E3 2018, Apakah Akan Sesuai dengan Prediksi-Prediksi yang Ada?

2 months ago

Untuk penggemar elektronik di Amerika Serikat (home appliance, video game, gadgets) mereka termasuk beruntung karena selain selalu menjadi yang pertama soal merasakan teknologi terkini, mereka juga mendapatkan event rutin tahunan yang bertema pameran elektronik terbaru dunia.

“E3: Electronic Entertainment Expo” digelar setiap tahun dan menyajikan berbagai jenis benda elektronik untuk segala kalangan dan kebutuhan. Mainan elektronik? Jelas ada. Peralatan rumah tangga elektronik? Pasti. Beragam gadget audio video terkini dan tercanggih di pasaran saat ini? Lihat saja sendiri. Gelaran E3 sudah menjadi semacam ‘ritual tahunan’ bagi para penggemar elektronik Amerika (dan dunia).

Semua mata akan tertuju ke E3 saat acara ini berlangsung di negara Amerika Serikat.

Venue E3 tahun 2017. Sumber gambar: VG247

Awalnya E3 merupakan event untuk pelaku industri hiburan elektronik dunia memamerkan produk mereka kepada calon pembeli potensial. Hal ini sudah dimulai sejak 1995. Penyelenggara acara E3 adalah Entertainment Software Association / ESA. Event di E3 baru mulai dibuka untuk publik umum sejak 2017 dengan pemberlakuan sistem entry ticket untuk pengunjung.

Situasi memorable sering terjadi di E3.

Seperti misalnya di tahun 2015 saat Shenmue III diumumkan keberadaannya secara resmi. Di acara yang sama “Final Fantasy VII Remake” juga diumumkan; dan menimbulkan euphoria di seluruh dunia karena game ini merupakan game yang paling diminta Remake-nya oleh fans. Semuanya terjadi di event E3.

Kehebohan diantara para pengunjung E3 saat pengumuman Final Fantasy VII Remake. Sumber gambar: YouTube

E3 2018 nanti akan digelar di Los Angeles Convention Center, LA – Amerika Serikat tanggal 12 s/d 14 Juni. Untuk pelaku industri elektronik (termasuk press alias wartawan) tidak akan dikenakan biaya masuk. Tapi untuk pengunjung biasa siap-siap merogoh kocek cukup dalam; biaya pass untuk tiga hari event akan seharga US$250 (pengunjung yang membeli tiket pass lebih dulu / booking terbatas akan mendapatkan harga spesial US$150). Pass elite VIP khusus (yang mencakup akses ke diskusi panel) dijual seharga US$995.

Mahal? Relatif. Dibandingkan dengan kesempatan melihat dan mencoba langsung berbagai benda elektronik dan game baru di E3, harga segitu bisa di justifikasi.

Jam buka di E3 2018 juga harus diperhatikan agar pengunjung dapat merencanakan kegiatan mereka selama berada di area pameran.

Jadwal acara E3 2018. Sumber gambar: CNET

Yang ditunggu-tunggu pastinya press conference dari nama-nama besar industri video game dunia. Mereka biasa melakukan show itu sebelum event resmi E3 dimulai; sebagai ‘pemanasan’ buat pers dan fans sebelum merasakan sendiri produknya di acara puncak. Banyak dari press conference ini disiarkan secara live lewat sarana streaming internet. Jadi jika tidak berada di tempat, kita masih dapat melihat kemeriahan dan berita-berita yang ada dari rumah kita sendiri melalui saluran streaming internet seperti Twitch atau YouTube.

Sabtu, 9 Juni

  • Electronic Arts — 11 a.m. PT (2 p.m. ET) [livestream]

Minggu, 10 Juni

  • Microsoft — 1 p.m. PT (4 p.m. ET) [livestream]
  • Bethesda — 6:30 p.m. PT (9:30 p.m. ET) [livestream]

Senin, 11 Juni

  • Square Enix — 10 a.m. PT (1 p.m. ET) [livestream]
  • Ubisoft — 1 p.m. PT (4 p.m. ET) [livestream]
  • PC Gaming Show — 3 p.m. PT (6 p.m. ET)
  • Sony — 6 p.m. PT (9 p.m. ET) [livestream]

Selasa, 12 Juni

  • Nintendo (livestream only) — 9 a.m. PT (12 p.m. ET) [livestream]

Selain pre-show dari masing-masing brand di atas, E3 2018 juga disemarakkan gosip akan kehadiran game-game yang, lucunya, dibocorkan secara tidak sengaja oleh toko ritel Walmart.

Game-game yang akan diumumkan nanti antara lain “Rage 2”, “Just Cause 4”, “Borderlands 3”, “Gears of War 5” dan beberapa game lain.

Walau Sony baru saja mengumumkan kalau PlayStation 4 kini sudah memasuki fase terakhir hidupnya tapi sangat kecil kemungkinan kalau PlayStation 5 akan diumumkan keberadaannya di E3 2018 ini. Lini PS4 masih penuh dengan game keren; termasuk game yang belum dirilis ke pasaran.

Microsoft juga diyakini tidak akan mengumumkan suksesor dari Xbox One saat ini. Bersama Sony (yang juga punya lini PS4 Pro), Microsoft dengan Xbox One dan Xbox One X masih punya nafas dan kekuatan untuk memberikan gamers hiburan terbaik melalui console mereka saat ini.

Jadi kemungkinan pengumuman console baru, baik oleh Sony maupun Microsoft, adalah sangat kecil sekali. Hampir mustahil. Tapi tentu segalanya bisa terjadi di E3.

Dan untuk game-game yang sudah diketahui publik keberadaannya, E3 2018 akan menegaskan eksistensi game-game tersebut. Seperti “Anthem” dan “Battlefield V” yang baru diumumkan oleh EA 23 Mei lalu,

Anthem. Sumber gambar: Gamerant

Battlefield V. Sumber gambar: Gamerant

Ada juga “Cyberpunk 2077” dari kreator trilogi “The Witcher”.

Cyberpunk 2077. Sumber gambar: Gamerant

“Death Stranding” dari Sony & Hideo Kojima juga jelas dinanti.

Death Stranding. Sumber gambar: Gamerant

Berita soal “Super Smash Bros Switch” akan memanjakan para pemilik Nintendo Switch serta “The Last of Us: Part 2” yang akan melanjutkan (mengakhiri?) kisah Joel serta Ellie di PlayStation 4.

Super Smash Bros for Switch (judul tentative). Sumber gambar: Gamerant

The Last of Us: Part 2. Sumber gambar: Gamerant

Apakah E3 2018 kali ini akan sesuai dengan prediksi-prediksi yang ada, atau akan memunculkan suatu kejutan tak terduga seperti yang terjadi di tahun 2015? Kita akan lihat saja nanti.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Menjadi seorang otaku atau wibu di Indonesia bukan perkara mudah... more

Boss WhatsApp Hengkang Dari Facebook – Ada Apa?

Pendiri WhatsApp Jan Koum mengundurkan diri dari perusahan yang ia bina, menyusul rekannya Brian Acton. Ada apa gerangan.. more

Sumber : insidethemagic.net

Disney Garap Live Action “Lady and The Tramp”

Masih ingat dengan film "Lady and the Tramp"? Kabarnya film ini akan segera dibuatkan versi live action!.. more

00-d-ponimu-indonesia

Kami Mencoba Menonton Anime Secara Legal di Ponimu Indonesia

Hadirnya Ponimu Indonesia memberikan alternatif tontonan anime yang resmi, praktis, dan terjangkau bagi fans anime di In.. more

00-d-film-bulan-juni

Rasakan Musim Panas Dengan Film Pilihan Bulan Juni Ini!

Musim panas semakin dekat! Agar musim panas semakin meriah, cek film bulan Juni 2018 ini yang akan segera tayang!.. more