa akan berhenti untuk memainkan boneka tersebut. Daripada menelantarkan boneka begitu aja, orang Jepang merasa lebih baik untuk menitipkannya di kuil dan didoakan. Apa lagi untuk boneka yang menyerupai manusia. Di Jepang sulit rasanya untuk membuang boneka begitu aja. Hampir sama seperti kepercayaan yang ada di Indonesia, yaitu gak boleh membuang foto orang sembarangan ke tempat pembuangan sampah. Pemikiran ini hadir karena mereka percaya dengan adanya hukum karma, harus selalu berhati-hati dengan apapun yang kita lakukan. Apa yang kita lakukan hasilnya akan kembali kepada kita juga.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Awalnya kemunculan festival untuk berterima kasih kepada boneka ini dimulai dari sebuah legenda. Saat jaman dulu, ada banyak keluarga yang ingin sekali untuk punya anak. Pasangan-pasangan yang ingin mempunyai anak pun datang ke kuil untuk diberkati oleh penjaga kuil. Setiap pasangan yang doanya terkabul untuk memiliki anak pun datang kembali sambil membawa boneka. Boneka ini digunakan sebagai ‘pengganti’ atas anak yang diberikan oleh dewa. Selain itu boneka yang dimiliki anak ini disimpan di kuil agar anak itu tumbuh besar dengan sehat dan terberkati. Dalam bahasa Jepang, boneka adalah Ningyo. Dimana arti yang sebenarnya adalah ‘wujud manusia’ kalau ditulis dengan huruf kanji. Festival ini juga terus dirayakan sebagai bentuk pembelajaran kalau setiap benda harus dirawat dengan baik. Gak mau boneka kamu jadi kayak boneka Annabel kan? 😛

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Sumber: reddit

Dragon Ball Super: Akankah Rahasia Zeno-Sama/Omni King dan Daishinkan/Great Priest Terungkap?

Siapa yang tiap hari Minggu nonton anime Dragon Ball Super (seperti saya)?.. more

CIAYO Games Sambangi Agate Studio. Ada Apa Ya?

Beberapa waktu lalu, Tim CIAYO Games berkunjung ke Agate Studio. Nggak hanya sharing session, CIAYO Games dan Agate Stud.. more

Love Sucks, Sumber: CIAYO Comics

Love Sucks, Berawal dari pertemuan yang tidak disengaja di kota New York.

Sesampainya di New York, Elizabeth kepincut dengan laki-laki yang tak sengaja bersenggolan dengannya. Lelaki tampan berm.. more

Anime Horror

Anime – Anime Horror Ini Pasti Diingat Anak 90an

Buat anak 90an, ngaku deh di banding hapalin pelajaran, pasti kalian lebih hapal dengan jadwal anime yang tayang di tivi.. more

Knowl­edge speaks — Wis­dom lis­tens, Athens Greece 2016 (Sumber: wdstreetart.com)

Seniman Mural Asal Indonesia ini Berhasil Go International!

Nah, ternyata kalau ngomongin soa mural, Indonesia juga punya jagoannya loh. Buat para penikmat street art pasti pernah .. more