Diskusi Seru di Japan Foundation Bareng NaoBun Project

3 months ago

Industri kreatif Indonesia sedang dalam tahap berkembang. Kreator-kreator dalam negeri makin kreatif dalam mengemas karya serta Intelectual Property. Tapi belum ada standar yang disepakati bersama untuk memuluskan suatu karya menjadi produk yang sukses. Setiap pihak punya cara masing-masing untuk menyebarkan karya agar dapat diterima khalayak.

Ada yang memulai dari sosial media, membangun impresi di dunia digital, ada pula yang memulai dengan jalur konvensional. Setiap jalan yang diambil tentulah memiliki rintangan yang berbeda-beda. Dunia kreatif yang terlihat menyenangkan dan ‘baik-baik saja’, memiliki sisi lain yang juga penting untuk disoroti. Apa yang terlihat, tidak semanis kenyataannya.

Pada 19 Agustus 2017, di Hall The Japan, lantai 2 Summitmas Building 2, Japan Foundation, NaoBun Project memperkenalkan program Youtube yang akan mereka rilis bertajuk Charatalks. Program Youtube ini merupakan kerjasama NaoBun Project dengan Japan Foundation. Charatalks akan membahas berbagai seluk-beluk terkait dunia kreatif, komik, serta character industry. Jasmine Surkatty dan Bonni Rambatan akan menjadi host dalam Charatalks.

Jasmine Surkatty

Jasmine Surkatty

NaoBun Project yang digawangi oleh Bonni Rambatan dan Naomi Saddhadhika adalah anak perusahaan Rambatan Saddhadhika Design Firm yang merupakan produsen IP dan karakter berorientasi isu-isu sosial dan lingkungan. Rambatan Saddhadhika Design Firm merupakan firma desain dan konsultasi yang didirikan oleh Bonni Rambatan dan Naomi Saddhadhika pada bulan Mei tahun 2016 di Jakarta.

(naobunproject.id)

(naobunproject.id)

Selain memperkenalkan Charatalks, NaoBun Project juga launching sebuah judul komik yaitu “Primate Peril” yang sudah bisa dibaca di CIAYO Comics mulai 18 Agustus 2017, dan akan update tiap Jumat. “Primate Peril” merupakan kolaborasi Bonni Rambatan sebagai penulis, Nin Dianda sebagai ilustrator, dengan Tri Handkerchiefs. Komik ini menggambarkan kehidupan orang utan yang terancam akibat ulah manusia yaitu penebangan hutan. Melewati riset yang cukup mendalam hingga mengunjungi langsung hutan Kalimantan, Bonni dan Nin akhirnya bisa menyelesaikan project yang sudah digarap selama beberapa bulan ini.

Nin Dianda & Bonni Rambatan

Nin Dianda & Bonni Rambatan

Setelah diskusi seru, penayangan video teaser, acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pengunjung yang hadir sangat antusias dan semangat untuk mengajukan beberapa pertanyaan.

Selain Charatalks dan Primate Peril, NaoBun Project masih akan meluncurkan beberapa karya kreatif lainnya. Maju terus industri kreatif Indonesia!

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. Now she is a part of our team. She also loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel.

Comments

Most
Popular

Kantor pusat Intel Corporation. Sumber gambar: theinquirer.net

Babak Terbaru Perang Abadi Intel Dan AMD – Core i7 7820X vs Ryzen 7 1700

Intel dan AMD adalah nama dua pemain utama computer processor/microprocessor di dunia ini. Sudah sejak dulu mereka terli.. more

The Kasuaris – Episode 4: Cewe Ini Jatah Gw

Ya beginilah enaknya punya teman yang punya Lamborghini juga. Asoy geboy ngebut di jalanan ibukota... more

The World of Ghibli Jakarta Press Conference. Photo by CIAYO Picture

Full Report: Ngintip Press Conference Studio Ghibli di Jakarta Yuk!

Ternyata konferensi pers Studio Ghibli menarik juga!.. more

Anime 90an yang layak di-live action-kan. Sumber gambar: downthetubes.net

Hollywood Seharusnya Membuat Film Dari Manga 80-90an Ini

Padahal jika Hollywood mau melihat agak jauh ke belakang, ada banyak manga atau anime yang cocok menggunakan aktor berku.. more

Keti & Niel (Sumber: ciayo.com)

Gimana Kalo Gebetan Kamu Ternyata Vampir?

Kalo ternyata gebetan kamu ternyata vampir gimana? Apa yang terjadi sama Keti dan Niel di Love Has Fangs?.. more