DOS, Game Kartu Lanjutan UNO – Bagaimana Cara Mainnya?

7 months ago
00-dos-d

Mattel, perusahaan mainan yang memproduksi game kartu UNO, belum lama ini memperkenalkan game kartu barunya yang bernama DOS. DOS, yang artinya adalah “dua,” digadang-gadang sebagai game kartu lanjutan dari UNO yang artinya adalah “satu.”

Kamu mungkin sudah pernah bermain game UNO, entah dengan kartu betulan atau dalam video game. Dengan tujuan menghabiskan semua kartu di tangan, game UNO tak hanya butuh strategi matang, namun juga kemampuan untuk membaca gerakan lawan. Satu manuver kecil saja bisa menggagalkan rencana lawan, atau justru malah menjebak dirimu sendiri!

01-dos

Sumber: Gigazine

Nah, apa bedanya game kartu DOS dengan UNO? Secara sekilas, game kartu ini nggak begitu berbeda jauh dengan UNO. Jumlah kartunya hampir sama banyak, dan cara bermainnya pun sama. Setiap pemain mendapatkan 7 kartu yang harus dibuang semua. Persamaannya selesai sampai di sini saja, karena DOS mengenalkan beberapa gimmick unik yang membuatnya menonjol.

02-dos

Sumber: Gigazine

Di dalam DOS, alih-alih ada satu, kini ada dua tempat untuk membuang kartu. Aturan untuk membuang kartunya pun beda. Jika dalam UNO kamu bisa membuang kartu selama punya kecocokan angka atau warna kartu, maka dalam game ini kartu hanya bisa dibuang jika angkanya cocok di salah satu tumpukan.

03-dos

Sumber: Gigazine

Uniknya, kamu bisa langsung membuang dua kartu sekaligus jika jumlahnya cocok. Misalnya jika di atas tumpukan ada kartu angka 4, kamu bisa membuang kartu angka 1 dan 3 sekaligus karena jumlahnya menjadi 4 – sama dengan kartu di atas tumpukan.

04-dos

Sumber: Wew News

Ada dua kartu spesial yang bisa digunakan. Pertama adalah wildcard berbentuk tagar, yang bisa digunakan untuk menentukan angka selanjutnya secara bebas. Sementara kartu DOS memungkinkan kamu memilih warna kartu selanjutnya.

Untuk memenangkan game ini, kamu harus mengatakan “DOS!” saat kartu di tangan tersisa dua. Kamu harus mengatakan “DOS!” lagi saat semua kartu sudah habis.

Tak Sekacau UNO

DOS rencananya akan rilis di bulan Maret 2018 ini. Namun, beberapa ulasan yang sudah masuk menyebutkan bahwa game kartu ini tidak semenyenangkan UNO, sang kakak. Salah satu alasannya adalah karena DOS tidak memiliki berbagai kartu spesial sebanyak yang dimiliki UNO. Di dalam game ini nggak ada kartu yang punya kemampuan memutar urutan main, skip, atau menyiksa lawan dengan menarik dua sampai empat kartu.

05-dos

Sumber: BuddyBits

Kartu-kartu spesial ini merupakan salah satu kekuatan utama UNO yang menjadikannya sebuah game kartu yang tak bisa diprediksi dengan mudah. Kartu-kartu ini menjadi sebuah senjata utama; kartu as bagi para pemain UNO yang mengandalkan taktik dan juga tipu muslihat. Dengan jumlah kartu spesial yang terbatas, permainan DOS justru berjalan monoton dan adem ayem saja.

Memperparah keadaan, DOS tidak hanya monoton namun juga lambat. Mencocokkan kartu di dalam game ini hanya dapat dilakukan berdasrkan angka dan bukan warna. Akibatnya, satu game DOS akan berjalan sangat lambat karena pemain harus mencocokkan berdasarkan satu kriteria saja.

06-dos

Sumber: BuddyBits

Jika demikian, maka DOS mungkin bisa jadi game kartu yang cocok buat kamu yang ingin sedikit bersantai dari segala hingar bingar kesibukan. Gamenya memang lambat, namun mungkin saja hal ini cocok buat kamu yang ingin sedikit merasa rileks. Namun bagi kamu yang ingin sedikit lebih “ramai” dan sedang mood untuk ngisengin teman, maka game UNO selalu bisa diandalkan.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-daicon-iv

37 Tahun Yang Lalu, Jepang Sudah Punya Ready Player One Sendiri

Daicon III dan Daicon IV adalah animasi pendek yang dibuat 37 tahun yang lalu. Isinya menampilkan berbagai referensi pop.. more

Sumber: pinterest.com

Chronestesia: Mesin Waktu Dalam Otak Manusia

Film dan buku fiksi yang memakai tema balik ke masa lalu atau tokoh yang punya kekuatan teleporter bisa pergi ke suatu m.. more

Poster Akira (redbubble.com)

Parodi Poster Akira Yang Sekeren Aslinya!

Buat yang udah lama suka baca komik, pasti kenal sama Akira. Selain komiknya yang fenomenal, posternya juga menginspiras.. more

Pesta internal Sony dan rekan-rekan. Sumber gambar: gameaxis.com

Pemenang PlayStation Awards 2017 Baru Saja Diumumkan

Bagian terlucu tahun ini untuk PlayStation Awards mungkin adalah saat Microsoft berhasil mendapatkan PlayStation Award u.. more

The Nun - Cover (Sumber: screenweek)

Review Film The Nun, Kisah Spin Off atau Prekuel?

The Nun, mengungkapkan sosok Valak dalam The Conjuring 2... more