Dragon Ball Super: Akankah Rahasia Zeno-Sama/Omni King dan Daishinkan/Great Priest Terungkap?

2 months ago
Sumber: reddit

Siapa yang tiap hari Minggu nonton anime Dragon Ball Super (seperti saya)?

Setelah lama vakum, serial TV Dragon Ball dihidupkan kembali oleh Toei Animation pada tahun 2015. Dengan menggunakan judul “Dragon Ball Chou / Dragon Ball Super”, Akira Toriyama pun di dapuk menjadi penulis outline plot cerita (sehingga otomatis kisah di serial ini dianggap bagian canonical dari keseluruhan Dragon Ball Universe), Toei Animation berharap serial baru ini akan lebih sukses dari yang sebelum-sebelumnya.

Promotional poster Dragon Ball Super. Sumber gambar: wikipedia.org

Promotional poster Dragon Ball Super. Sumber gambar: wikipedia.org

Dengan mengabaikan story dan karakter di Dragon Ball GT, Toei mengacu pada akhir dari arc Majin Bu di Dragon Ball Z dengan time frame 4 tahun setelah Z Fighters mengalahkan Majin Bu.

Dunia kembali tenang dan damai. Goku hidup bersama istri dan anak bungsunya sebagai petani lobak. Namun dunia dalam bahaya oleh kemunculan God Of Destruction Beerus, yang mendapatkan ‘wangsit’ untuk bertarung dengan Super Saiyan God.

Beerus sendiri sangat ditakuti di Universe 7; tempat dimana Goku dan yang lainnya hidup. Karena Beerus mengancam akan menghancurkan bumi, maka Goku pun berubah menjadi Super Saiyan God demi menghadapi Beerus. Walau kalah, perjuangan Goku membuat Beerus berubah pikiran untuk menghancurkan dunia. Ditambah lagi dengan kecerdikan Bulma men-servis Dewa Penghancur berbentuk kucing mesir tersebut dengan makanan-makanan dunia yang enak, Beerus dan asistennya Whis akhirnya malah jadi berteman dengan para Z Fighters.

Beerus dan Whis. Dewa Penghancur dan Asisten. Sumber gambar: gamespot.com

Beerus dan Whis. Dewa Penghancur dan Asisten. Sumber gambar: gamespot.com

Setelah arc Beerus, disusul dengan arc Freeza yang dihidupkan kembali oleh anak buahnya dengan Dragon Ball. Freeza mencari Goku untuk balas dendam. Namun walaupun berubah menjadi Golden Freeza, dia tetap kalah oleh Goku. Freeza kembali mati dan dikirim ke neraka.

Arc berikutnya merupakan arc penting, dimana Future Trunk mendadak muncul. Dia mengatakan kalau di masa depan ada musuh baru yang sangat kuat dan tidak terkalahkan bernama “Black”, yang ternyata merupakan bentuk lain dari seorang calon Kaio-shin bernama Zamasu. Dia membajak tubuh Goku dari timeline yang berbeda dari Goku masa kini maupun Future Trunks. Tujuannya adalah menghapus keberadaan manusia dari seluruh Universe.

Black dan Zamasu. Berbeda tapi satu. Sumber gambar: gamespot.com

Black dan Zamasu. Berbeda tapi satu. Sumber gambar: gamespot.com

Namun Zamasu akhirnya “dihapus” keberadaannya oleh Zeno-sama dari masa depan.

Siapa Zeno-sama?

Dia adalah raja dari segala Universe yang ada. Saat dia menghapus masa depan bersama dengan Zamasu/Black, Zeno-sama ikut dengan Goku ke masa kini dan bertemu dengan Zeno-sama di masa itu. Masa kini akhirnya memiliki dua Zeno-sama karena masa depan sudah dihancurkan oleh Zeno-sama yang berasal dari masa depan, dan Zeno-sama di masa kini tidak memiliki andil dalam hal itu.

Zeno-sama masa kini dan Zeno-sama masa depan. Sumber gambar: youtube.com

Zeno-sama masa kini dan Zeno-sama masa depan. Sumber gambar: youtube.com

Bikin bingung? Itulah Dragon Ball; dimana aliran waktu dan space/continuum di acak-acak dengan mudahnya oleh para penulis skenario.

Anyway, situasi menjadi genting karena dua Zeno-sama (yang memiliki bentuk tubuh dan karakteristik anak-anak) itu sedang bosan dan mereka mulai menghancurkan planet-planet yang ada di setiap universe sebagai permainan. Goku lantas (tanpa dia sadari kalau tindakannya akan dibenci universe lain) mengusulkan agar Zeno-sama mengadakan turnamen antar universe saja untuk menentukan siapa yang akan bertahan terakhir. Zeno-sama setuju dan akan menghadiahi pemenang dengan Super Dragon Ball yang akan mengabulkan permintaan apapun; sesuatu yang telah dilakukan Zamasu sebelumnya di arc Future Trunks.

Super Shenron dari Super Dragon Ball, Sumber gambar: dragonball.wikia.com

Super Shenron dari Super Dragon Ball, Sumber gambar: dragonball.wikia.com

Universe lain yang terpaksa mengikuti turnamen (disebut sebagai Tournamen of Power) menganggap Goku membahayakan alam semesta karena mengusulkan turnamen berbahaya pada Zeno-sama; yang mereka semua takuti.

Padahal sebenarnya Goku sedang mengulur waktu dan memberi kesempatan pada mereka untuk berjuang menyelamatkan universe masing-masing, karena toh Zeno-sama sedang menghancurkan planet satu per satu sebelum Goku mengusulkan adanya turnamen. Tapi para peserta turnamen tidak tahu itu.

Jika bro sis menonton Dragon Ball Super akan terlihat kemisteriusan yang ditunjukkan oleh Zeno-sama dan tangan kanannya, Daishinkan. Walau sering bertingkah konyol seperti bocah, Zeno-sama kadang terlihat menyeramkan dan penuh tekanan. Bahkan sebelum Tournament Of Power sudah terlihat kalau Zeno-sama memiliki kepribadian destruktif dan tidak stabil.

Daishinkan juga demikian. Walau terlihat kalem dan santai, namun dapat dirasakan kalau pria bertubuh kecil dengan penampilan bersahabat itu memiliki aura yang bengis. Hal ini dapat terlihat saat episode 98, saat dia terlihat tersenyum selepas Zeno-sama dengan santainya melenyapkan Universe 9.

Daishinkan. Tangan kanan Zeno-sama. Sumber gambar: youtube.com

Daishinkan. Tangan kanan Zeno-sama. Sumber gambar: youtube.com

Teori-teori yang berkembang mengatakan kalau Daishinkan memiliki agenda jahat tersendiri. Beberapa malah menuding kalau Zeno-sama dan Daishinkan mirip (atau bahkan adalah!) Zamasu dan Black yang ada di arc sebelumnya. Hal ini belum dapat dibuktikan karena kisah di Dragon Ball Super masih pada pertarungan-pertarungan antar Universe sehingga arti senyum Daishinkan saat Universe 9 dihapus oleh Zeno-sama masih misterius.

Kita terpaksa hanya bisa menebak-nebak hingga arc ini berakhir dan semuanya menjadi jelas. Atau bro sis punya teori sendiri untuk hal ini? Ayo sampaikan di kolom komentar ya~

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Yayoi Kusama. (Sumber: highsnobiety)

Yayoi Kusama: Polkadot Queen Asal Jepang yang Mendunia

Kalau kamu dengar nama Yayoi Kusama, pasti teringat dengan polkadot. Yap, seniman asal Jepang ini termasuk sebagai salah.. more

Membalut Karakter (IP) Ke Dalam Kuliner

Di dalam bidang ekonomi kreatif, subsektor industri kuliner (makanan dan minuman) menempati posisi pertama dalam hal pen.. more

Sabrina – Chapter 4: Kencan Dengan Expatriat

Sudah lama Sabrina menyimak event-event di aplikasi untuk komunitas traveler itu. Group trip, meet up, dan kumpul-kumpul.. more

Kolaborasi Square Enix dan Marvel Avengers (thenextweb.com)

Square Enix dan Marvel Akan Berkolaborasi Membuat Game

Kabarnya Square Enix, produsen game Jepang, dan Marvel, produsen komik dan film Amerika, akan berkolaborasi untuk membua.. more

(Vandaria Saga – Redfang)

Resensi Novel Redfang: Kakak Bunuh Adik, Dikubur, Eh Si Adik Malah Muncul Lagi

Kolaborasi CIAYO Comics dan Vandaria Saga membuahkan komik baru yang nantinya akan meramaikan hikayat Vandaria, lho. Kab.. more