Ennichisai 2019 Akan Hadir Pada Bulan Juni 2019

2 weeks ago
Ennichisai 2019

Di tahun 2019 ini, Ennichisai akan merayakan tahun ke-10 nya. Sudah satu dasawarsa acara Ennichisai diadakan di kawasan Blok M Jakarta, dimana suasana matsuri Jepang dibawa langsung ke Indonesia. Untuk merayakan 10 tahun Ennichisai, Ennichisai 2019 akan diadakan pada bulan Juni 2019.

Penampilan wadaiko sebagai pembuka kick off event Ennichisai 2019. Sumber: CIAYO Pictures
Penampilan wadaiko sebagai pembuka kick off event Ennichisai 2019. Sumber: CIAYO Pictures

Dalam kickoff event yang diadakan di The Japan Foundation pada hari Minggu, 10 Maret lalu, panitia Ennichisai yang terdiri dari gabungan ekspat Jepang dan staf lokal mengumumkan tema yang diusung pada Ennichisai 2019: Unity, atau Danketsu dalam bahasa Jepang. Tema ini dipilih untuk merefleksikan hubungan yang sangat baik antara Indonesia dan Jepang, terutama dalam bidang kebudayaan, serta khususnya dalam penyelenggaraan Ennichisai itu sendiri. Penyelenggaraan Ennichisai melibatkan banyak sekali staf dan volunteer yang terdiri dari gabungan orang Jepang dan Indonesia.

Panitia menjelaskan tentang acara Ennichisai. Sumber: CIAYO Pictures
Panitia menjelaskan tentang acara Ennichisai. Sumber: CIAYO Pictures

Ennichisai merupakan sebuah acara kebudayaan yang diadakan rutin setiap tahunnya di kawasan Blok M Jakarta. Digadang-gadang sebagai Little Tokyo, setiap tahun suasana Blok M berubah menjadi acara matsuri musim panas seperti di Jepang. Pengunjung bisa menyusuri jalanan sekitar Blok M untuk mencoba berbagai jajanan khas Jepang ataupun bermain games. Dalam beberapa kesempatan, arak-arakan mikoshi akan berkeliling kawasan Blok M untuk memeriahkan suasana.

Suasana mikoshi di Ennichisai tahun lalu. Sumber: CIAYO Pictures
Suasana mikoshi di Ennichisai tahun lalu. Sumber: CIAYO Pictures

Acara utama Ennichisai dibagi ke dalam tiga panggung berbeda. Panggung pertama yaitu M Stage menampilkan berbagai hiburan tradisional Jepang seperti wadaiko, yosakoi, shamisen, manzai, dan lain sebagainya. Panggung P Stage menampilkan hiburan bertema pop culture seperti cosplay, idol, hingga live DJ. Panggung Chika Stage merupakan tempat bagi komunitas Jejepangan lokal untuk unjuk kebolehan, entah itu komunitas kebudayaan Jepang hingga komunitas cover dance bisa tampil di Chika Stage.

Danketsu, unity, persatuan; tema Ennichisai 2019. Sumber: CIAYO Pictures
Danketsu, unity, persatuan; tema Ennichisai 2019. Sumber: CIAYO Pictures

Ennichisai 2019 akan diadakan selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu pada tanggal 22-23 Juni 2019. Apabila kamu berminat untuk ikut terlibat sebagai volunteer atau tertarik untuk membuka booth di Ennichisai, jangan ragu untuk menghubungi mereka melalui Facebook atau website resmi.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

CIAYO Pictures

Dari Challenge Hingga Official, Wonder Sweet

CIAYO Comics One Shot Challenge sudah selesai digelar. Event ini gak hanya meramaikan CIAYO Comics aja, tapi juga mengas.. more

00-d-conjuring

Pantaskah Serial Horor Conjuring Dibuat Cinematic Universe-nya?

Mulai dari The Conjuring sampai Annabelle, film-film horor ini saling berhubungan dalam satu dunia yang sama. Pertanyaan.. more

Bernyanyi bareng dengan karaoke. Sumber gambar: allabout-japan.com

Karaoke: Hiburan Ciptaan Jepang Yang Mendunia. Begini Loh Sejarahnya!

Karaoke mulai diperkenalkan di Kobe, Jepang sekitar tahun 1971 oleh seorang musisi Jepang bernama Daisuke Inoue. Inoue, .. more

Sumber gambar: digitaltrends.com

Dipatok Hingga Ratusan Juta Rupiah, VERTU Menjual Kemewahan Dalam Gadget

Pasar yang Vertu bidik adalah golongan the haves. Kelompok berduit. Orang kaya... more

(CIAYO Pictures)

Anniversary CIAYO Comics Jadi Ajang Have Fun Para Author

Satu tahun sudah, CIAYO Comics mewarnai dunia komik digital Indonesia. Tidak hanya have fun dengan seluruh karyawannya, .. more