Duel Robot Raksasa Pertama Di Dunia: MegaBots VS Suidobashi

9 months ago
Robot versus robot. Pertama di dunia. Sumber gambar: newatlas.com

Robot versus robot. Siapa yang tidak mau melihat pertarungan seperti itu? Sejak robot dikenal sebagai sebuah benda besi yang kuat dan segala hal keren lainnya, sudah banyak cerita dan usaha mewujudkan tampilan “duel antar robot”.

Di anime tentu kita mengenal robot-robot legendaris seperti Gundam, Voltron, Evangelion, Mazinger dan seabreg-abreg robot anime yang wara-wiri menghiasi masa kecil penggemar robot.

Di video game? Ada robot seperti Metal Gear, Xenogears, Virtual On, MechWarrior dan banyak lagi judul game lain yang fokus pada robot dan kemampuan mereka yang mengagumkan (terutama buat anak laki-laki, karena secara alamiah bocah lelaki akan tertarik pada sosok robot).

Bagaimana dengan film? Tentu saja ada robot seperti Jaegers dari film Pacific Rims ataupun robot dari film Real Steel yang mencoba memberikan gambaran “seperti apa kalau robot ber-pilot bertarung satu sama lainnya”.

Robot versus robot selalu menarik. Sumber gambar: tinoschaedler.com

Robot versus robot selalu menarik. Sumber gambar: tinoschaedler.com

Di semua medium hiburan fiksi tadi, kita dapat dengan melihat dan menyaksikan bagaimana robot dengan pilot manusia melakukan pertarungan yang menegangkan.

Tapi itu semua di dunia fiksi kan? Di dunia nyata tidak ada robot yang di-pilotin manusia dan bertempur satu sama lain.

Siapa bilang?

Duel robot raksasa pertama di dunia, yang robotnya dikendarai oleh pilot manusia seperti Gundam, baru saja terjadi. Duel antara robot dari Amerika Serikat melawan robot dari Jepang.  Antara MegaBots Inc. dari Amerika melawan Suidobashi Heavy Industries dari Jepang.

Dua tahun direncanakan! Duel robot raksasa. Sumber gambar: inverse.com

Dua tahun direncanakan! Duel robot raksasa. Sumber gambar: inverse.com

Duel ini sudah dimulai prosesnya (baca: perang urat syaraf) dua tahun lalu oleh MegaBots, yang setelah membangun robot besar dengan pilot mengajukan tantangan pada Suidobashi untuk membuktikan kalau robot buatan mereka lebih superior. Suidobashi menjawab tantangan tersebut dengan stipulasi/kondisi dimana duel antar robot ini harus ‘melee combat’ alias all-brawl tanpa firepower weaponry.

Dalam kurun waktu dua tahun tersebut kedua perusahaan saling sindir dan ejek hingga waktu duel tiba pada 17 Oktober 2017.

MegaBots membawa dua robot, “Iron Glory” yang berukuran kecil serta andalan mereka “Eagle Prime” yang berbobot mati 12 tons dengan tinggi 16 kaki alias 4.8 meter dan memiliki dua kokpit pilot di badannya. Eagle Prime memakai mesin V8 LS3 dengan kekuatan 430 tenaga kuda seharga $ 2.5 juta untuk pembuatannya.

Team MegaBots Amerika. Sumber gambar: newatlas.com

Team MegaBots Amerika. Sumber gambar: newatlas.com

Sementara Suidobashi datang dengan satu robot saja: “KURATAS”. Robot yang secara ukuran lebih kecil dan lebih ringan (berbobot 6.5 tons dengan tinggi hanya 13 kaki / 3.9 meter dan 87 tenaga kuda) dari Eagle Prime. Boss Suidobashi, Kogoro Kurata, pernah mengatakan kalau mereka tidak bisa membiarkan negara lain meng-klaim superioritas soal robot raksasa karena robot raksasa merupakan bagian dari pop culture Jepang sejak lama.

Team Suidobashi Jepang. Sumber gambar: newatlas.com

Team Suidobashi Jepang. Sumber gambar: newatlas.com

Duel antar robot raksasa sarat gengsi ini tentunya menarik perhatian publik. Disiarkan secara live melalui channel streaming Twitch, duel itu tercatat ditonton lebih dari 152.000 penonton yang bersemangat menyaksikan sejarah yang dibuat hari itu sebagai “duel robot raksasa pertama sepanjang sejarah kultur robot di dunia saat ini”.

Pilot MegaBots bersiap di dalam kokpit. Sumber gambar: newatlas.com

Pilot MegaBots bersiap di dalam kokpit. Sumber gambar: newatlas.com

Duel dimulai setelah sebelumnya diputar video-video sponsor pertandingan yang terdiri dari nama-nama beken seperti Autodesk hingga NASA. Saat pertandingan dimulai pukul 07.43 PM seluruh mata tertuju ke arena, saat Iron Glory dan KURATAS maju bersamaan.

KURATAS maju dengan cepat dan dengan satu pukulan keras serta terukur menyebabkan Iron Glory jatuh terkapar tak berdaya. Kurang dari 10 detik, KURATAS merobohkan robot Amerika Serikat. Situasi yang membuat kubu MegaBots keringat dingin pastinya.

KURATAS menghajar Iron Glory. Sumber gambar: newatlas.com

KURATAS menghajar Iron Glory. Sumber gambar: newatlas.com

Tapi mungkin pula itu bagian strategi MegaBots? Mengorbankan Iron Glory untuk membuka jalan Eagle Prime, robot yang jauh lebih baik daripada Iron Glory?

Dan sepertinya memang benar. Dua ronde selanjutnya membuktikan hal itu.

Eagle Prime menggila dan menghajar KURATAS hingga sebelah lengan robot Jepang itu lepas dari engselnya! Pertandingan sempat dihentikan karena kedua robot tersangkut satu sama lain. Saat dilanjutkan, Eagle Prime tetap melakukan pressing-pressing pada KURATAS dengan gergaji mesin yang dia miliki. Hingga akhirnya pada satu titik kondisi, KURATAS tidak mampu lagi melanjutkan pertandingan.

Eagle Prime dengan serangan chainsaw pada KURATAS. Sumber gambar: newatlas.com

Eagle Prime dengan serangan chainsaw pada KURATAS. Sumber gambar: newatlas.com

MegaBots dengan Eagle Prime mereka keluar sebagai pemenang. Mereka “menabur garam” pada Suidobashi dengan mengatakan kalau mereka sengaja tidak menggunakan teknik dan weaponry yang lebih efektif untuk menjaga agar jangan sampai pilot KURATAS tewas karena pertandingan itu.

Walau buat beberapa pihak merasa kalau pertandingan ini berat sebelah (bahkan meng-klaim kalau duel ini ‘scripted seperti pro wrestling’), namun setidaknya ini adalah awal bagus untuk dimulainya era “giant robot duel sport” yang pastinya akan menarik minat lebih banyak pihak lagi agar terlibat dan berpartisipasi.

Kira-kira apa Indonesia bisa berbicara di area ini atau tidak ya, bro sis? Kita bisa membuat robot yang tak kalah keren dari Eagle Prime maupun KURATAS? Kalau kita sebagai anak bangsa Indonesia bersatu dan bekerja sama, pasti bisa! Ini tantangan nih, buat kamu yang doyan ilmu robotika. Bro sis Indonesia praktisi robotika jangan mau kalah dengan Amerika dan Jepang!

Duel lengkap MegaBots vs Suidobashi bisa dilihat disini :

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Anime Yuru Camp, Cerita Tentang Para Gadis yang suka Camping

Ceritanya juga ringan, membuat anime ini menjadi tontonan yang tepat untuk melepas penat... more

Sumber: twitter.com

5 Film Di Bulan Januari Yang Wajib Ditonton

Memasuki 2018, fokusnya pada bulan Januari, beberapa film unggulan pun dirilis. Animo penonton atas film-film unggulan i.. more

Sumber: www.screengeek.net

Tom Hardy Beberkan Cerita Lain Musuh Spider-Man di Brazil Comic Con

Tidak ada yang menyangka sebelumnya, jika kostum pengganti Spider-Man akan jadi sesuatu yang sebesar ini sekarang. Pada .. more

Sumber: www.taptap.com

Game Attack On Titan Akan Rilis Di Mobile, Sudah Bisa Pre-order Dari Sekarang!

Kali ini giliran manga “Attack on Titan” yang akan kebagian game terbaru versi mobile-nya. Apakah ini juga aji mumpu.. more

Movie Marathon: Diantara Aksi Penghematan dan Sungguhan Movie Maniacs

Pernah gak kalian memikirkan lagi makna sesungguhnya dari kegiatan movie marathon ini? Spesifiknya, apakah kegiatan ini .. more