Eksibisi Memperingati 150 Tahun Restorasi Meiji Akan Digelar April 2018 di Kyoto Jepang

8 months ago
Sumber gambar: ueyakato.jp

Negara dan kultur Jepang memang menarik dalam banyak aspek. Negara ini termasuk ‘homogen’ dalam hal jumlah suku/ras. Tidak seperti negara lain yang biasanya terdiri dari banyak suku (ambil contoh Republik Indonesia atau Amerika Serikat, yang punya berbagai jenis suku dan ras sebagai warga negara), bangsa Jepang lebih ‘monoton’. Singular. Itulah salah satu alasan kenapa sejarah bangsa ini tidak seperti Republik Indonesia yang ‘penuh warna’. Suku Batak, suku Minang, suku Jawa, dan puluhan suku lain di Indonesia punya sejarah mereka masing-masing sebelum bersatu di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia tahun 1945. Bangsa Jepang tidak demikian.

Suku Ainu Jepang yang “tersembunyi”. Sumber gambar: cnn.com

Suku Ainu Jepang yang “tersembunyi”. Sumber gambar: cnn.com

Sejarah Jepang dimulai sejak era dewa-dewa hingga era modern seperti sekarang. Nippon 日本 adalah sebutan asli untuk bangsa ini, yang memiliki arti “berasal/asal dari matahari”. Bangsa ini memang memuja matahari (seperti halnya bangsa Mesir kuno). Bahkan saat pendudukan militer Jepang di Indonesia dulu, ada keharusan untuk menghadap dan memberi hormat pada matahari yang diperintahkan pihak militer ke orang lokal; sesuatu yang mendapatkan perlawanan.

Catatan sejarah memang menunjukkan kalau bangsa Jepang doyan berperang.

Sejak era Kaisar Jinmu / Jinmu Tenno 神武天皇 yang tercatat sebagai Kaisar Jepang pertama dalam catatan sejarah (660 tahun sebelum Masehi) hingga Kaisar Hirohito (Second Sino-Japanese War alias Perang Dunia II), bangsa Jepang tidak asing dengan konflik dan perang. Namun ada dalam sejarah mereka periode dimana kondisi dalam negeri termasuk “lebih tenang dan damai” walaupun tidak berlangsung lama. Periode tersebut adalah “Restorasi Meiji”.

Meiji Imperial Family. Sumber gambar: thoughtco.com

Meiji Imperial Family. Sumber gambar: thoughtco.com

Restorasi Meiji, atau Meiji Ishin 明治維新, bisa di ibaratkan seperti Reformasi Republik Indonesia tempo hari. Tahun 1871, semua daimyo (sekelas Tuan Tanah jaman dulu yang memiliki kekuasaan besar di daerahnya) dikumpulkan di hadapan Kaisar Meiji, yang berkuasa saat itu, dan kemudian di deklarasikan bersatu di bawah Kaisar sebagai pemimpin tunggal. Sistem prefektur mulai diciptakan dengan pimpinan Gubernur yang ditunjuk pemerintah pusat. Proses ini berlangsung hingga 1888 dan terbentuknya 75 prefektur.

Reformasi juga terjadi di bagian militer. Era Samurai bisa dikatakan berakhir saat itu, dimana membawa senjata di jalanan tidak diijinkan lagi. Contoh mudah dari kondisi era ini adalah manga/anime “Rurouni Kenshin – Meiji Kenkaku Roman Tan るろうに剣心 -明治剣客浪漫譚” atau juga dikenal dengan judul internasionalnya “Samurai X”. Setting manga/anime itu berada dalam situasi Restorasi Meiji.

Manga populer berlatar belakang era/restorasi Meiji. Sumber gambar: kenshin.wikia.com

Manga populer berlatar belakang era/restorasi Meiji. Sumber gambar: kenshin.wikia.com

Restorasi Meiji membawa perubahan tatanan struktur sosial yang drastis; salah satunya berupa penggunaan “bahasa standard / hyojungo 標準語 ” . Hal ini menggantikan dialek lokal dan regional yang sebelumnya banyak digunakan. Namun tidak sampai menghilangkan dialek lokal dari kebudayaan, karena dialek lokal seperti “Osaka ben” atau logat Osaka yang unik itu masih tetap ada, terjaga dan digunakan dalam hubungan masyarakat yang menggunakan dialek itu sejak lama.

Untuk memperingati Restorasi Meiji tahun ini, Kyoto  Heritage Preservation Association mengorganisir pameran “harta karun nasional yang tersembunyi” di 19 kuil dan pusat ibadah Prefektur Kyoto. Acaranya sendiri akan digelar mulai 27 April hingga 6 Mei.

Apa saja “harta karun nasional yang tersembunyi” yang akan dipamerkan tersebut?

Selain atribut dan senjata militer dari era Perang Sipil Boshin (1868-1869), akan ada pula benda istimewa seperti patung-patung Buddha langka dan lukisan naga raksasa. Salah satu yang dipastikan akan menarik perhatian adalah gerbang geser / fusuma bergambar naga besar “Banryu-zu”. Benda ini akan dipamerkan di kuil Konkai-komyoji, Sakyo – Kyoto. Kuil ini dulunya merupakan pangkalan militer Matsudaira Katamori yang bertempur melawan pemberontak anti Tokugawa.

Banryu-zu. Sumber gambar: asahicom.jp

Banryu-zu. Sumber gambar: asahicom.jp

Selain kuil Konkai-komyoji, eksibisi juga akan berlangsung di kuil Kamigamojinja, kuil Shimogamojinja, kuil Ohojo di Chionin, taman Kohojo & Hojo, kuil Iwashimizu Hachimagu di Yawata dan pagoda lima tingkat Toji di Kyoto.

Toji Pagoda 東寺 di Kyoto. Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Toji Pagoda 東寺 di Kyoto. Sumber gambar: commons.wikimedia.org

Tiket masuk eksibisi sebesar 800 Yen atau sekitar Rp.108.000,- untuk pengunjung dewasa dan separuh harga untuk pelajar SMP/SMA. Pendapatan tiket akan digunakan untuk perawatan benda-benda bersejarah yang dipamerkan.

Bro sis yang ingin melihat benda-benda bersejarah era Restorasi Meiji Jepang, ayo rencanakan kunjungan ke eksibisi ini.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

youtube.com

Metal Slug series: Game Seru & Familiar Untuk Semua Gamers

Sudah coba Metal Slug Series? Jangan lewatkan game yang satu ini, ya. .. more

Sumber: Saint-ism (http://www.saint-ism.com/2012/12/what-exactly-can-you-expect-in-initial-d-5th-stage/)

NGEENG, HATI-HATI! 10 ANIME OTOMOTIF INI BISA MEMACU ADRENALINMU!

Di dalam dunia anime, balapan bukanlah sesuatu yang asing. Baik sekedar balap sepeda di Yowamushi Pedal atau balap Tamiy.. more

Fireworks ini adapatasi dari drama Jepang di tahun 1953 (Sumber: tumblr)

Anime Fireworks: Sebuah Kisah Tentang Perbedaan Perspektif (Should We See from the Side or the Bottom)?

Film anime Fireworks alias Uchiage Hanabi mengisahkan hubungan antara sepasang remaja dan perbedaan perspektif di antara.. more

Sumber : CIAYO Comics

Pakdhe & Geng Bhinneka, Problematika Indonesia yang Dikemas dengan Santai

Pakdhe dan Geng Bhinneka, komik lokal yang membahas problematika di Indonesia. .. more

Indonesia Comic Con 2017 Bertabur Cosplayer Dalam dan Luar Negeri, Mana Yang Paling Bagus?

Perhelatan Indonesia Comic Con 2017 telah selesai dilaksanakan. Acara yang diadakan di Jakarta Convention Center, Sabtu .. more