Dragon Ball Super Menggemparkan Amerika Latin, Pemerintah Turun Tangan!

7 months ago
00-d-dragon-ball-super

Sudah pernah dengar Dragon Ball Super? Mungkin kalau hanya Dragon Ball tidak asing, ya?Anime dan manga silat karangan Akira Toriyama ini dikenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Banyak orang yang senantiasa mengikuti petualangan Goku mengumpulkan tujuh bola naga dan bertarung melawan para petarung kuat sejagat raya.

Namun nampaknya dari semua negara di dunia, negara-negara Amerika Latin-lah yang memiliki fans Dragon Ball paling setia dan militan.

Dragon Ball Super - poster

Super, serial anime baru Dragon Ball. (Sumber: OtakuKart)

Hal ini dibuktikan lewat anime terbaru Dragon Ball, Dragon Ball Super. Dragon Ball Super menampilkan kisah terbaru Goku untuk pertama kalinya sejak 18 tahun terakhir.

Dalam anime ini, Goku harus bertahan dari kemunculan para petarung dari luar angkasa dan dimensi alternatif. Hal ini sangat genting karena dunia yang ditinggali oleh Goku dan kawan-kawan terancam hancur. Untuk itu, Goku mengikuti turnamen yang bakal mempertaruhkan nasib berbagai dimensi alternatif.

Baca juga: Dragon Ball Super: Akankah Rahasia Zeno-Sama/Omni King dan Daishinkan/Great Priest Terungkap?

Dragon Ball Super - goku jiren

Goku versus Jiren menjadi pertarungan puncak yang ditunggu di Dragon Ball Super. (Sumber: Combo Infinito)

Epic finale dari anime Dragon Ball Super ini ternyata berhasil menarik perhatian berbagai fans Dragon Ball di negara-negara Amerika Latin. Layaknya berbagai penonton di seluruh dunia, pengalaman pertama mereka menonton anime atau membaca manga adalah lewat Dragon Ball. Jadi tentu saja kemunculan cerita baru Dragon Ball akan membuat para fans lama kembali bangkit.

Namun, dedikasi para fans di negara-negara Amerika Latin ini rasanya sangat absurd dan terkesan berlebihan.

Pemerintah Mengadakan Nonton Bareng Dragon Ball Super

Dragon Ball Super - gohan blanco

Gohan Blanco dengan kalimat khasnya, “Ini adalah akhir, kakek tua!”( Sumber: Twitter)

Belum lama ini, beredar banyak meme Dragon Ball Super yang menjabarkan tingkatan kekuatan para karakter Dragon Ball dengan wujud-wujud imaginer dan ditulis dalam bahasa Spanyol.

Misal saja ada El Hermano (Jiren berkulit emas), Gohan Calvo (Gohan dengan pitak di kepalanya), bahkan hingga karakter yang jelas-jelas tidak ada dalam Dragon Ball seperti Shaggy dari Scooby Doo dan Sheen dari Jimmy Neutron.

Dragon Ball Super - shaggy

Bahkan Shaggy saja belum punya Ultra Instinct. (Sumber: Youtube)

Ehm, kembali ke topik. Kehebohan fans Dragon Ball Amerika Latin tidak berhenti sampai di situ saja. Dari seluruh dunia, lebih dari 20 ribu penonton mempersiapkan diri untuk menyaksikan dua episode terakhir Dragon Ball Super di akhir bulan Maret ini.

Di negara-negara seperti Meksiko, Ekuador, Chile, Argentina, dan negara Amerika Latin lainnya, diadakan acara nonton bareng Dragon Ball Super.

Dragon Ball Super - nobar

Kita sampai pada masa di mana uang pajak dipakai untuk bikin acara nonton anime. (Sumber: Twitter)

Oppai Senpai, seorang Youtuber, mencatat berbagai acara nobar yang bahkan diadakan oleh pemerintah setempat! “Foto nonton bareng live streaming Dragon Ball Super episode 130 diadakan oleh pemerintah setempat di penjuru Amerika Latin,” tulis Oppai Senpai di laman Facebooknya.

Ia mencatat berbagai kota di Ekuador dan El Salvador yang mengadakan acara nobar di Santiago, Veracruz, Machala, dan San Miguel. Ia juga mengamati lebih banyak acara nobar di Meksiko, seperti di kota Juarez, Queretaro, San Luis, Potosi, dan masih ada ratusan lainnya!

Dragon Ball Super - walikota

Walikota Juarez, Armando Cabada mengatur terselenggaranya acara nobar Dragon Ball Super di kotanya. (Sumber: Proceso)

Bicara soal Juarez, walikota Juarez, Armando Cabada sendiri yang mengadakan acara nobar episode 130 Dragon Ball Super di Juarez. Pengunjung akan disuguhi marathon episode 126-129 sebelum menonton episode 130.

Acara rencananya diadakan di Plaza de la Mexicanidad pada tanggal 17 Maret lalu. Berdasarkan laman acara Facebook yang ia buat, ada 12 ribu penonton yang berniat “pergi” ke acara tersebut.

Dicekal Toei Animation

Lantas, apakah acara-acara nobar ini berjalan lancar? Jawabannya adalah ya dan tidak. Walaupun beberapa daerah berhasil menjalankan acara tersebut, beberapa lainnya terpaksa membatalkan acara nobar Dragon Ball Super.

Ternyata panitia mendapatkan surat pencekalan dari Toei Animation, selaku studio yang memproduksi anime Dragon Ball Super. Alasannya, acara tersebut diadakan tanpa mengontak Toei selaku produsen Dragon Ball Super, dan dapat digolongkan sebagai bentuk pembajakan.

Hasilnya, acara nobar di Mexico City, Coahuila, Ciudad Madero, dan beberapa kota dibatalkan. Bahkan kota Juarez sebelumnya yang merupakan salah satu kota pertama yang mengumumkan acara nobar ini juga membatalkan acara tersebut.

Kota-kota tersebut mendapatkan surat cekal dari Toei sendiri yang memerintahkan pembatalan acara tersebut. Pemerintah kota juga mengaku bahwa acara nobar tersebut tidak mendapatkan izin dan sumber video berasal dari situs ilegal.

Dragon Ball Super - crunchyroll

Beberapa acara nobar mengandalkan layanan streaming Crunchyroll. (Sumber: Crunchyroll)

Respon fans di Amerika Latin tentu saja kecewa. Mereka beruaha melobi berbagai pihak yang dapat dimintai bantuan untuk dapat memuluskan acara nonton bareng tersebut. Salah satu pihak yang dikontak oleh fans adalah Crunchyroll.

Crunchyroll adalah website yang menyediakan layanan streaming anime ke seluruh dunia, termasuk Meksiko. Menimbang permohonan dari para fans, Cruncyroll bekerja ekstra kuat untuk dapat membantu fans. Mereka menyediakan kontak kepada perwakilan Toei Animation, serta menyediakan form permohonan untuk penyelenggaraan acara nobar.

Dragon Ball Super - changeorg

Kalau mau, kamu masih bisa ikut tanda tangan. (Sumber: Change.org)

Masih ingat dengan Armando Cabada, walikota Juarez? Walikota petahana yang akan mengikuti pemilu keduanya di Juarez ini tak patah arang setelah menerima pencekalan dari Toei.

Cabada kemudian mengajak fans untuk membuat petisi di Change.org, meminta Toei membuka perizinan untuk acara nobar Dragon Ball Super. Per 17 Maret 2018, petisi tersebut berhasil mendapatkan 5 ribu tanda tangan.

Hasilnya? Sukses besar! Cabada pun mengumumkan bahwa ia berhasil mendapatkan izin dari Toei untuk mengadakan acara nobar Dragon Ball Super! Kota-kota lainnya menyusul untuk mengadakan acara nobar, seperti Queretaro, Morelos, Tocopilla dan Macul di Chile, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal GeGeGe no Kitaro, Anime yang Akan Menggantikan Slot TV Dragon Ball Super

Dragon Ball Super - cabada

Suasana nobar Dragon Ball Super di Juarez. (Sumber: Armando Cabada)

Bahkan pemkot San Salvador, ibu kota El Salvador, menyediakan bis shuttle gratis untuk mengantar peserta nobar ke lokasi acara!

Terlepas dari berbagai masalah, pada akhirnya acara nobar episode 130 Dragon Ball Super di Amerika Latin berhasil diadakan dengan lancar. Para fans berkumpul untuk menyaksikan pertarungan penultimate antara Goku melawan Jiren. Tercatat ada 30 ribu lebih penonton yang menghadiri acara-acara tersebut!

Hiburan Yang Sederhana

Melalui kejadian ini, ada banyak hal yang bisa kita catat, apalagi kalau kamu juga berniat membuat acara nobar yang sama. Hal pertama tentu saja adalah menghargai pemilik hak cipta.

Dalam kasus ini, terlepas apapun alasannya, Toei berhak mencekal acara nobar Dragon Ball Super sebagai bentuk perlindungan terhadap IP mereka. Tentu saja logis dan masuk akal apabila Toei harus dikontak terlebih dahulu sebelum seseorang mengadakan acara nobar Dragon Ball Super.

Bagi Armando Cabada dan para penduduk kota Juarez, nobar Dragon Ball Super adalah sebuah hiburan yang sangat sederhana. Kita di Indonesia dan beberapa negara lainnya sudah cukup puas nonton anime dari laptop atau syukur-syukur disiarkan di TV lokal.

Namun hidup di Meksiko dan negara kecil Amerika Latin sudah cukup keras. Di Meksiko, kepolisian berusaha memberantas kartel narkoba yang tak ragu menumpahkan darah. Tak banyak hiburan yang bisa mereka nikmati, sehingga acara sesimpel nobar anime saja sudah sangat mewah.

Hanya saja, cara Cabada dan pemkot lainnya dalam menyiapkan acara nobar Dragon Ball Super bisa dikatakan salah. Beruntung Toei dan Crunchyroll masih memiliki niat untuk menyelesaikan masalah ini secara damai.

Maka dari itu, acara nobar Dragon Ball Super ini jadi masalah yang cukup serius. Dragon Ball telah mengakar kuat di hati para penggemarnya di Meksiko, sehingga penayangan episode terakhir anime ini bisa saja jadi libur nasional tersendiri.

Dan bisa kamu lihat juga, acara nobar Dragon Ball Super ini nggak hanya diisi oleh fans angkatan tua. Anak-anak, remaja, hingga orang tua mereka turut datang ke acara nobar tersebut. Nobar anime seakan menjadi sebuah rekreasi akhir pekan untuk keluarga. Seperti layar tancap, tapi massa-nya mirip konser musik.

Dragon Ball Super - jualan

Momen Dragon Ball Super juga menjadi ajang untuk menambah pundi-pundi uang bagi mereka yang berotak encer. (Sumber: Armando Cabada)

Tentunya nggak lucu dan memalukan, kan? Bayangkan institusi setara pemerintah kota, pemerintah ibu kota, mengadakan acara nonton bareng anime secara ilegal? Nggak lucu kan kalau sumber videonya didapatkan dari situs anime bajakan?

Jika pemerintah mempromosikan konten bajakan, tentu saja hal ini dapat memperburuk citra mereka sendiri. Seperti menembak kaki sendiri.

Produsen anime dan manga Jepang menangani masalah hak cipta dengan serius. Walaupun pembajakan tak bisa diatasi sepenuhnya, mereka tetap berusaha untuk melindungi IP mereka sendiri.

Pencekalan acara nobar Dragon Ball Super ilegal ini merupakan salah satu komitmen untuk melindungi hak cipta. Sudah waktunya bagi kita untuk menghormati para pemegang hak cipta, sekecil apapun itu caranya. Misalnya dengan membeli merchandise yang dijual resmi di Indonesia.

Dragon Ball Super - cosplayer

Dari sekedar nonton bareng Dragon Ball Super, menjadi sebuah momen berbagi keceriaan. (Sumber: Armando Cabada)

Dragon Ball Super hanya tinggal menyisakan satu episode saja. Episode 131 di akhir minggu ini akan menampilkan akhir dari pertarungan epik Goku melawan Jiren, serta nasib dunia Dragon Ball itu sendiri.

Baca juga[Review Dragon Ball Super Episode 122] Vegeta vs Jiren: Buah Kebanggan Bangsa Saiyan

Harapannya, jika pemerintah kota di negara-negara Amerika Latin atau siapapun yang berniat mengadakan acara nobar lagi, mereka akan mengurusnya melalui jalur legal dengan mengontak Toei dan atau Crunchyroll.

Dragon Ball Super - 10ribu

Percaya nggak, 10 ribuan orang di sini sedang nonton Dragon Ball? (Sumber: Twitter)

Penonton senang, produsen senang, pemerintah juga senang! Menonton Goku Blanco melawan El Hermano bersama ribuan orang lainnya bakal menjadi pengalaman yang tak akan terlupa oleh para fans setia.

Bagaimana di Indonesia sendiri? Apa kamu pernah ikut acara nobar anime? Apakah acaranya legal? Jangan ragu untuk cerita di kolom komentar, ya.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Fireworks ini adapatasi dari drama Jepang di tahun 1953 (Sumber: tumblr)

Anime Fireworks: Sebuah Kisah Tentang Perbedaan Perspektif (Should We See from the Side or the Bottom)?

Film anime Fireworks alias Uchiage Hanabi mengisahkan hubungan antara sepasang remaja dan perbedaan perspektif di antara.. more

5 Langkah Bikin Komik Ala Komikus Profesional

Ada banyak aspek dan poin penting untuk bikin komik, kali ini CIAYO Comics berusaha memberikan tips mudah kepada pembaca.. more

Carut Marut Aturan SNI Untuk Semua Mainan

Aturan mainan impor di Indonesia saat ini dianggap saling kontradiktif. Ada mainan yang harus punya SNI, ada juga yang b.. more

00 game boy desktop

Game Boy: Konsol Handheld Anak Emas Nintendo

Sebelum Switch, 3DS dan DS, Nintendo sudah jadi raja video game handheld. Semuanya berkat Nintendo Game Boy... more

00-d-film-dreadout

Seram! Kengerian Game DreadOut Segera Merambah Layar Lebar!

Sutradara Kimo Stamboel memperkenalkan film DreadOut di POPCON Asia 2018. Menampilkan Caitlin Halderman, Jefri Nichol, d.. more