Doomsday, Monster Buas Pembunuh Superman

4 months ago
00-d-doomsday

Superman dikenal sebagai sosok superhero terkuat. Bisa terbang, punya tubuh super, pemglihatan super, pendengaran super, dan super-super lainnya. Namun seperti semua makhluk hidup, alien humanoid dari planet Krypton ini bisa mati. Superman bahkan pernah mati, dan kematiannya menjadi tragedi nasional, baik di dunia komik DC maupun dunia nyata.

Siapa yang bisa membunuh Superman? Apakah Lex Luthor yang jadi musuh bebuyutannya? Tenryata pembunuh Superman berasal dari luar angkasa dan bahkan tidak berpenampilan layaknya manusia. Dia adalah monster berjuluk Doomsday.

doomsday vs superman

Sumber: Vulture

Doomsday adalah monster mengerikan yang tidak berakal dan bernafsu menghancurkan apa pun yang dilihatnya. Ia sangat membenci makhluk hidup, apapun bentuknya. Saat monster mengerikan ini mendarat di bumi, ia membuat berbagai macam kehancuran yang memakan banyak sekali korban jiwa. Reporter Daily Planet, Lois Lane memberi nama monster mengerikan ini dengan nama Doomsday, yang berarti hari kiamat.

Di saat monster mengerikan ini menghancurkan bumi, para anggota Justice League berusaha menghentikan Doomsday. Akan tetapi mereka semua dibuat tak berdaya dan dibabat habis oleh monster satu ini. Bahkan superhero terkuat Justice League sekaligus pemimpin tim tersebut yaitu Superman berakhir tewas di tangan mahkluk keji tersebut.

Fakta Menarik Tentang Doomsday

Tidak Memiliki Organ Dalam

doomsday organ

Sumber: comicvine

Satu hal yang membuat monster satu ini jadi mesin pembunuh yang tak bisa dihentikan adalah karena ia tidak memiliki organ dalam. Karenanya, Doomsday tidak membutuhkan nutrisi ataupun udara untuk bernafas. Ia juga tidak bisa merasakan rasa sakit dan tidak perlu berpikir ketika menghancurkan berbagai hal yang berada di jalur penghancurannya.

Meskipun tidak memiliki akal dikarenakan Doomsday tidak memiliki otak, tapi mahkluk satu ini menunjukan sedikit kepintaran ketika melawan para anggota Justice League yaitu mampu beradaptasi terhadap berbagai serangan yang dilancarkan anggota Justice League terhadapanya.

Memiliki Asal-usul yang Rumit

doomsday origin

Sumber: comicvine

Dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice, ditunjukan kalau Doomsday diciptakan oleh Lex Luthor dengan melakukan mutasi terhadap mayat Jendral Zod. Kenyataannya, asal usul mosnter ini jauh lebih rumit lagi.

Milyaran tahun yang lalu jauh sebelum bumi tercipta, ada seorang ilmuwan yang bernama Bertron yang ingin membuat sebuah makhluk hidup yang bisa bertahan di lingkungan apapun. Untuk menciptakan hal tersebut, Bertron membuat sebuah bayi dan membuangnya tersebut di sebuah lingkungan berbahaya. Bayi tersebut pun tewas dan Bertron mengambil sisa-sisa dari bayi tersebut untuk mengkloningnya lagi.

Bertron terus melakukan eksperimen keji ini hingga berkali-kali, hingga pada akhirnya setelah ratusan tahun percobaan ada satu makhluk mengerikan yang tercipta. Bertron memberi nama mahkluk tersebut dengan julukan The Ultimate. Yang tidak Bertron sadari, karena terbunuh dan tersakiti hingga tak terhitung berapa kali jumlahnya, The Ultimate menjadi sosok yang membenci apapun yang hidup, dan pada akhirnya membunuh penciptanya sendiri.

Setelah menghancurkan planetnya sendiri, The Ultimate pun menaiki sebuah pesawat dan mulai meneror berbagai planet lainnya. Pada satu waktu, ia tertangkap dan disegel di dalam sebuah asteroid yang secara tidak sengaja jatuh ke bumi. Ini menjelaskan sebab Doomsday mengenakan pakaian khusus yang bisa diduga adalah pakaian tahanan untuk menyegel kekuatannya. Seluruh anggota Justice League secara tidak sengaja menghancurkan pakaian tersebut dalam upaya mereka menghentikan monster tersebut, tapi tampaknya alat untuk menyegel kekuatan monster buas tersebut juga sepertinya sudah rusak ketika asteroid tersebut menabrak bumi.

Bisa Mengalahkan Darkseid

doomsday vs darkseid

Sumber: comicvine

Darkseid adalah penjahat yang bisa dibilang merupakan sebuah ancaman mengerikan bagi para superhero. Ia pernah mengalahkan Thanos dan menghancurkan Infinity Gauntlet, kemudian membantai seluruh anggota Avenger dalam cerita DC vs Marvel. Ia juga pernah membuat kewalahan seluruh anggota Justice League dan mengalahkan mahkluk-mahkluk yang memiliki kekuatan layaknya dewa.

Akan tetapi, Darkseid harus menerima kekalahan yang sangat menyakitkan ketika menghadapi Doomsday. Penguasa Apokolips itu pernah sekali bertarung dengan sang monster dan kalah dengan sangat menyakitkan di tangan mahkluk gila tersebut. Darkseid dibuat pusing tujuh keliling ketika Omega Beam kebanggaannya itu tidak mempan saat digunakan melawan Doomsday, sehingga ia pun dibabat habis oleh mahkluk tersebut. Walaupun Darkseid masih berakhir selamat ketika melawan monster buas tersebut, tapi tetap saja hal itu menimbulkan trauma tersendiri terhadap sang penguasa Apokolips.

Bisa Bertarung Ratusan Tahun Non-stop

doomsday strength

Sumber: pinterest

Dalam pertarungan keduanya melawan sang manusia baja yang jadi makin kuat, Doomsday berhasil dikalahkan oleh Superman dengan cara ditinju hingga terlempar ke dimensi lain. Ia masuk ke dalam dimensi yang dihuni oleh entitas super kuat yang bernama Gog dan seperti yang bisa kamu duga, kedua makhluk tersebut pun bertarung. Pertarungan antara kedua monster tersebut berlangsung selama ratusan tahun lebih dan berakhir dengan kekalahan Gog. Ketika Gog berhasil dikalahkan dan dibunuh oleh Doomsday, ia pun kembali ke bumi dengan kekuatan barunya: Death Aura.

Punya Death Aura

doomsday death aura

Sumber: wallalphacoder

Setelah memenangkan pertarungan ratusan tahun melawan Gog, sang monster gila pun mendapat kekuatan baru yaitu Death Aura. Ketika kembali dari pertarungannya melawan Gog, Doomsday menyebabkan berbagai kehancuran masal dan kepunahan berbagai spesies hewan di Afrika hanya dengan mendarat di bumi. Cara kerja Death Aura mirip dengan Haki milik Shank dari serial anime One Piece, yang mana ketika karakter tersebut berjalan semua orang yang lemah akan pingsan bahkan tewas hanya dengan merasakan auranya. Bedanya, Death Aura milik Doomsday jauh lebih destruktif. Dikarenakan ia tidak memiliki akal, maka kekuatan tersebut tidak terkendalikan hingga menyebabkan berbagai kehancuran.

Pernah Membantu Superman?

doomsday superman

Sumber: pinterest

Walaupun sulit dipercaya karena Doomsday pernah membunuh Superman, akan tetapi ini benar-benar terjadi. Dalam sebuah cerita berjudul Reign of Doomsday, Lex Luthor membuat berbagai macam kloning Doomsday dengan jumlah yang sangat banyak dan dengan kekuatan yang bervariasi di setiap individunya. Ketika itu Superman membuat tim yang terdiri dari Superboy, Steel, Supergirl dan anggota yang sangat tak terduga yaitu Doomsday. Di sini, ia sebenarnya dikendalikan oleh Eradicator untuk melawan kloning-kloning Doomsday dan monster ciptaan teknologi nano milik cyborg Superman, Doomslayer. Pertarungan tersebut dimenangkan oleh tim yang dibentuk Superman dan Doomsday yang kembali lepas kendali sehingga harus dikirim ke dimensi lain oleh The Eradicator.


Itu dia beberapa cerita dan fakta tentang Doomsday. Menurut kamu apa Doomsday pantas jadi musuh terkuat Superman? Beri tahu kami di kolom komentar!

About Author

Daniel

Daniel

Punya hobi menulis dan mengarang cerita dan berbagai macam artikel yang berhubungan dengan film, game , anime, komik dan manga. Facebook : devius darker Email : danieldragunof@yahoo.com/xenomzamiel666@gmail.com Instagram : @zaraelzeronyx

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: personacentral.com

Dragon’s Crown: Game yang Dicela dan Dipuja

Dragon’s Crown adalah game yang menimbulkan polarisasi di antara penggemar video game. Perbedaan pendapat yang ada sam.. more

RPGfan

Games RPG Seru: Tokyo Xanadu eX+

Buat Kamu pecinta games dan mengaku gamers sejati, pasti udah gak asing sama game Tokyo Xanadu Ps Vita! Versi terbaru da.. more

Sumber gambar: nerdmuch.com

Harry Potter Hogwarts Mystery: Game RPG Harry Potter untuk Smartphone

Harry Potter akan kembali muncul di tahun 2018 dalam bentuk game. Kali ini game untuk platform smartphone iOS dan Androi.. more

Sumber gambar: youtube.com

Daftar Gadget ‘Payah’ Sepanjang 2017. Yang Terakhir Bikin Bingung!

Berikut beberapa gadget yang lahir di 2017 dan masuk kategori “payah/nggak berguna/aneh”, baik dalam fungsi ataupun .. more

List Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 2

Daftar pemenang One Shot Challenge Vol. 2!.. more