Apa Jadinya Kalau Dua Film Joker Dibuat Bersamaan?

2 months ago
00-d-film-joker

Dua film Joker dibuat bersamaan? Itulah pertanyaan yang muncul di berbagai fandom DC Comics / Batman saat Joaquin Phoenix diumumkan akan memerankan karakter DC Comics Supervillain “The Joker” di film yang rencananya akan dirilis tahun 2019.

Hal ini jelas mengejutkan, dan pada akhirnya membingungkan, karena sebelumnya sudah tersiar berita kalau pemeran The Joker saat ini, Jared Leto, juga akan mendapatkan film solo yang bercerita soal origin alias asal mula karakter yang juga terkenal dengan julukan “The Clown Prince of Crime” itu.

Jared Leto sendiri sudah sekali memerankan karakter The Joker lewat film “Suicide Squad” (2016) dan penampilannya mendapatkan review buruk. Namun hal itu lebih disebabkan faktor teknis; berhubung durasi penampilannya di film itu kurang dari 15 menit sehingga Leto beralasan dia tidak dapat mengembangkan akting dengan baik karena keterbatasan durasi tampil di film perdana dia sebagai The Joker.

Baca Juga: The Joker: Simbol Harapan Bagi Para Kriminil Kota Gotham

film joker jared leto

Jared Leto sebagai The Joker. Sumber: HollywoodReporter

Namun terlepas dari semua itu, saat ini praktis ada dua pemeran The Joker di film superheroes DC Comics. Sesuatu yang boleh dibilang unik dan tidak biasa, karena normalnya hanya ada satu aktor yang memerankan satu peran sebelum kemudian digantikan oleh aktor lain.

Sebelum Jared Leto, aktor yang terakhir memerankan The Joker di film layar lebar adalah Heath Ledger (di film “The Dark Knight”). Sementara di film animasi ada beberapa nama namun sepertinya yang paling disukai fans adalah Mark Hamill (yang juga merupakan pemeran karakter legendaris Star Wars “Luke Skywalker”).

film joker heath ledger

Akting Heath Ledger sebagai The Joker banyak dipuja. Sumber: IGN

Tiba-tiba, Film Joker Kedua Akan Dibuat?

Dan kini dunia punya dua pemeran The Joker untuk film layar lebar, di time frame yang sama / berdekatan. Dengan dua film origins yang direncanakan untuk satu karakter yang sama dengan dua aktor yang berbeda, bagaimana fans harus menyikapinya?

Film origin The Joker yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix akan diberi judul… “Joker”. Sebuah judul yang terasa sederhana untuk film dengan karakter kompleks seperti The Joker ini. Hebatnya lagi, Warner Bros. (sebagai pemilik IP DC Comics) sudah berani menentukan tanggal rilis film ini: 4 Oktober 2019. Hanya setahun lebih sedikit dari saat diumumkan. Pengumuman eksistensi film Joker sendiri dilakukan pada tanggal 10 Juli 2018.

Baca Juga: Joaquin Phoenix Jadi Joker Baru? Dapatkah Ia Melampaui Performa Gokil Heath Ledger di The Dark Knight?

film joker joaquin phoenix

Joaquin Phoenix akan memerankan The Clown Prince of Crime. Sumber: ComicBook

Hal ini memicu spekulasi kalau film Joker sudah lama direncanakan pihak studio dan mungkin penunjukan Joaquin Phoenix sebagai The Joker juga sudah lama terjadi. Bahkan mungkin saat Jared Leto sudah/sedang menjalankan tugas memerankan The Joker di film “Suicide Squad”?

Bisa jadi!

Plus, tanggal rilis itu berdekatan dengan perayaan Halloween di Amerika Serikat. Menandakan mungkin akan ada nuansa horror di film Joker nanti? Siapa tahu.

Selain peran The Joker, diumumkan juga sutradara film ini: Todd Phillips. Phillips yang dikenal dengan karya seperti “The Hangover” menjanjikan kalau “film Joker nanti akan jauh berbeda dari film-film superheroes dari buku komik seperti sebelum-sebelumnya”.

“Sebuah eksplorasi pria yang tidak dihargai oleh masyarakat yang akhirnya merubah karakternya menjadi seperti yang di legendakan”.

Todd Phillips. Sumber: Collider

Todd Phillips. Sumber: Collider

Sementara dari sisi The Joker-nya Jared Leto, situasi terlihat lebih tidak pasti.

Walaupun sudah lama beredar rumor kalau akan ada film The Joker + Harley Quinn dan dibintangi oleh Jared Leto dan Margot Robbie (sebagai aktris pertama pemeran Harley Quinn di film layar lebar), namun itu semua masih dalam skala rumor. Gosip. Harapan fans. Karena belum ada pengumuman resmi dari Warner Bros. soal eksistensi film tersebut walaupun semua outlet berita showbiz sudah memberitakannya pasca film Suicide Squad rilis.

film joker suicide squad

Margot Robbie & Jared Leto sebagai Harley Quinn & The Joker. Sumber: Tumblr

Jadi pada prinsipnya, film The Joker dari Jared Leto belum mencapai level resmi sepert film The Joker versi Joaquin Phoenix. Ini bisa berarti dua kemungkinan.

Kemungkinan pertama adalah film Joker-nya Todd Phillips akan jadi sumber utama penceritaan karakter The Joker di DC Extended Universe. Yang secara otomatis akan menghilangkan The Joker versi Suicide Squad dari eksistensi DCEU. Yang juga berarti akhir karir Jared Leto sebagai aktor pemeran The Joker.

Atau kemungkinan kedua: akan ada dua The Joker dalam film DCEU dan konsep yang dipakai adalah “Multiverse”. Konsep Multiverse sama sekali bukan hal aneh atau baru di dalam komik maupun TV series DC Comics Jadi eksistensi dua (atau lebih) karakter yang sama masih dimungkinkan. Karena hey! Ini dunia komik. Segalanya mungkin terjadi ‘kan?

Baca Juga: Menyambut Season Terbaru Superheroes DC di TV Series

Yang manakah yang akan digunakan oleh DC Comics / Warner Bros. untuk film layar lebar The Joker? Kita lihat saja ke depannya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

                                                          Sumber: Threevenue.com                        

Gara-Gara Belanja di Changi Airport, Pria Asal Purwakarta Ini Memenangkan 10 Milliar Rupiah!

tanggal 21 kemarin, pria asal Purwakarta, Jawa Barat ini berhasil memenangkan undian sebesar 10 miliar rupiah lho!.. more

sumber: opshead.com

8 Game Playstation Yang Seharusnya Di-Remade Atau Remasterd

Para gamer, terutama gamer Playstation pasti tahu sosok yang satu ini. SSosok yang tampil di atas panggung dan membawa b.. more

(from : flickeringmyth.com)

Banyak Adegan Penuh Aksi di Film Thor: Ragnarok

Guys, bersiaplah menyambut tayangan perdana film produksi Marvel Studios, Thor: Ragnarok di bioskop kesayanganmu pada ta.. more

Sumber: twitter.com/nbsalert

Men Without Women: Pentingkah Perempuan di Mata Murakami?

Bukan hal yang mengagetkan jika Haruki Murakami banyak menggali kesendirian, kesepian, dan kesuraman hidup, sebab biasan.. more

Sumber: shorts.shef.ac.uk

A Silent Child, Peraih Piala Oscar Live Action Short Movie

Film A Silent Child ini bercerita mengenai seorang gadis tuna rungu bernama Libby (Maisie Sly). Dalam keluarganya, Libby.. more