Ennichisai 2019 Bukan Ennichisai Terakhir, Tapi…

4 weeks ago
ennichisai terakhir

Ennichisai 2019 berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya. Gelaran rutin di kawasan Blok M Square ini masih setia menampilkan suasana festival Jepang serta gelaran kebudayaannya. Mengusung tema danketsu aatau unity, kebudayaan tradisional dan pop culture Jepang kembali ditampilkan di tiga panggung berbeda. Berbagai stand makanan dan pernak-pernik Jejepangan memenuhi seisi jalan Melawai.

Sumber: CIAYO Pictures
Sumber: CIAYO Pictures

Namun di balik kemeriahan Ennichisai, terdapat kabar yang mengatakan bahwa tahun 2019 akan menjadi acara Ennichisai yang terakhir. Kabar ini muncul pertama kali melalui laman Facebook Halo Jepang, yang menyebutkan bahwa Ennichisai 2019 akan jadi Ennichisai terakhir di Blok M. Laman tersebut juga menyebutkan bahwa Ennichisai tidak akan diadakan di tahun 2020 untuk fokus pada penyelenggaraan Olimpiade 2020 di Tokyo.

Kabar tersebut kemudian menyebar luas dan terpelintir. 2019 akan jadi Ennichisai terakhir. Para pengunjung setia Ennichisai merasa khawatir, namun kemeriahan acara Ennichisai tetap terjadi, menutupi kebingungan dan kesedihan para pengunjung. Apakah memang benar Ennichisai 2019 menjadi Ennichisai terakhir?

Sumber: CIAYO Pictures
Sumber: CIAYO Pictures

Dikutip dari berbagai sumber, ketua penyelenggara Ennichisai Daisei Takeya mengungkapkan bahwa sudah ada rencana untuk memindahkan lokasi penyelenggaraan Ennichisai. Salah satu alasannya adalah kawasan Blok M sudah tidak mampu menampung jumlah pengunjung Ennichisai. Dengan semakin membludaknya arus pengunjung Blok M (berkat interkoneksi TransJakarta dan MRT) ditambah biaya sewa Blok M yang naik, membuat panitia kembali memikirkan ulang penyelenggaraan Ennichisia di Blok M.

Daisei juga mengungkapkan bahwa Ennichisai memang tidak ingin selamanya terikat di Blok M. Alasannya ada beberapa, pertama adalah karena dukungan dari Pemprov DKI Jakarta yang memungkinkan Ennichisai diadakan. Kemudian, Daisei juga menerima permintaan pengunjung yang menginginkan Ennichisai diadakan di luar kota Jakarta.

Sumber: CIAYO Pictures
Sumber: CIAYO Pictures

Terakhir, meskipun nantinya warga negara Jepang akan lebih fokus pada penyelenggaraan Olimpiade 2020, Ennichisai masih akan diselenggarakan tahun depan. Daisei meyakinkan bahwa tahun depan Ennichisai masih akan diselenggarakan di kota Jakarta, meskipun bukan di Blok M dan belum ada informasi lebih lanjut tentang lokasi barunya.

Jadi begitulah, bahwa tahun 2019 bukanlah Ennichisai terakhir. Kamu masih bisa kembali ke Ennichisai pada tahun depan. Hanya saja, mungkin kamu akan mendapatkan pengalaman yang unik dan berbeda dibandingkan Ennichisai yang selama 10 tahun terakhir diadakan di Blok M. Akankah Ennichisai yang baru ini menyajikan sebuah konsep yang lebih segar? Mari kita nantikan.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Ngobrol Bareng Komikus Cantik Bergenre Ganda

Yuk, ngobrol bareng komikus cantik yang multitalenta ini. Nan Nan selalu membuat ilustrasi dan komik lewat dua genre yan.. more

Sumber gambar: boutiquejapan.com

Mau Jalan-Jalan ke Jepang? Jangan Bawa Benda-Benda Ini!

Jadi sebelum menginjakkan kaki di salah satu airport negara itu, pastikan kalau bro sis tidak membawa salah satu dari be.. more

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Review Anime Crimes Division: Ketika Dunia Jejepangan Disusupi Penjahat

Menjadi seorang otaku atau wibu di Indonesia bukan perkara mudah... more

00-onet-asli

Onet Asli x Tahilalats Sajikan Game Puzzle Jenaka

Game puzzle Onet Asli berkolaborasi dengan komik strip Tahilalats untuk menyajikan tema dan mode game spesial di game te.. more

Ajin

Review Film Live-Action Ajin-Demi Human: Aksi Berbalut Persepsi tentang Kebenaran

Ajin, adalah sebutan bagi para makhluk setengah manusia, atau bisa disebut juga Demi-Human. Ajin ditemukan 26 tahun lalu.. more