Komik DC Comics Jadul Doom Patrol Dibuat TV Series

7 months ago
doom patrol

Trend film dan TV series berbasis komik superheroes masih berlanjut dan belum menunjukkan volume menurun sama sekali. Baik dari kubu DC Comics maupun Marvel Comics.

Dua raksasa komik serta film superheroes ini seakan tidak mau melepas momentum kesuksesan tayangan-tayangan film dan TV series superheroes yang sekarang merajalela di berbagai bioskop serta televisi dunia. Dan ini berbanding lurus dengan kemauan serta tuntutan fans mereka yang selalu tinggi sehingga tidak ada alasan untuk Marvel serta DC mengurangi laju mereka dalam produksi.

Trend dan booming ini juga merupakan kesempatan untuk pihak publisher komik untuk mengenalkan kembali / menciptakan ulang citra dari judul atau karakter komik yang dulu (di era klasik sebelum modern masa kini) terkenal.

Hal ini dapat dirasakan saat DC Comics memutuskan untuk membuat serial TV dari komik klasik mereka yang berjudul “Doom Patrol” setelah memberikan cameo/teaser di serial TV lainnya: “Titans”.

Yang Harus Kamu Tahu Tentang Doom Patrol

Debut “Doom Patrol” di dunia komik superheroes (Sumber: Pinterest)

Debut “Doom Patrol” di dunia komik superheroes (Sumber: Pinterest)

“Doom Patrol” bukan judul komik masa kini.

Nama ini pertama muncul tahun 1963 bulan Juni di komik “My Greatest Adventure #80”. Disebut sebagai “World’s Strangest Heroes” alias Pahlawan Dunia Paling Aneh, Doom Patrol diciptakan oleh tiga sosok yaitu dua penulis (Arnold Drake dan Bob Haney) dengan satu ilustrator (Bruno Premiani).

Karakter-karakter awal dari superheroes yang “lahir karena kecelakaan, trauma dan keterasingan” ini adalah Niles Caulder alias The Chief, Cliff Steele aka. Robotman, Larry Trainor atau Negative Man serta Rita Farr “Elasti-Girl”.

Susunan ini tidak berlangsung lama karena Arnold Drake memutuskan untuk ‘membunuh’ seluruh anggota Doom Patrol di edisi final komik mereka: “Doom Patrol #121”.

Akhir dari Doom Patrol (Sumber: Worth Point)

Akhir dari Doom Patrol (Sumber: Worth Point)

Itu terjadi tahun 1968. Sejak saat itu komik Doom Patrol mengalami berbagai perubahan sepanjang waktu sebanyak enam iterasi; dengan hanya menyisakan Robotman sebagai karakter lama yang terus muncul di setiap Doom Patrol pasca versi original tahun 1963.

Para Anggota Doom Patrol

Superheroes dengan masalah psikis (Sumber: DC Wikia)

Superheroes dengan masalah psikis (Sumber: DC Wikia)

Para superheroes ‘bermasalah’ ini punya superpower yang unik. Dan di dapat karena faktor eksternal (kecelakaan).

Niles Caulder memiliki kekuatan intelegensia/kecerdasan tinggi namun dalam kondisi fisik terbatas karena tergantung pada kursi roda untuk mobilitasnya.

Fans komik yang kurang informasi mungkin akan segera berseru “Wah! Tiruan Professor X dari serial X-Men Marvel!” Sayang sekali, fanboy! Niles Caulder diperkenalkan pertama kali ke publik pada bulan Juni 1963 sementara Charles Xavier di bulan September 1963.

Caulder menciptakan Doom Patrol dengan tujuan menjaga keamanan untuk manusia, melawan kejahatan serta mengajarkan manusia agar bisa menerima perbedaan yang ada di diri mereka-mereka yang memiliki “kemampuan spesial” dalam hidup.

The Chief (Sumber: Blogspot)

The Chief (Sumber: Blogspot)

Doom Patrol di bawah kepemimpinan Caulder (alias “The Chief”) berisi mereka-mereka yang dianggap makhluk aneh oleh manusia namun menjadi garda penjaga kedamaian dunia manusia yang membenci mereka. Sebuah ironi.

Menjaga manusia yang memusuhi mereka (Sumber: Den of Geek)

Menjaga manusia yang memusuhi mereka (Sumber: Den of Geek)

Cliff Steele “Robotman” (di dua edisi awal menggunakan nama “Automaton”) tadinya merupakan pembalap yang mengalami kecelakaaan dengan tubuh hancur. Oleh Caulder, otak Steele yang masih aktif diletakkan ke badan robot sehingga dia bisa ‘hidup kembali’ namun mengalami depresi karena menganggap dirinya kini tidak lagi manusia dan berharga.

Robotman (Sumber: Wikipedia)

Robotman (Sumber: Wikipedia)

Larry Trainor alias “Negative Man” merupakan pilot penguji pesawat tempur yang terkena radiasi radioaktif saat berada di atmosfir. Akibat kecelakaan itu dia memiliki kemampuan melepaskan energi negatif dari tubuh. Bukan sembarang energi negatif karena akibat kecelakaan tersebut Trainor jadi bisa terbang dengan kecepatan tinggi, mengakibatkan objek keras meledak serta menembus benda padat.

Semua dalam format energi negatif yang bisa dia keluarkan dari tubuh. Karena itulah tubuh asli Trainor menjadi rentan saat dia dalam kondisi melepaskan energi negatif; yang mana bisa dilakukan selama 60 detik sebelum kemudian harus kembali ke badannya lagi. Atau dia bisa tewas.

Agar tidak menulari orang sekitar dengan radiasi radioaktif, Negative Man memakai perban khusus yang melilit seluruh tubuh sehingga jadi sedikit mirip mumi Mesir (atau tokoh fiksi “Invisible Man” dari novel H.G. Wells tahun 1897).

Negative Man (Sumber: Hero Collector)

Negative Man (Sumber: Hero Collector)

Sebagai anggota original terakhir Doom Patrol versi perdana, Rita Farr “Elasti-Girl” adalah mantan atlit Olimpiade cabang renang yang meniti karir sebagai aktris Hollywood. Saat syuting di Afrika dia terkena semburan gas vulkanis yang menyebabkan anggota tubuhnya mengalami perubahan molekul menjadi super elastis (dapat mengembang hingga puluhan meter atau malah menciut hingga ukuran inchi) tanpa bisa dia kendalikan.

Minder dengan kondisi tersebut, Farr mundur dari dunia artis dan di dekati oleh Niles Caulder alias The Chief untuk bergabung dengan “sesama makhluk aneh” seperti dia di Doom Patrol. Agar dia dapat mengontrol kekuatan dengan lebih baik.

Elasti-Girl (Sumber: IGN)

Elasti-Girl (Sumber: IGN)

Sebagai komik superheroes, “Doom Patrol” mengalami berbagai perubahan versi dari berbagai penulis serta artists/komikus/penciler/inker sejak versi original-nya selesai tahun 1968.

Ada enam versi Doom Patrol tercipta dengan story dan karakter yang lebih ekspansif ketimbang saat ditangani trio Drake, Haney dan Premiani. Sehingga saat serial TV Doom Patrol untuk layanan streaming DC Universe dipastikan dibuat menyusul cameo Doom Patrol di serial TV Titans, fans penasaran dan mencari berbagai informasi serial yang akan diputar mulai 15 Februari 2019 itu.

Para Pemeran TV Series Doom Patrol

Kisah TV series Doom Patrol akan dimulai langsung dari setting akhir serial TV Titans dan akan dibintangi aktor serta aktris yang beberapa di antaranya berubah jika dibandingkan saat cameo mereka di Titans.

Daftar final dari aktor/aktris TV series Doom Patrol DC Universe adalah:

(Sumber: Den of Geek)

(Sumber: Den of Geek)

  • Timothy Dalton. Berperan sebagai The Chief alias Niles Caulder. Nama ini mungkin di ingat saat berperan sebagai James Bond.
(Sumber: Den of Geek)

(Sumber: Den of Geek)

  • Diane Guerrero. Berperan sebagai Kay Challis “Crazy Jane” yang punya 64 kepribadian. Guerrero juga dikenal saat berperan di serial TV lain “Orange Is the New Black”.
(Sumber: Den of Geek)

(Sumber: Den of Geek)

  • Brendan Fraser & Riley Shanahan berbagi peran sebagai Robotman. Fans trilogi film “The Mummy” (bukan versi Tom Cruise!) pasti tahu/ingat dengan Brendan Fraser.
(Sumber: Den of Geek)

(Sumber: Den of Geek)

  • Matt Bomer & Matthew Zuk juga berbagi peran sebagai Negative Man. Di serial Titans, Negative Man diperankan satu aktor saja yaitu Dwain Murphy.
(Sumber: Den of Geek)

(Sumber: Den of Geek)

  • April Bowlby memerankan Elasti-Woman. Dia juga memerankan karakter ini saat menjadi cameo di Titans.
(Sumber: Den of Geek)

(Sumber: Den of Geek)

  • Joivan Wade sebagai Cyborg. Karakter ini sebenarnya lebih identik dengan animasi Teen Titans. Karakter ini juga pernah muncul di film “Justice League” (2017) DCEU.

Baca Juga: 10 Superhero DC Yang Harus Dibuatkan Film Solo-nya

Karena mengambil tema pasca serial TV Titans maka cerita dan konflik di serial TV Doom Patrol ini dipastikan tidak mengikuti origins awal dari Doom Patrol versi tahun ‘60an dan akan lebih modern.

Ini terlihat dari desain dan foto-foto promosi (plus syuting) Doom Patrol yang kini banyak beredar di internet. Plus adanya Crazy Jane; yang diciptakan Grant Morrison & Richard Case di komik “Doom Patrol Volume 2 #19” pada Februari 1989.

Crazy Jane  (Sumber: Geek Tyrant)

Crazy Jane  (Sumber: Geek Tyrant)

Melihat animo bagus serial TV Titans (terlepas kontroversi yang muncul seperti wig/kostum tidak menarik StarFire atau desain Raven yang kurang oke jika dibandingkan animasi Teen Titans), serial TV Doom Patrol di prediksi akan mendapat sambutan yang sama bagus.

Langkah DC Comics mengenalkan dan meluaskan citra Doom Patrol yang jadul ke era modern diyakini akan berakhir dengan manis. Tapi tentu saja itu harus dibuktikan saat serial ini mulai tayang di saluran streaming berbayar resmi DC Comics, yaitu DC Universe. Kita tunggu saja!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Final Fantasy paling fenomenal dalam sejarah Final Fantasy. Sumber gambar: thenerdstash.com

Final Fantasy VII, Bukan Final Fantasy yang Terbaik Tapi Paling Fenomenal

Baru tiga hari di rilis di Jepang, FF VII sudah terjual melebihi 2,3 juta unit. .. more

00-onet-asli

Onet Asli x Tahilalats Sajikan Game Puzzle Jenaka

Game puzzle Onet Asli berkolaborasi dengan komik strip Tahilalats untuk menyajikan tema dan mode game spesial di game te.. more

cina mencekal game

Cina Akan Mencekal Game Berisi Kekerasan dan Judi

Cina akan mencekal beberapa game yang mengandung konten judi, kekerasan, pornografi, serta politis. Langkah tepat atau j.. more

Selain Aksi Ant-Man, Film Pilihan Bulan Juli Juga Menampilkan Tom Cruise!

Memasuki akhir bulan, film penutup bulan Juni pun menampilkan aksi efik Benicio Del Toro dan Josh Brolin dalam film Sica.. more

Sumber: netdna-cdn

[Review] The Post, Skandal Perang Vietnam yang Membungkam Kebebasan Jurnalistik

Nah, melihat kesamaan yang ada tersebut, apakah di penghargaan 90th Academy Awards tanggal 4 Maret 2018 mendatang, film .. more