Era Heisei Jepang Akan Berakhir Setahun Lagi

7 months ago
00-d-era-heisei

Seperti negara Arab Saudi, yang menerapkan sistem penanggalan/kalender lokal dengan hitungan tahun yang disebut “Hijriah Year” (berdasarkan penanggalan dari era Nabi Muhammad), negara Jepang juga menggunakan metode penanggalan dalam negeri sendiri, selain tetap mengadopsi penanggalan sistem internasional atau Gregorian Calendar.

Sistem penanggalan lokal di Jepang ini mengacu pada timeline period dari Kaisar (atau “Tennō Heika”) yang sedang berkuasa. Saat ini penanggalan tahun di Jepang untuk dalam negeri disebut sebagai Heisei Jidai atau Era Heisei.

Era Heisei (“Heisei” dapat diartikan sebagai “kedamaian dimana-mana”) dimulai sehari setelah Kaisar Jepang Hirohito mangkat atau tanggal 8 Januari 1989. Era ini dipimpin oleh putra mendiang Kaisar Hirohito, Akihito, yang dinobatkan sebagai Kaisar Ke-125 menggantikan ayahnya.

Mendiang Kaisar Hirohito diberi gelar Kaisar Ke-124 “Kaisar Shōwa” tanggal 31 Januari 1989, 24 hari pasca kematiannya (yang jadi Hari Berkabung Nasional di Jepang saat itu).

Foto Kaisar Hirohito setahun sebelum kematiannya. Sumber: DenverPost

Foto Kaisar Hirohito setahun sebelum kematiannya. Sumber: DenverPost

Normalnya, pergantian Kaisar (dan era) di Jepang akan terjadi dan dimulai sehari setelah kematian Kaisar yang saat itu berkuasa. Namun kali ini pergantian era di Jepang akan sedikit berbeda dari yang selama ini terjadi.

Kaisar Akihito, Kaisar Jepang era Heisei yang saat ini bertahta, sudah dari jauh hari menyatakan akan segera mundur dari posisi Kaisar Jepang sebelum kematiannya tiba. Alasan Kaisar Akihito mengumumkan hal yang tidak biasa ini adalah kesehatan diri yang semakin menurun sehingga menyulitkan Beliau untuk menjalankan tugas-tugas kenegaraan; walau secara pemerintahan negara dikuasai dan dijalankan oleh Prime Minister / Perdana Menteri dan anak buahnya sementara Kaisar hanya berfungsi sebagai simbol negara acara seremonial saja.

Kaisar Akihito & Permaisuri Michiko. Sumber: NBCNews

Kaisar Akihito & Permaisuri Michiko. Sumber: NBCNews

Keinginan Kaisar Akihito ini awalnya mendapat pertentangan keras karena dianggap menyalahi prosedur peralihan kekuasaan dari Kaisar berkuasa ke Kaisar selanjutnya. Namun setelah melewati proses alot (termasuk keterlibatan Parlemen Jepang), titah Kaisar Akihito untuk ‘lengser keprabon’ dari jabatan Kaisar Jepang sebelum dia meninggal dunia akhirnya disetujui.

Secara konstitusional, era Heisei yang saat ini berjalan di Jepang akan berakhir 30 April 2019. Sehari setelahnya Jepang akan diperintah oleh Kaisar baru dan menjalani era baru. Era yang namanya masih merupakan teka-teki untuk semua rakyat Jepang karena belum diumumkan oleh Istana maupun Parlemen secara resmi.

Perlu dipahami, walau era Heisei dipastikan berakhir 30 April 2019, kondisi tersebut dapat berubah lebih cepat seandainya Kaisar Akihito mangkat sebelum tanggal itu tiba. Tapi jika Beliau panjang umur hingga 30 April 2019, Kaisar Akihito akan menjadi Kaisar Jepang pertama yang menjalani era baru selepas kekuasaannya berakhir dalam keadaan hidup.

Akankah Kaisar Akihito tetap ada di era baru pasca Heisei? Sumber: PhilStar

Akankah Kaisar Akihito tetap ada di era baru pasca Heisei? Sumber: PhilStar

Era pasca Heisei akan dipimpin oleh Putra Mahkota Naruhito, Kōtaishi Naruhito Shinnō. Kaisar Jepang berikutnya ini adalah Kaisar Jepang pertama yang lahir pasca Perang Dunia Kedua.

Putra Mahkota Naruhito bersama Kaisar Akihito. Sumber: NewsWeek

Putra Mahkota Naruhito bersama Kaisar Akihito. Sumber: NewsWeek

Kemudian Naruhito dan istrinya Masako hanya memiliki satu orang putri: Aiko, Putri Toshi yang lahir 1 Desember 2001.

Putra Mahkota Naruhito, istrinya Masako & putrinya Aiko. Sumber: NewMyRoyals

Putra Mahkota Naruhito, istrinya Masako & putrinya Aiko. Sumber: NewMyRoyals

Kondisi ini sempat jadi polemik di kalangan Istana dan Parlemen karena selama ini hanya keturunan laki-laki yang dapat naik tahta Kekaisaran Jepang (di-representasikan dengan singgasana krisantenum / Chrysanthemum Throne). Sebagai keturunan langsung Naruhito, Aiko tidak dapat naik tahta jika mengacu pada aturan suksesi Kaisar di Jepang. Karena itulah sempat berlangsung perdebatan dan pembicaraan soal perubahan hukum suksesi di Jepang agar memungkinkan Kaisar perempuan naik tahta. Sesuatu yang sulit untuk diterima kelompok ultra nasionalis yang mengacu pada glorifikasi para Kaisar Jepang di masa-masa lalu; yang semuanya adalah pria.

Singgasana Kaisar Jepang. “Chrysanthemum Throne”. Sumber: NewYorkTimes

Singgasana Kaisar Jepang. “Chrysanthemum Throne”. Sumber: NewYorkTimes

Di tahun 2005 panel yang mengurusi masalah ini sudah sempat menyetujui perubahan hukum yang memungkinkan Putri Aiko untuk naik tahta pasca Kaisar Naruhito mangkat nanti. Namun kemudian terjadi perubahan besar di keluarga besar Kekaisaran Jepang dengan lahirnya cucu laki-laki pertama Kaisar Akihito, Pangeran Hisahito dari Akishino pada 6 September 2006.

Pangeran Hisahito dari keluarga Kekaisaran Jepang. Sumber: YouTube

Pangeran Hisahito dari keluarga Kekaisaran Jepang. Sumber: YouTube

Pangeran Hisahito adalah putra dari Pangeran Fumihito, adik kandung dari Putra Mahkota Naruhito.

Sebelumnya Pangeran Fumihito sudah memiliki dua putri: Putri Mako (lahir 23 Oktober 1991) dan Putri Kako (lahir 29 Desember 1994). Mereka lahir lebih dulu daripada Putri Aiko dan Pangeran Hisahito.

Keluarga Pangeran Fumihito. Sumber: SMH

Keluarga Pangeran Fumihito. Sumber: SMH

Secara garis keturunan, Pangeran Hisahito kini ada di urutan ketiga dari tampuk Kekaisaran setelah Naruhito (paman) dan Fumihito (ayah). Jadi sebenarnya Kekaisaran Jepang tidak terlalu kekurangan calon Kaisar laki-laki selepas Kaisar Akihito resign dari tampuk kekuasaan.

era heisei

Kaisar Akihito bersama istri, anak, menantu dan cucu. Sumber: WallStreetJournal

Era Heisei Jepang akan berakhir setahun lagi. Kira-kira apa ya, nama era berikutnya itu? Apakah Kaisar Akihito akan menikmati era baru tersebut dalam keadaan sehat? Kita lihat saja tahun depan.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

chit-chat-ema-ghost-diary-desktop

Tips Menggambar Komik Chibi Dari Author Emma’s Ghost Diary

Author komik Emma's Ghost Diary membagikan tips dan trik menggambar komik 4koma bergaya chibi yang imut dan menggemaskan.. more

sumber: www.youwereneverreallyhere.movie

You Were Never Really Here : Saat Keadilan Membuat Hidup Penuh Luka

Tema tentang keadilan saya rasa sudah sangat sering diangkat ke dalam film, namun membicarakan tentang keadilan sering k.. more

H20 Reborn Rupaka: Membangkitkan Komik di Atas Panggung

Sebagai karya pertama Teater Pesawat Kertas yang memang bertujuan mengadaptasi komik-komik lokal Indonesia, H20 Reborn a.. more

Sumber: CIAYO Comics

Kamu Penakut atau Bukan? Yuk, Buktikan dengan Baca Komik ini!

"Mereka" ada di sekitar kamu. Kira-kira siapa, sih?.. more

Comiket 92 (jurnalotaku.com)

“Comiket 92”, Ajang Bertemunya Para Cosplayer Jepang

Bro sis suka melihat Cosplayer? Atau malah suka Cosplay? Nah, mungkin bro sis bakal tertarik sama acara satu ini. Comic.. more