Ennichisai, Festival Jepang Selalu Bertaburan Cosplayer

4 months ago
ennichisai- Cosplayer

Festival Jejepangan di mana pun itu pasti selalu identik dengan yang namanya cosplayer. Kayaknya acara ini belum pas kalau tidak ada kehadiran para cosplayer. Ennichisai memang menampilkan berbagai pertunjukkan. Sejumlah entertainer dan artis mengisi acara di panggung. Ada 3 panggung dengan acara yang berbeda-beda untuk menghibur pengunjung yaitu: Main Stage yang fungsinya menampilkan acara-acara kesenian Jepang seperti Shodo dan Taiko.

ennichisai-Cosplayer Perempuan
Sumber: CIAYO Pictures

Selain itu ada Pop Stage yang menampilkan artis-artis pop dari Jepang; ada yang sudah berulang kali mengisi acara di Ennichisai dan ada juga yang baru pertama kali menampilkan show disini. Mereka yang mengisi acara antara lain adalah: AyuAyu, Ola Aphrodite, Tsukimomo, Magenta Rodeo, dan grup idol seperti: Enka Girls-Eguru(EGR), Colon dan Tercera Traps, serta performer-performer lainnya. Terakhir adalah Chika Stage yang menampilkan performer-performer lokal dengan pertunjukan khas Jepang.

Baca juga: Guest Star Ennichisai 2019: Ada Grup Taiko Sampai Financial Cosplayer!

Memang selain kedatangan para guest star, salah satu acara yang ada di Ennichisai adalah kompetisi cosplay. Sejumlah peserta menggunakan kostum dan berdandan menyerupai berbagai karakter tokoh animasi. Banyak pengunjung yang datang menggunakan kostum karakter anime kesukaan mereka.

ennichisai-cosplayer topi
Sumber: CIAYO Pictures

Dilansir dari wikipedia, Permainan kostum atau Cosplay (コスプレ Kosupure) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata “costume” (kostum) dan “play” (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku permainan kostum disebut pemain kostum/cosplayer, Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai coser.

Baca juga: Ennichisai 2019 Bukan Ennichisai Terakhir, Tapi…

Di Jepang, peserta permainan kostum bisa dijumpai dalam acara yang diadakan perkumpulan sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual kei. Penggemar permainan kostum termasuk pemain kostum maupun bukan pemain kostum sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, RRC, Eropa, Filipina, maupun Indonesia.

ennichisai-cosplayer stage
Sumber: CIAYO Pictures

Di Ennichisai sendiri, para cosplayer berkesempatan untuk menampilkan diri bergaya sesuai dengan karakter yang sedang mereka “mainkan”. Ennichisai pun seketika bukan hanya sekedar festival jejepangan, namun menjadi ajang kontes modelling dan meet and greet bagi para cosplayer. Banyak sekali pengunjung yang berbondong-bondong ingin berfoto dengan para cosplayer yang meng-cosplay karakter favorit mereka.

Ennichisai juga memberikan apresiasi bagi para cosplayer yang telah hadir dan ikut meramaikan festival tahunan ini. Lihat saja keramaiannya. Psst, sudah kayak ketemu artis idola. JKT48 aja bisa lewat hihi.

Tidak ketinggalan, mereka juga menghadirkan cosplayer terkenal, Aya Miyuko. Aya Miyuko adalah cosplayer profesional yang sudah sangat terkenal. Dia tergabung dalam grup cosplayer dibawah manajemen A-Crown. Dia juga pernah mewakili Korea Selatan dalam Ajang World Cosplay Summit pada tahun 2014 lalu.

Baca juga: Mengintip Dunia Cosplay Korea Selatan Bersama Aza Miyuko

ennichisai-perempuan
Sumber: CIAYO Pictures

Selain itu, salah satu ritual khas yang wajib dilihat saat berkunjung ke Ennichisai adalah pawai Mikoshi. Di mana peserta Indonesia dan Jepang bersama-sama memikul tandu kuil dan mengelilingi rute pawai. Penonton dapat merasakan bahwa usaha dan kerja sama mereka dalam memanggul tandu yang berat tersebut. Suatu simbol kerjasama bilateral Indonesia-Jepang selama ini yang saling menguntungkan.

ennichisai-mikoshi
Sumber: CIAYO Pictures

Nah, makin gak sabar kan untuk berjumpa kembali dengan Ennichisai tahun depan? Kira-kira akan seperti apa Ennichisai 2020? Berhubung pihak Jepang juga sedang disibukkan dengan persiapan Olympic. Kita tunggu saja!

Baca juga: CoLoN: Kembali ke Ennichisai Dengan Komik Eksklusif CIAYO Comics!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

(From : keywordsuggest.org)

Geliat Doujinshi di Industri Kreatif Indonesia

Saat menghadiri event geek/pop culture mentereng semacam Comifuro (Comic Frontier) ke 9 pada tanggal 2-3 September 2017 .. more

00-d-honor-9i

Ini Dia Smartphone Favorit Samantha “Heartbeat”

Sebagai remaja kekinian dan style conscious, Samantha butuh smartphone yang keren dan punya kamera oke. Pilihannya jatuh.. more

00-d-kak-seto-popcon

Ketika Kak Seto Men-Sleding Pengunjung POPCON Asia 2018

Ketua umum LPAI Kak Seto hadir di POPCON Asia 2018 untuk bicara soal meme kids zaman now, serta nasihat-nasihat untuk hi.. more

rich wars

Rich Wars: Monopoli Fast Paced Nan Kompetitif

Rich Wars merupakan mobile board game terbaru dari Netmarble. Bangun properti di berbagai kota, naikkan sewa, dan raup k.. more

film bleach

Review Film Bleach – Pertarungan Pedang Ala Yuji Shimomura Yang Cukup Singkat

Film Bleach mencoba menceritakan ulang kisah manga-nya dengan sedikit penyesuaian namun memaksa merangkum semuanya ke d.. more