Asosiasi E-Sports Korea Bentuk Dream Team Untuk Asian Games 2018!

7 months ago
00-d-korea-e-sports

Dengan diumumkannya jenis game yang dipertandingkan di ekshibisi e-sports Asian Games 2018, berbagai negara pun mulai mempersiapkan kontingen mereka. Para peserta tentunya merupakan yang terbaik dari masing-masing negara, mengemban misi untuk mengharumkan negara di Jakarta dan Palembang mulai dari tanggal 18 Agustus mendatang.

Korea Selatan jadi salah satu negara favorit dalam ekshibisi e-sports ini. Sebagai negara yang punya kultur e-sport kuat, Korea Selatan nggak kehabisan talenta untuk dikirim berlaga di panggung dunia. Tapi pada akhirnya, hanya yang terbaik dari yang terbaik yang mampu bertanding membela negara Gingseng.

e-sports korea

Sumber: Liquipedia

Pada tanggal 31 Mei lalu, Asosiasi E-sports Korea (KeSPA) mengumumkan kontingen atlit yang akan betanding di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Para kontingen telah diseleksi dengan kriteria ketat sehingga terpilihlah sebuah dream team yang solid dan kuat. Siapa saja atlit e-sports Korea yang terpilih ini?

League of Legends

Mungkin para atlit League of Legends Korea Selatan yang terpilih ini yang lebih pantas mengemban nama dream team. Gimana nggak, Korea Selatan punya banyak pemain LoL yang namanya tenar di seluruh dunia. Dream team Asian Games ini dikumpulkan dari berbagai tim-tim kuat dengan berbagai prestasi cemerlang di tingkat nasional dan internasional.

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Mari kita mulai dari pemain posisi Top Kim Gi-in alias Kiin, yang baru saja meraih juara dua di LCK 2018 Spring Season bersama tim Afreeca Freecs.

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Kemudian ada Go Dongbin alias Score. Jungler dari tim KT Rolster ini punya berbagai prestasi mentereng sepanjang karirnya sejak tahun 2011. Misalnya ada juara 1 ekshibisi MLG 2013 Winter Season, juara 1 Asian Indoor Martial Arts Games 2013, juara 1 IEM Season 8 mengalahkan Fnatic, dan juara 1 KeSPA Cup 2017.

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Lain Score, lain pula dengan Peanut yang punya nama asli Han Wangho. Jungler yang saat ini menetap di tim Kingzone DragonX ini dicari-cari oleh banyak tim. Dan di karirnya yang masih seumur jagung, Peanut mampu menyumbang piala di tim yang ia singgahi. Ia memberikan juara 1 KeSPA Cup 2016, LCK 2016 Spring Season dan Summer Season kepada tim ROX Tigers; juara 1 LCK 2017 Spring Season dan 2017 Mid-Season Invitational untuk SK Telecom T1, dan yang terkini adalah juara 1 LCK 2018 Spring Season bagi Kingzone DragonX.

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Siapa yang nggak kenal dengan nama satu ini? Lee Sanghyeok alias Faker bisa jadi merupakan seebriti e-sport Korea yang populer di tingkat internasional. Mid-laner SK Telecom T1 ini punya segudang prestasi dan keahlian yang berhasil membawa nama SK Telecom T1 ke panggung dunia. Beberapa gelar menarik yang disumbangkan Faker adalah juara 1 World Championships 2013, 2015 dan 2016, All Star 2014 Paris, IEM Season 10, dan masih banyak lagi. Kalau ditulis semua, malah nggak ada habisnya!

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Melengkapi susunan tim LoL Korea selatan, ada spesialis AD Carry Park Jaehyuk alias Ruler, dan Jo Yongin alias CoreJJ. Keduanya merupakan bagian dari tim Samsung Galaxy yang mempersembahkan gelar juara IEM Season 11 Gyeonggi dan World Championships 2017. Saat ini tim Samsung Galaxy telah di-rebrand dua kali menjadi KSV eSports dan kini Gen.G.

Arena of Valor

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Berbeda dengan LoL, susunan tim Arena of Valor yang mewakili Korea Selatan ditunjuk ke satu tim secara keseluruhan. Tim yang dikirim KeSPA ke Jakarta adalah ahq OP. Tim yang terdiri dari Shin Changhoon (JJak), Kim Sunwoo (Sun), Sang Yeonghan (Chaser), Lee Hoyeon (.Rush), dan Kim Do-yop (HAK) ini merupakan juara PSPL 2017, runner-up MK Challenge, juara Legend of City 2018, dan juara Pentastorm Global World Cup 2018.

PES 2018

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Ada dua orang perwakilan Korea Selatan dalam game PES 2018. Pertama adalah Hwang Jinyoung, alias Old Power Hwang. Beberapa prestasinya adalah mencapai babak ke-4 seleksi timnas Korea PES 2017 dan perempat final kompetisi PES 2018 2v2 tingkat Asia.

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Wakil kedua adalah Choi Seongmin alias Forever-Zidane. Ia menjadi runner-up kompetisi PES 2018 2v2 tingkat Asia dan mencapai perempat final Nissan Cup 2018 Road to Kiev (kompetisi e-sports Liga Champions).

Starcraft II

Korea Selatan adalah tanah sucinya gamer Starcraft. Nggak heran kalau Blizzard menciptakan backstory D.Va-nya Overwatch sebagai gamer Starcraft populer. Tentu saja kriteria KeSPA untuk atlit Starcraft II harus yang terbaik.

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Terpilihlah Jo Seongju alias Maru. Ia adalah pemenang WCS Korea Season 2, Star 2 Star League Season 1, Star 2 Pro League 2016, runner-up WESG 2016, juara WESG 2017, dan juara GSL Season 1. Dengan prestasi mentereng tentunya Maru jadi salah satu kandidat juara favorit.

Clash Royale

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Meski kelihatan seperti game mobile sederhana, Clash Royale ternyata bisa jadi game eSport kompetitif! Buktinya ada Hwang Shin alias Large Crossbow Craftsman yang menjadi juara Clash Royale Crown Championship Korea tahun 2017, dan mampu masuk 16 besar di Clash Royale Crown Championship World Final 2017.

Hearthstone

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Kom Jung Soo alias Surrender menjadi satu pemain Hearthstone top di Korea Selatan. Dalam game kartu buatan Blizzard ini ia berhasil memenangkan Hearthstone Masters Korea season 2, HCT APAC Summer Playoff 2017, HCT Summer Championship 2017, dan mencapai ronde 4 di HCT World Championships 2017.

Sumber: KeSPA

Sumber: KeSPA

Nah, itu dia seleksi tim e-sports Korea Selatan yang bakal bertanding di Asian Games 2018. Bagaimana negara lain bakal menangkal hegemoni tim Korea Selatan yang tangguh? Seperti apa susunan tim nasional Indonesia di ekshibisi e-sports tingkat Asia ini? Mari kita tunggu!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-ponimu

Ponimu Akan Sediakan Streaming Anime Legal di Indonesia!

Ponimu menyediakan layanan resmi streaming anime lama dan anime baru yang tayang bersamaan dengan anime di Jepang... more

(Source : animenewsnetwork.com)

Crayon Shinchan Akan Berkolaborasi dengan Momoiro Clover Z di Film Terbarunya!

Film yang berjudul Crayon Shinchan the Movie: Bakumori! Kung-Fu Boys Ramen Rebellion akan ditayangkan pada tanggal 13 A.. more

(CIAYO Comics)

Sekarang Kamu Juga Berkesempatan Jadi Author Official CIAYO Comics!

Gimana caranya menjadi author official CIAYO Comics? Kamu bisa mengikuti cara dan persyartatannya di artikel ini... more

CIAYO Comics

Ada Fitur Baru di CIAYO Comics

Bro sis sadar ga sih kalau ada yang baru dari CIAYO Comics? Yup, ada beberapa fitur baru yang berhasil dikembangkan seir.. more

The World of Ghibli Jakarta Press Conference. Photo by CIAYO Picture

Full Report: Ngintip Press Conference Studio Ghibli di Jakarta Yuk!

Ternyata konferensi pers Studio Ghibli menarik juga!.. more