Dua Game Bertema Perang Tiga Kerajaan Tiongkok Ini Akan Segera Hadir Di Tahun 2018!

4 months ago
dynasty 9 thumb desktop

Perang tiga kerajaan di akhir era dinasti Han Tiongkok, atau dikenal sebagai Samkok, merupakan sebuah momen sejarah yang besar dan sangat epik. Kisah-kisah kepahlawanan di dalamnya benar-benar heroik dan penuh inspirasi.

Kisah perang tiga kerajaan telah berkali-kali disadur ke berbagai media, mulai dari novel, film, komik, dan juga game. Dan di tahun 2018 ini, bakal ada dua game tema perang tiga kerajaan yang bakal dirilis loh! Penasaran game apa saja yang bakal menampilkan perang tiga kerajaan tersebut?

Dynasty Warriors 9

dynasty warriors zhao yun

Zhao Yun si poster boy Dynasty Warriors. (Sumber: Rice Digital)

Bro sis tentu mengenal game Dynasty Warriors kan? Dynasty Warriors adalah salah satu dari dua game tema perang tiga kerajaan yang dibuat oleh Tecmo Koei dan Omega Force. Game lainnya adalah Romance of the Three Kingdoms yang merupakan sebuah game strategi. Berbeda dengan RoTK, Dynasty Warriors merupakan game aksi dimana gamer memainkan salah satu jendral tiga kerajaan dan harus menghadapi ribuan pasukan musuh.

Nah, di tahun ini Tecmo Koei bakal merilis game ke-9 dari Dynasty Warriors. Game Dynasty Warriors 9 ini memiliki inovasi radikal dibanding game-game sebelumnya. Jika biasanya gamer diterjunkan ke sebuah map kecil untuk menyelesaikan misi, maka dalam Dynasty Warriors 9 gamer bisa menjelajah sebuah map besar yang mencakup seluruh penjuru Tiongkok!

dynasty warriors open world

Kalau capek jalan kaki, bisa naik kuda. (Sumber: Playstation)

Tidak ada loading selama menjelajah dunia, sehingga kamu bisa bebas menelusuri open world milik Dynasty Warriors 9 sesuka bro sis. Gamer bisa menggunakan beberapa cara untuk bepergian seperti berjalan kaki, menunggang kuda, atau naik perahu.

Dunia dalam Dynasty Warriors 9 memiliki perpindahan waktu dan cuaca yang realistis. Perbedaan waktu dan cuaca ini bisa digunakan untuk menciptakan taktik serangan yang ampuh loh. Bro sis bisa memanfaatkan situasi malam hari atau hujan deras untuk menciptakan serangan kejutan karena para penjaga memiliki jarak pandang terbatas.

dynasty warriors ambush

Menyiapkan serangan kejutan dari jauh. (Sumber: RAGE Works)

Gamer bisa menjelajah lingkungan Tiongkok yang beragam mulai dari hutan, padang rumput, benteng, hingga perkotaan. Gamer juga bisa menghias markas persembunyian dengan berbagai perabot yang memiliki fungsi beragam. Di kota juga ada beberapa toko yang menjajakan berbagai jasa seperti jual-beli item hingga upgrade.

dynasty warriors hook

Meski bertubuh besar, Guan Yu nampak tak kesulitan menyusup ke benteng musuh. (Sumber:IGN)

83 karakter dari game Dynasty Warriors 8 dapat kembali dimainkan. Jajaran karakter besar tersebut akan ditambah lagi dengan 7 karakter baru. Mereka adalah Man Chong, Cao Xiu, dan Xun You dari faksi Wei; Cheng Pu dan Xu Sheng dari faksi Wu; Zhou Chang dari faksi Shu; serta Xin Xianying dari faksi Jin. Teknik kontrol setiap karakter bakal dirombak dan ditambahkan kemampuan baru. Gamer kini bisa menggunakan grappling hook untuk memanjat tembok benteng dan menyusup ke dalamnya. Kemudian gamer juga bisa merusak pintu benteng dari dalam agar pasukan kawan dapat masuk dan ikut menyerang.

dynasty warriors 9 lu bu

Belum afdol kalau belum ada kedatangan Lu Bu yang meneror pasukan. (Sumber: Playstation)

Dynasty Warriors 9 akan hadir mulai bulan Februari ini untuk PC, konsol Playstation 4 dan Xbox One. Jepang dan Tiongkok bakal lebih dulu mendapatkan Dynasty Warriors 9 mulai tanggal 8 Februari, sementara Amerika dan Eropa menyusul tanggal 13 Februari.

Total War: Three Kingdoms

total war shu

Sumpah tiga saudara sepenanggungan jadi prolog awal game ini. (Sumber: Steam)

Nah, game yang satu ini merupakan salah satu judul besar. Total War: Three Kingdoms merupakan bagian dari serial game Total War buatan SEGA dan Creative Assembly. Three Kingdoms akan menjadi game strategi, yang berarti bakal bersaing dengan game RoTK buatan Tecmo Koei.

Jika kisah perang tiga kerajaan dalam Dynasty Warriors dimulai saat masa pemberontakan Sorban Kuning, maka kisah Total War dimulai setelahnya. Dikisahkan bahwa Dinasti Han tengah terpuruk karena konflik internal dan juga kehadiran kaisar boneka yang dikendalikan Dong Zhuo. Lewat kaisar boneka, sang diktator memerintah Tiongkok dengan lalim. Namun tiga pahlawan Shu: Liu Bei, Guan Yu, dan Zhang Fei, saling berikrar untuk menyatukan Tiongkok. Terinspirasi tiga pahlawan itu, berbagai faksi lain lahir dan turut memberontak melawan Dong Zhuo.

Total war battle

Pertarungan skala besar dengan puluhan ribu pasukan dalam satu layar jadi ciri khas Total War. (Sumber: Steam)

SEGA belum membeberkan banyak info tentang game Total War terbaru ini, namun perkiraan beberapa fans menduga bahwa game yang satu ini bakal memiliki mekanika yang tak jauh berbeda dengan game Total War: Warhammer. Nantinya bakal ada pasukan individual jenis hero yang memiliki kekuatan besar dan dapat mempengaruhi jalannya pertarungan. Seperti yang bisa dilihat dalam trailer, jendral Dong Zhuo terkuat dan mungkin juga yang paling disegani di seantero kisah perang tiga keajaan, Lu Bu, mampu menandingi serangan tag-team antara Guan Yu dan Zhang Fei.

total war strategy

Untuk menang dalam Total War, harus seimbang mengurus negara dan juga peperangan. (Sumber: Steam)

Secara umum, konsep game Total War mengharuskan gamer untuk menyeimbangkan urusan politik dalam negeri dan luar negeri. Gamer harus menjaga kesejahteraan rakyat lewat beberapa peraturan, melakukan ekspansi, serta melatih pasukan untuk berperang. Jenis strateginya pun berbeda-beda, dimana sistem strategi turn-based digunakan selama mengatur kerajaan, dan sistem strategi real time digunakan saat berperang.

total war lu bu

Baik di Dynasty Warriors dan Total War, Lu Bu tetaplah sosok prajurit yang ditakuti. (Sumber: Steam)

Total War: Three Kingdoms akan rilis di musim gugur 2018. Karena tanggal rilisnya masih cukup lama, bro sis bisa mencoba Dynasty Warriors 9 lebih dulu sebelum menjajal Total War: Three Kingdoms. Pokoknya, tahun 2018 ini bro sis bakal dipuaskan dengan dua game tema perang tiga kerajaan tersebut!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-persona

Fakta Unik Perjalanan Game Persona, Dulu dan Sekarang

Persona 5 sudah berusia 10 tahun. Mari kita kilas balik bagaimana seri Persona bisa tercipta untuk pertama kalinya... more

Bitcoin (Sumber: bitcoin.org)

Semua yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Bitcoin

Mungkin Anda pernah membaca, terlihat atau mendengar mengenai Bitcoin, dan bertanya-tanya “Apa sih sebenarnya bitcoin .. more

Sumber: CIAYO Comics

Punya Pasangan Penggila Mainan? Gak Masalah Tuh!

Gimana jadinya kalau pasangan kamu "maniak" game?.. more

Youtube.com

Two Lights, Film Pendek Tentang Keindahan Non-Visual

Untuk kesekian kalinya dunia teknologi kembali hadir untuk membantu kehidupan manusia jadi semakin membaik. Sebuah film .. more

Sumber: www.bandainamcoent.com

Review Game Dragon Ball FighterZ: Saatnya Melakukan Combo Yang Super Dahsyat

Baru-baru ini pihak developer asal Jepang, Arc Sistem Works baru saja merilis game pertarungan terbaru dari Dragon Ball .. more