Dragon Ball Super: Broly Tampilkan Super Saiyan Legendaris!

2 months ago
00-d-dragon-ball-super-broly

Tema dan storyline film teatrikal Dragon Ball Super bulan Desember 2018, yang tadinya masih misterius pasca berakhirnya TV anime “Dragon Ball Chou/Super” (yang digantikan oleh anime klasik “GeGeGe no Kitaro”), kini sudah terlihat.

Dan cukup mengejutkan!

Karena ternyata mereka memakai (mengembalikan?) karakter kesayangan banyak fans Dragon Ball. Karakter yang, lucunya, tidak termasuk dalam struktur canonical atau resmi dalam storyline Dragon Ball; karena merupakan karakter yang diciptakan untuk OVA alias Original Video Animation.

Karakter tersebut adalah “The Legendary Saiyan: Broly”!

Baca Juga: Mengenal GeGeGe no Kitaro, Anime yang Akan Menggantikan Slot TV Dragon Ball Super

Dragon Ball Super: Broly

Legendary Saiyan Broly. Sumber: ComicBook

Broly sendiri sejatinya bukan karakter yang berada dalam timeline resmi Dragon Ball. Timeline resmi Dragon Ball sendiri dihitung sejak Bulma pertama kali berjumpa dengan Son Goku hingga yang terkini, yaitu pasca “Tournament of Power Zeno”.

Nah… Broly sama sekali tidak berada di titik manapun dari timeline ini. TAPI dia tidak dapat disepelekan keberadaannya karena karakter antagonis ini ternyata mampu meraih simpati fans. Persis seperti Vegeta-sama, Prince of Saiyan, yang tadinya sudah mau dimatikan oleh Akira Toriyama (sebagai pencipta saga Dragon Ball) namun batal karena desakan kuat dari fans agar Vegeta tetap ada dalam timeline Dragon Ball.

Plus, kemunculan perdana Broly di saga Dragon Ball dalam format OVA sebenarnya juga dapat diletakkan di salah satu titik timeline resmi. Mungkin di event sebelum “Cell Game” ? Bagaimana menurut kamu?

Desain Broly yang keren dalam bentuk action figure. Sumber: DBZFreaks

Desain Broly yang keren dalam bentuk action figure. Sumber: DBZFreaks

Film anime berjudul “Dragon Ball Super: Broly” ini akan membuat “Dragon Ball Z: Broly – The Legendary Super Saiyan” (1993) dan dua sekuel-nya “Dragon Ball Z: Broly – Second Coming” (Maret 1994) serta “Dragin Ball Z: Bio-Broly” (Juli 1994) tidak lagi relevan sebagai ‘kisah origin Broly si Super Saiyan legendaris’.

Padahal sebelumnya trilogy yang juga dikenal sebagai “Broly Triple Threat” sudah jadi favorit banyak fans Dragon Ball sebagai asal mula Broly.

Dengan adanya “Dragon Ball Super: Broly” nanti, (seharusnya) secara otomatis kisah asal mula Broly akan ditulis ulang. Jika sebelumnya dia tidak berada dalam ‘main canonical timeline’, kini Broly akan jadi bagian cerita utama Dragon Ball.

Tidak lagi jadi cerita sampingan (seperti layaknya OVA).

Paket Broly Triple Threat. Sumber: Pinterest

Paket Broly Triple Threat. Sumber: Pinterest

Desain Broly juga mengalami perubahan jika dibandingkan kemunculan perdana dia tahun 1993 dulu. Broly di versi “Dragon Ball Super: Broly” di-desain oleh Toyotaro yang juga menjadi ilustrator manga “Dragon Ball Super” saat ini.

Desain klasik Broly mode “kalem”. Sumber: Wikia

Desain klasik Broly mode “kalem”. Sumber: Wikia

Desain klasik Broly mode “ngamuk”. Sumber: Wikia

Desain klasik Broly mode “ngamuk”. Sumber: Wikia

Yang sangat menarik dari desain baru Broly ini adalah armor “Freeza Force” yang dipakai oleh Broly.

Armor ini merupakan identitas pasukan Freeza-sama yang pertama kali bisa dilihat lewat Raditz di awal-awal “Dragon Ball Z”. Armor yang mirip juga dikenakan Vegeta-sama dan Nappa saat datang pertama ke Bumi setelah Raditz tewas. Armor-armor itu semua adalah seragam militer dari Freeza Force.

Broly dengan Freeza Force Armor. Sumber: Twitter Vjump

Broly dengan Freeza Force Armor. Sumber: Twitter Vjump

Apakah Broly kini menjadi bagian Freeza Force? Mengingat Freeza-sama sudah dihidupkan kembali setelah ikut memenangkan turnamen Zeno.

Ingat ‘kan kalau Freeza-sama sudah mati dua kali? Sekali di planet Namek (Dragon Ball Z arc Namek) dan sekali di film “Fukkatsu no F”. Dengan hidup kembali, Freeza-sama sudah memberikan hint kalau dia akan membangun kembali pasukan militer seperti dulu. Dan sepertinya Broly adalah bagian dari pasukan baru itu. Mungkin.

Desain baru Broly versi “ngamuk”. Sumber: Twitter Vjump

Desain baru Broly versi “ngamuk”. Sumber: Twitter Vjump

Poster dan artwork official film terbaru Dragon Ball ini juga menunjukkan kalau nantinya porsi duel antar Saiyan (Kakarot/Goku, Broly dan Vegeta) bakal lebih jadi fokus utama ketimbang Freeza-sama sendiri. Ditambah lagi tagline/sub title dari film “Dragon Ball Super: Broly” ini adalah: “The Greatest Enemy, a Saiyan”. Itu semakin menegaskan posisi para Saiyan di film ini sebagai tokoh utama dalam cerita.

Baca Juga: Dragon Ball Super Menggemparkan Amerika Latin, Pemerintah Turun Tangan!

Vegeta-sama dan Goku melawan Broly. Sumber: Twitter DBSuperFrance

Vegeta-sama dan Goku melawan Broly. Sumber: Twitter DBSuperFrance

Pemilihan karakter Broly sebagai antagonis utama di film terkini Dragon Ball sebenarnya tidak terduga namun hal itu justru disambut meriah oleh fans. Karakter Broly yang unik dengan dua kepribadian (kalem dan emosional) serta desain berbeda untuk tiap kepribadian tersebut unik dan keren. Karakter-karakter lain di film “Dragon Ball Super: Broly” juga mendapatkan desain keren.

Desain karakter-karakter di film Dragon Ball Super: Broly. Sumber: Twitter DragonDisclaim1

Desain karakter-karakter di film Dragon Ball Super: Broly. Sumber: Twitter DragonDisclaim1

Namun sepertinya team produksi Dragon Ball sudah memberikan hint kalau Broly akan dimunculkan kembali saat mereka membuat “Broly wanita” di TV anime Dragon Ball Super dalam diri Kale; Saiyan wanita dari Universe 6. Kale memiliki karakteristik power yang menyerupai Broly; saat kalem cukup bertenaga namun saat emosional body-nya membesar dan memiliki tenaga luar biasa.

Broly versi cewek? Sumber: YouTube

Broly versi cewek? Sumber: YouTube

Adanya karakter Kale di Dragon Ball Super mungkin sebuah ‘kode’ kalau Broly, tokoh dari OVA Dragon Ball, akan muncul kembali dalam dunia Dragon Ball. Dan hal itu terbukti di pengumuman “Dragon Ball Super: Broly”.

Sekarang fans Dragon Ball jadi makin tidak sabar menunggu bulan Desember 2018 dimana premiere “Dragon Ball Super: Broly” akan dilakukan di Jepang. Sementara untuk kawasan Amerika (dan pasar internasional) akan mendapatkan film tersebut di bulan Januari 2019.

Baca Juga: Rumor Film Terbaru Dragon Ball Ternyata Benar! Dan Akan Dirilis Desember 2018

Fans tidak perlu terlalu lama menunggu film yang pasti seru ini. Kita tunggu saja. Semoga masuk ke bioskop Indonesia juga. Karena pasti lebih seru melihat film ini di layar lebar dengan tata suara maksimal ketimbang di laptop atau PC.

Poster internasional Dragon Ball Super: Broly. Sumber: N3rdabl3

Poster internasional Dragon Ball Super: Broly. Sumber: N3rdabl3

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

mahou shoujo site desk

Anime Mahou Shoujo Site: Magical Girl Berlatar Suram yang Menimbulkan Kontroversi

Jika beberapa penggemar anime melihat Mahou Shoujo Ore sebagai anime magical girl yang absurd di musim ini, tapi untuk b.. more

00-d-film-boba-fett

Boba Fett Jadi Karakter Star Wars Selanjutnya Yang Dapat Film Sendiri

Setelah Rogue One dan Solo, seri antologi Star Wars selanjutnya adlaah film Boba Fett. Seperti apa kisah sang bounty hun.. more

Penampilan AKB48 di MAMA 2017 Menunjukkan Perbedaan Antara Idol Jepang Dan Korea Selatan

“Idol Korea Selatan lebih cantik dan punya gerakan dansa lebih baik,” “Sekarang aku mengerti kenapa idol group Kor.. more

Sumber: Meka Medina

Kami Mencoba Semua Game Tabrak Tiang Listrik Di Google Play! Mana Yang Terbaik?

Dari semua game tiang listrik ini, manakah yang paling keren?.. more

Novel Mrs. Fletcher: Karya Tom Perrotta Tentang Kebebasan dan Impian Seksualitas

Ketika karya sastra menembus batas dan bertransformasi menjadi hal baru di media yang berbeda, jelas itu merupakan sebua.. more